12 Jenis Kolam Renang dan Cara Memilihnya

Author:

12 Jenis Kolam Renang dan Cara Memilihnya

Dalam lanskap perumahan, kolam renang dapat merujuk ke tangki atau wadah permanen atau sementara yang digunakan untuk menampung air di mana pengguna dapat berenang atau sekadar bersantai.

Bagi Anda yang kebetulan berencana membuat atau memiliki kolam renang ada baiknya menyimak penjelasan berikut mengenai berbagai jenis kolam renang yang ada, dan juga untuk mengetahui kolam renang jenis apa yang paling cocok untuk kebutuhan Anda.

Kolam renang anak

Kolam renang anak bisa berjenis portabel (kolam renang balon), biasanya kolam ini bertujuan untuk bermain dengan fitur yang mudah untuk dirakit dan dibongkar/disimpan, sehingga penggunaannya bisa menyesuaikan dengan waktu dan acara.

Volume airnya cenderung tidak banyak dan memiliki kedalaman yang dangkal karena memang ditujukan untuk menjadi kolam renang terdekat dengan anak-anak, agar aman dan nyaman. Tentu saja, jangan lupa tetap harus disertai dengan pengawasan orang tua/orang dewasa.

Kolam renang di atas tanah (Above-ground)

Kolam renang tipe bak ini relatif lebih murah dibandingkan dengan kolam tanam. Penghematan terbesarnya bisa dari sisi galian, biaya tukang menggali dan buangan brankal, lalu juga dari coran beton yang bisa dikurangi.

Variasi bagi kolam di atas tanah ini bisa berupa lantai dek/panggung yang ditinggikan di sekitaran kolam dan juga bingkai pembungkus dari kolam tersebut. Meskipun lebih mudah dirawat daripada kolam besar di dalam tanah, kolam di atas tanah memang membutuhkan pengelolaan kimia air, serta penyaringan dan pembersihan.

Kolam renang dalam tanah (In-ground)

Ini jenis kolam renang standar, biasanya ada pada rumah tinggal sebagai sarana rekreasi yang multi guna bagi penghuni.

Lap Pool

Lap pool adalah kolam renang yang dibangun dan digunakan untuk tujuan kebugaran dan kesehatan. Relatif dangkal dan sempit, ini bukan kolam untuk papan loncat dan seluncuran air, melainkan untuk menikmati latihan harian dengan berenang. Biasanya, kolam ini berbentuk persegi panjang, yang membuatnya ideal untuk lahan yang panjang dan sempit.

Kolam renang dalam ruangan (Indoor)

Kolam renang dalam ruangan cukup sederhana: Berada di dalam, di bawah atap, dan biasanya tertutup oleh setidaknya satu dinding rumah. Kolam renang dalam ruangan umumnya sederhana, bentuk geometris dan dibangun untuk berenang atau pelatihan sepanjang tahun, tanpa terdampak cuaca/iklim.

Biaya pemeliharaan kolam air panas dalam ruangan terkadang lebih rendah daripada kolam renang luar ruangan. Karena ruang kolam terlindung dari suhu luar, sehingga kolam ini bisa mempertahankan panasnya lebih baik daripada kolam renang luar ruangan.

Kolam renang ukuran olimpiade

Kolam renang jenis ini memiliki ukuran yang mengacu kepada standar kolam renang olimpiade internasional. Desain kolam ini biasanya cocok bagi atlet dan penggemar kesehatan yang serius dengan ruangan luas dan anggaran yang besar.

Kolam renang arsitektur

Ini adalah istilah bagi kolam renang mewah yang memang didesain secara arsitektur, melalui proses perancangan dengan struktur yang jelas, garis yang pasti dan menampilkan tema yang kohesif dengan bangunannya.

Jika rumah dibuat khusus, kolam biasanya dibangun pada saat yang bersamaan, dengan mempertimbangkan ukuran tanah dan tata letak serta hubungan rumah dengan kolam.

