Bagaimana Cara Memilih Bahan Tangga Beton, Kayu, Baja dan Kaca pada Rumah Tinggal atau Bangunan

Author:

Berbagai pertimbangan yang perlu diketahui saat kita akan memilih atau menentukan bahan tangga rumah atau bangunan.

Desain tangga beton, kayu, baja dan kaca pada keseharian kita

Bahan tangga, sudah menjadi hal yang lumrah kita jumpai pada kehidupan kita setiap hari, tapi pernahkah tersirat dalam benak kita akan desainnya? Merenung sesaat dan memikirkan fungsinya? Pada desain tangga akan kita jumpai langkah, pijakan dan pagar, mereka dengan mudah menjadi salah satu elemen arsitektur di rumah siapa saja.

Selain memberikan akses yang aman, sederhana dan mudah dari satu lantai ke lantai lainnya, melalui tangga – desainnya bisa menciptakan bentuk ruang yang unik dan menyajikan efek visual yang kuat. Dari jauh/luar, kita dapat mengamati orang-orang yang bergerak naik dan turun berulang kali; sedangkan dari dalam, pengguna disuguhi sudut dan cara baru untuk memahami ruang. Oleh karena itu, desain tangga yang baik lebih dari sekedar sarana sirkulasi vertikal.

Desain tangga, melalui kekuatan dan skala mereka, dapat menjadi protagonis pada sebuah ruangan – menjadi suatu titik fokus desain yang mampu mencapai ke level seni. Salah satu cara mencapai hal ini adalah dengan pemilihan bahan tangga yang tepat, dalam artian sesuai fungsi, kebutuhan dan estetika.

Evolusi desain tangga

Tangga telah berevolusi secara drastis selama bertahun-tahun. Dari desain ala Art Nouveau yang rumit dan berornamen, hingga estetika garis bersih yang lebih minimalis saat ini. Dengan teknologi inovatif dan metode pembuatan yang ditingkatkan, desain tangga kini dapat mengadopsi bentuk pahatan yang kompleks, mengeksplorasi peluang kreatif baru, dan bahkan menantang keterbatasan struktural. 

Berkat fleksibilitas desain yang tinggi ini, ada banyak pilihan praktis untuk dipilih saat kita ingin memilih desain tangga yang tepat untuk rumah Anda.

Bahan tangga

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat mendesain dan memilih bahan tangga

Sebelum mengambil keputusan estetika pada desain tangga, salah satu faktor pertama yang harus kita perhitungkan adalah anggaran, karena secara otomatis dapat mempersempit pilihan material dan gaya.

Baja, misalnya, biasanya lebih mahal daripada kayu – seperti halnya tangga spiral lebih mahal daripada tangga lurus. Faktor yang kedua, memenuhi peraturan bangunan sangat penting untuk memastikan keselamatan, terutama bila ada anak-anak atau anggota lanjut usia dalam rumah tangga yang mungkin memerlukan tangga yang lebih kokoh dan aman.

Pilihannya juga dibatasi oleh ukuran ruang yang tersedia. Sementara ruang yang lebih besar membutuhkan tangga besar, yang lebih kecil hanya dapat memuat tangga melengkung atau spiral.

bahan tangga

Pentingnya memilih bahan tangga rumah yang tepat

Terlepas dari gaya, yang cenderung ditentukan oleh kondisi ruangan, pemilihan bahan tangga rumah atau bangunan juga pengint, apakah material tangga ini dari beton, kayu, baja atau kaca? Memilih material tangga ini penting, karena material desain tangga yang tepat tidak saja berkontribusi pada estetika rumah atau bangunan tetapi juga mendefinisikan integritas struktural, kinerja dan siklus hidup (umur) tangga tersebut.

Tetapi tetap pada akhirnya semua bermuara pada selera dan prioritas pribadi. Beberapa orang mungkin lebih suka tangga kaca agar sesuai dengan gaya mewah, yang lain mungkin ingin memprioritaskan ketahanan dengan tangga beton.

Agar lebih mudah, dibawah ini kita bisa simak kualitas unik dari bahan tangga rumah atau bangunan secara umum, bersama dengan beberapa contoh tangga yang bisa menginspirasi Anda semua.

