Tips dan Ide Pencahayaan Luar Ruangan untuk Rumah

Author:

Pencahayaan luar ruangan atau bangunan

Pengolahan penerangan luar bangunan memiliki banyak kegunaan dan keuntungan bagi para pemilik rumah. Pencahayaan luar ruangan yang berkualitas bisa menghidupkan estetika tampak bangunan saat gelap atau malam hari, meningkatkan keamanan luar bangunan, sebagai pengarah orientasi, penanda area dan banyak lagi.

Pertimbangan saat akan memilih pencahayaan luar

Mari kita simak apa saja yang perlu dipertimbangkan saat akan memilih pencahayaan luar ini. Pertama sebagai pemilik rumah maka kita juga harus bijak dan bertanggung jawab dalam mengatur standar pencahayaan dalam ruangan dan luar rumah kita.

Adanya lampu-lampu luar ruangan tidak saja meningkatkan keamanan dan mencegah pencuri tetapi juga mencegah pengunjung atau tamu kehilangan arah dan pada kasus terburuk malah bisa melukai diri mereka sendiri. Ini adalah kewajiban kita sebagai pemilik rumah untuk memastikan hal tersebut bisa dihindari.

pencahayaan luar ruangan

Pengunjung atau tamu harus bisa memasuki area luar bangunan dengan aman. Pencahayaan luar ruangan ini harus berfungsi kala lalu lintas umum pada area yang gelap, yaitu dari jam 7 pagi sampai jam 10 malam.

Kita juga bisa mencoba melakukan otomasi pencahayaan dengan menggunakan sensor pendeteksi gerakan atau pengatur waktu untuk meningkatkan efektifitas dan penghematan energi. Area pintu keluar masuk dari dalam dan keluar rumah, jalan setapak dan tangga adalah area yang perlu mendapat perhatian khusus.

Berbagai jenis pencahayaan luar ruangan yang tersedia untuk rumah tinggal

Saat merencanakan pencahayaan luar ruangan untuk rumah, kita akan mempertimbangkan tidak saja estetika tetapi juga fungsi yang diperlukan. Berikut ini berbagai jenis lampu luar ruangan atau luar bangunan dilihat dari jenis dan fungsinya:

  • Lampu dinding eksterior menerangi fasad dan area luar di depan rumah. Mereka biasanya menggunakan lampu jenis LED dengan lapisan berwarna putih sehingga menghasilkan cahaya lembut yang menyebar. Kita bisa memvariasikan lampu dinding ini dengan tambahan kamera pengawas keamanan yang terintegrasi.
  • Lampu lantai termasuk lampu pedestal, lampu tanam, lampu tonggak dan lampu sorot lantai yang peletakannya bisa tersembunyi agar ada permainan cahaya. Yang terakhir ini lebih cocok untuk menerangi jalan dan jalur lebar.
  • Lampu plafon untuk penggunaan di luar ruangan biasanya dipasang di bawah kanopi. Ini termasuk lampu sorot LED built-in dan lampu klasik untuk penggunaan di luar ruangan, misalnya dengan bingkai kaca dll.
  • Lampu tanam diintegrasikan ke dalam lantai, misalnya di teras atau di area pintu masuk. Mereka terlihat elegan, tapi di sisi lain, upaya perakitannya lebih tinggi.
  • Lampu portabel yang mudah dipindahkan karena tidak dipasang dengan sekrup. Keunggulan lainnya adalah bobotnya yang ringan. Tapi mereka tidak stabil seperti lampu lantai yang dipasang permanen.
pencahayaan luar ruangan

Catu daya untuk penerangan luar di rumah

Berkenaan dengan catu daya, ada berbagai pilihan untuk lampu luar ruangan untuk rumah. Jika ada instalasi listrik di properti atau di dinding rumah, lampu dihubungkan dengan cara lama melalui stopkontak.Namun, banyak lampu portabel yang dioperasikan dengan baterai. Baterai kemudian biasanya dapat diisi melalui kabel USB. 