Kolam renang tak berbatas (Infinity)

Infinity pool juga dikenal sebagai infinity edge pools, vanishing edge pools, negative edge, zero edge, atau disappearing edge pools. Kolam Infinity selalu dibuat khusus dan harus dirancang untuk menonjolkan pemandangan. Bila dilakukan dengan benar, maka kolam renang tanpa batas ini akan memberikan ilusi selembar air yang jatuh di tepi properti, seperti air terjun, meskipun Anda tidak dapat melihat atau mendengar air jatuh.

Seperti kolam arsitektur, kolam renang tanpa batas biasanya dirancang dan dibangun sebagai bagian dari rencana induk pada saat pembangunan rumah.

Kolam alami

Kolam renang alami berasal dari konsep tahun 1980-an, adalah kolam untuk membersihkan diri, yang menggabungkan area renang dan taman air. Sebagian besar kolam alami dilapisi dengan karet atau polietilen yang diperkuat dan dilengkapi dengan lansekap air, yang bertindak sebagai semacam sistem pembersihan organik.

Seperti kolam renang perumahan di dalam tanah, kolam alami dapat dirancang dalam bentuk bebas, gaya pedesaan dengan batu-batu besar dan air terjun, atau bisa modern atau arsitektural—ramping dan elegan.

Kolam jenis ini biasanya bernuansa kebun karena berbagai macam kehidupan tanaman yang dapat tumbuh di dalamnya, serta pendukung hijau dan lain-lain yang tidak ingin berenang di air yang mengandung klor.

Apabila ekosistem pada kolam ini bisa dijaga keseimbangannya dengan baik, maka ini bisa menjadi kolam yang cukup mudah dirawat, tetapi jika kimia air tidak seimbang, atau jika kolam dipenuhi ganggang, akan sulit untuk memulihkannya tanpa banyak usaha.

Spool

Memadukan kata spa dan kolam renang (spa + pool), Anda mendapatkan spool. Kolam renang jenis ini bisa menjadi alternatif kolam yang lebih kecil dari kolam renang tradisional tetapi lebih besar dari spa standar.

Banyak pemilik rumah menggunakan spool terutama untuk relaksasi dan hiburan—tempat untuk berendam dan menyejukkan diri di hari yang panas atau untuk menikmati minuman bersama keluarga atau teman di malam santai.

Kolam air asin

Kolam renang air asin cocok bagi Anda yang menginginkan untuk menghindari bahan kimia. Kadang-kadang disebut juga sebagai kolam laut, bukan dilihat dari desain atau gaya kolam, melainkan mengacu kepada metode alternatif penyaringan dan pemurnian airnya.

Kolam ini menggunakan generator klorin air asin untuk mengubah garam curah menjadi klorin alami untuk membunuh bakteri dan ganggang. Generator dapat ditambahkan selama proses konstruksi kolam atau sesudahnya — kolam standar dapat dikonversi dengan menambahkan komponen utama tadi. 

Perawatan untuk kolam ini mirip dengan kolam yang diklorinasi secara tradisional, dengan pembersihan permukaan kolam secara teratur dan peralatan filter yang dibutuhkan.

Kolam rendam

Kolam rendam kecil yang berisikan air dingin, cocok bagi penggemar kesehatan alternatif. Banyak perenang dan atlet suka menceburkan diri ke kolam air dingin setelah sesi latihan, sauna atau spa yang panas karena dipercaya itu memiliki manfaat terapeutik.

Kolam rendam dapat terpisah atau dipasangkan ke kolam dalam tanah yang lebih besar. Meskipun terlihat seperti spa biasa, satu kaki yang hati-hati dicelupkan ke dalam kolam akan mengungkapkan sebaliknya.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini yang mengenai jenis dan macam kolam renang. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek Bandung untuk desain rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Huh?...

Exit mobile version