Bahan tangga beton: modern dan tahan lama

Desain tangga beton, beton bisa dibentuk menjadi bentuk yang kompleks. Beton adalah bahan yang paling populer digunakan untuk membuat tangga. Ia bisa menawarkan tampilan yang modern, terutama dalam tren, bentuknya bisa dibuat tampil mentah dan terbuka.

Proses pembuatannya – mulai dari persiapan pondasi hingga perawatan material – desain tangga dengan material beton ini bisa memakan waktu lama dan berantakan, tangga beton biasanya memiliki biaya yang lebih tinggi daripada yang terbuat dari baja atau kayu.

Material beton mampu menyerap kebisingan dan panas dengan sangat baik dan tahan api. Beton juga memiliki kekuatan, dan daya tahan dengan kemampuan yang tak tertandingi untuk menahan beban berat dan tumbukan keras. Dan karena beton dapat dihancurkan untuk digunakan kembali dalam campuran baru, tangga ini juga dapat diproduksi secara berkelanjutan.

bahan tangga
bahan tangga

Bahan tangga kayu: hangat dan serbaguna

Desain tangga kayu bisa memberikan rasa kenyamanan dan kehangatan karena terinspirasi dari alam. Tangga kayu telah ada dari sejak dahulu kala, desain tangga kayu bisa menampilkan nuansa pedesaan tradisional atau tampilan modern yang ramping. Namun tidak semua pilihan kayu atau kayu cocok untuk tangga. Kayu solid cenderung lebih baik dibandingkan kayu lapis atau MDF dan variannya.

Meskipun mereka berbeda dalam harga dan kualitas visual, bahan kayu umumnya bisa berkinerja sangat baik sebagai bahan pembuatan tangga rumah atau bangunan. Mereka memang tidak bertahan sekuat baja, tetapi kita bisa menyiasatinya dengan melakukan peningkatan kualitas kayu itu sendiri, metode pembuatannya, perawatan rutin dan penyelesaian akhir (finishing| seperti pernis dll. Tanpa perawatan ini maka tangga kemungkinan akan mudah mengalami kerusakan dalam penggunaan sehari-hari.

bahan tangga

Bahan tangga baja: industri dan fleksibel

Dengan tampilan industri canggih yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, desain tangga baja kembali menjadi sorotan. Bahan baja memiliki karakter yang fleksibel dan bisa dibuat menjadi berbagai bentuk yang bisa diletakan pada ruangan yang sempit, diberikan penyelesaian akhir berupa cat, atau dibiarkan tampil mentah, atau juga diberikan lubang-lubang atau utuh menerus.

Baja mampu menahan tekanan besar mendekati kekuatan beton dan juga memiliki umur yang bisa bertahan seumur hidup. Bahkan jika baja di daur ulang dan digunakan berulang kali, maka kekuatan dan daya tahannya tidak akan terganggu.

Tangga berbahan baja juga mudah dirakit dengan mur dan baut atau pengelasan, biasanya lebih cepat dan lebih murah untuk dipasang daripada tangga kayu. Meskipun demikian, baja bisa sangat bising, yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan di area rumah yang membutuhkan keheningan.

bahan tangga

Bahan tangga kaca: mewah dan sangat kuat

Design tangga kaca adalah pilihan utama dalam mencapai tampilan yang mewah atau ultra-kontemporer. Tangga dengan material kaca bisa memberikan kesan berjalan di udara, berbagai tingkat transparansi memungkinkan cahaya alami melewati dalam intensitas yang berbeda.

Awalnya, kaca dan tangga sepertinya meragukan dan tidak cocok. Namun berkat peningkatan teknologi yang signifikan, bahan yang dulunya halus kini memperoleh kekuatan yang luar biasa. Dengan menggunakan kaca khusus yang diolah, ditempa, dan dilaminasi secara kimia, kini tangga kaca dapat dibangun dengan daya dukung beban yang besar. 

Berkat aplikasi teknologi maka saat ini tangga bermaterial kaca sudah dapat menahan keausan sehari-hari, serta menahan goncangan dan benturan. Bila dilihat dari umur pakai, tangga kaca menempati posisi paling teratas dan yang paling tahan lama, dan membutuhkan perawatan yang paling teratur di antara bahan tangga lainnya.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini yang mengenai pertimbangan apa saja saat kita akan memilih atau menentukan bahan yang akan digunakan pada desain tangga di rumah kita. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek Bandung untuk desain rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Huh?...