Alternatif lain adalah lampu tenaga surya. Pada prinsipnya, mereka juga bekerja saat tidak ada cahaya matahari, tetapi setelah beberapa hari tanpa pasokan sinar matahari maka, durasi pencahayaan berkurang.

Bagaimana cara menerangi luar rumah secara optimal

Konsep pencahayaan luar ruangan yang baik pada desain  rumah tinggal adalah fungsional, tahan lama, dan estetis pada saat yang bersamaan. Tergantung pada areanya, berikut ada beberapa ide dan tips untuk menciptakan suasana yang nyaman dengan lampu luar ruangan.

Tips untuk penerangan area masuk rumah

Aturlah pencahayaan agar tidak terlalu terang sehingga menyilaukan dan tidak nyaman tetapi, juga jangan terlalu redup sehingga kita kesulitan mencari kunci saat berada di pintu depan. Kita bisa mencoba beberapa solusi berikut:

  • Pilihlah lampu luar ruangan dengan sudut pancaran yang lebar, seperti lampu langit-langit dan dinding, sangat ideal untuk tangga. Sebaliknya lampu sorot LED terarah tidak cocok karena hanya menerangi area kecil.
  • Gunakan lampu dinding LED tersembunyi yang dipasang di sisi anak tangga, sehingga membuat tepi anak tangga menjadi terlihat jelas. Disini kita bisa memasang sensor gerak untuk memastikan bahwa mereka hanya menyala ketika seseorang menginjak tangga – hemat energi.
  • Lampu strip (bilah) LED yang terintegrasi dalam profil langkah juga bisa menyoroti area pijakan secara optimal. Jika Anda menginginkan efek wow dan menyukai desain modern, pilihlah warna neon yang kuat seperti biru atau pink.
  • Jika kanopi memanjang ke kaki tangga, kita juga bisa membuat pencahayaannya menjadi tampil lebih bergaya dengan bandul dan lampu gantung.
pencahayaan luar bangunan

Tips untuk pencahayaan tampak bangunan rumah atau fasad

Fasad yang diterangi tidak hanya elegan, tetapi juga bisa menjauhkan pencuri. Oleh karena alasan ini maka banyak pemilik rumah yang menggunakannya. Berikut tips agar pencahayaan eksterior rumah kita bisa semakin berhasil:

  • Uplight dan downlight dimana cahaya yang keluar dari lampu bisa tampil sangat bergaya. Ini adalah lampu eksterior rumah tinggal yang pancaran cahayanya bisa diarahkan ke atas dan ke bawah.
  • Alternatifnya adalah lampu sorot eksterior (fasad spotlights), yang menerangi dinding rumah dari bawah ke area yang luas.
  • Elemen fasad yang sangat indah seperti atap, cornice atau profil plesteran dapat juga disajikan secara efektif dengan tampilan cahaya yang mengerucut dari lampu sorot LED .
  • Jika rumah memiliki kanopi, kita dapat menampilkan estetika fasad dengan lampu plafon yang bersinar ke bawah dan sekaligus memastikan cahaya yang cukup di area pintu masuk.
penerangan luar ruangan

Tips untuk penerangan di teras rumah

Bersantai atau sekedar menerima tamu di teras rumah dengan pencahayaan yang tepat bisa menyenangkan. Tentu penerangannya harus cukup dan akan lebih bagus lagi kalau mereka bisa kita atur terang redupnya, menyesuaikan dengan situasinya sehingga bisa membangun suasana yang nyaman dan tepat. Berikut beberapa pilihan yang bisa kita coba terapkan:

  • Cobalah menggunakan lampu tanam untuk memberikan pencahayaan tidak langsung yang menyenangkan.
  • Jika Anda membutuhkan lebih banyak cahaya di area tempat duduk, misalnya untuk membaca, lampu meja portabel bisa jadi pilihan cocok untuk penggunaan di luar ruangan.
  • Lampu sorot LED yang dapat diredupkan dan diputar dapat kita pasang di teras tertutup, yang secara fleksibel menerangi area yang berbeda.
  • Lampu hias yang memiliki sifat-sifat cahaya warna-warni dalam bentuk bola lampu dan strip LED adalah penarik pandangan mata pada pesta taman berikutnya. Jika kita memasangnya di jajaran tangga, mereka menunjukkan jalan dalam gelap.
  • Pot tanaman hias dengan lampu LED yang terintegrasi atau area tempat duduk yang berpenerangan bisa juga menciptakan suasana teras yang elegan.
penerangan luar bangunan

Kiat pencahayaan untuk taman atau kebun

Pencahayaan luar ruangan yang memadai di malam hari penting untuk menghindari tersandung akar pohon atau semak-semak. Lampu-lampu kita susun agar bisa menjadi orientasi dan juga sekaligus untuk menghiasi taman:

  • Sorotan lampu sorot tanah jenis LED pada tempat tidur santai di taman, di semak-semak atau pada air terjun buatan bisa menjadi pusat perhatian yang menarik. Jangan lupa cahaya yang dihasilkan harus hangat dan tidak terlalu kuat.
  • Lampu taman dengan tampilan ala bebatuan bisa memiliki efek yang serasi dan memancarkan cahaya yang lembut.
  • Lampu sorot tanah dapat disembunyikan di dalam tanah atau di pepohonan yang bisa memberikan efek cahaya dan bayangan misterius, misalnya pada pagar tanaman atau dinding batu alam.
  • Lampu dalam tanah atau lampu pedestal atau jenis lampu tiang kecil juga cocok untuk jalur taman. Jika Anda tidak menyukai gaya bundar yang berkesan klasik maka kita bisa memilih lampu jalan LED yang mempunyai desain persegi.
  • Jika Anda ingin menerangi pohon, bisa mencoba lampu hias warna-warni yang menempel di dahan dan akan menciptakan efek warna yang memesona.
  • Bola apung bertenaga surya atau baterai bisa menciptakan suasana bak negeri dongeng di kolam. Jika Anda menginginkan kerlip api yang romantis, Anda dapat mengandalkan obor api yang diisi dengan minyak.
stanar pencahayaan lura ruangan bangunan

Apa yang harus diperhatikan ketika memilih lampu untuk penerangan atau pencahayaan di luar ruangan?

Di luar penampilan dan kekuatan, Anda sebagai pemilik rumah harus memperhatikan hal ini:

  • Untuk lampu luar ruangan, kecerahan 400 hingga 600 lumen biasanya cukup. Tetapi jika Anda ingin lebih banyak menerangi area pintu masuk rumah, maka Anda membutuhkan lebih dari 1.000 lumen. Luminer dengan lebih dari 4.000 lumen memberikan standar pencahayaan ruangan siang hari. Lihat postingan ini untuk cara menghitung lumen untuk pencahayaan ruangan.
  • Semua lampu luar ruangan harus memiliki setidaknya perlindungan IP44. Ini menjamin perlindungan menyeluruh terhadap percikan air dan benda asing padat yang berukuran lebih dari satu milimeter.
    • Produk yang memiliki rating IP44 berarti terlindungi dari benda padat berukuran lebih dari 1mm dan cipratan air dari segala arah.
  • Untuk lampu taman dan lampu sorot tanah tanpa atap, lebih baik mengandalkan kelas perlindungan IP67. Lampu luar ruangan yang ditandai dengan cara ini kedap debu dan terlindung dari perendaman sementara.
    • Produk dengan rating IP 67 berarti memiliki perlindungan total/menyeluruh terhadap debu, kontak langsung, dan sanggup terendam air dengan kedalaman 15cm hingga 1m.
  • Pencahayaan luar ruangan tidak boleh menyilaukan, terutama di depan garasi dan carport. Lampu bebas silau direkomendasikan untuk tujuan ini. Selain itu, ketinggian pemasangan harus setidaknya 1,80 meter.
  • Untuk pemasangan lampu jalan, semua jalur suplai harus dilindungi sedemikian rupa sehingga tidak ada yang tersandung dalam gelap.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini yang mengenai standar pencahayaan luar ruangan rumah tinggal. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek Bandung untuk desain rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Huh?...