Model & Informasi Mesin Pencuci Udara

Author:

Berbagai jenis dan informasi mesin pencuci udara, penyaring udara dan pembersih udara ruangan

Alat pencuci udara ruangan

Mesin atau alat pencuci udara ruangan yang kita kenal ada banyak model dan jenisnya, alat ini bertujuan untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran dari udara dan melembabkannya pada saat yang bersamaan. Postingan ini juga membahas alat lainnya seperti: pembersih udara dan penyaring udara.

Hasil dari proses pencucian tersebut membantu menjadikan udara yang masuk lewat hidung menjadi bersih karena telah disaring oleh mereka dan membuatnya sangat cocok untuk penderita alergi karena alat pencuci udara ini bisa secara signifikan mengurangi debu dan partikel di udara.

Mesin pencuci udara menggunakan penguapan dingin untuk membantu meningkatkan kelembapan di kamar dan meningkatkan kualitas udara dalam jangka panjang.

Mesin Pencuci Udara

Poin penting yang perlu diketahui:

  • Pencuci udara (air washer) membantu melembabkan udara ruangan dan dengan demikian menjadikan iklim ruangan yang sehat dengan suplai udara bersih.
  • Pembersih udara ruangan (air purifier) bekerja lebih menyeluruh secara keseluruhan, tetapi juga lebih mahal dan tidak melembabkan udara.
  • Pencuci udara memiliki banyak keuntungan, terutama bagi penderita alergi.
  • Berbeda dengan ionizer, mesin cuci udara tidak menghasilkan/mengeluarkan ozon.

Apa saja pilihan untuk pemurnian udara?

Banyaknya teknologi dengan nama yang mirip kadang membuat kita menjadi bingung untuk mendapatkan gambaran umum, karena selain mesin pencuci udara, pasar juga menawarkan berbagai produk lainnya seperti alat pembersih udara (air purifier), ionizers, dan pelembab udara atau ruangan (humidifier).

Meskipun mereka semua memiliki tujuan untuk menghilangkan polutan dari udara, mereka bekerja dengan cara yang berbeda dan oleh karena itu cocok untuk kelompok sasaran yang berbeda.

Mesin pencuci udara (air washer)

Pencuci udara membersihkan udara dan juga melembabkannya. Dalam hal kinerja, mereka berada di antara alat pembersih udara (air cleaner) dan ionizer. Pencuci udara memang tidak dapat menghilangkan debu halus dan jelaga seperti mesin pembersih udara, tetapi memiliki keunggulan lebih baik dalam hal membersihkan jamur, serbuk sari dan bulu hewan dibandingkan dengan ionizer.

Pencuci udara bekerja dengan cara menggunakan kipas yang menyedot udara yang tercemar dan membersihkan udara yang tersedot menggunakan bak air dan silinder berputar sebelum melepaskannya kembali ke dalam ruangan.

Alat penggulungnya terdiri dari beberapa cakram yang berjalan berdampingan dan setengahnya terendam di tangki air. Hal Ini menjadikan cakram selalu dibasahi dengan air dan membuat kotoran serta partikel kotor menjadi menempel pada lapisan air ini, selanjutnya kotoran tersebut dilepaskan ke dalam air dan terperangkap disana sehingga tidak kembali ke udara ruangan, menjadikan udara yang keluar menjadi bersih.

Mesin pembersih udara (air cleaner)

Pembersih udara menghilangkan partikel seperti debu halus dan juga menyaring jelaga, jamur, serbuk sari, bakteri, kotoran tungau dan bulu hewan dari udara. Alat pembersih udara juga dapat menghilangkan gas dan bau tak sedap.

Alat penyaring udara ini berisi beberapa filter saringan udara yang diposisikan satu di belakang yang lain: pra-filter, filter karbon aktif, filter HEPA, terkadang juga filter UV. Setiap filter tersebut berfungsi menghilangkan polutan individu sehingga pada akhirnya udara yang dihasilkan menjadi bersih.

Ionizer

Alat ionizer memiliki keutamaan untuk melawan debu rumah yang kasar dan halus serta asap rokok. Mesin ionizer ini menggunakan generator yang secara efektif mengurangi jumlah partikel debu dan kotoran. Ionizer ini menghasilkan ozon, yang kontroversial. Beberapa produsen juga menyebutkan ionizer mereka sebagai generator ozon. Karena ozon bertindak seperti alat sterilisasi.

Alat sterilisasi atau generator ozon adalah pilihan yang baik di lemari sepatu, dan alat pengion yang digerakkan oleh generator dengan alat sterilisasi juga dapat digunakan dengan baik di ruang kerja yang sering dikunjungi/banyak aktifitas. Ozon merupakan masalah kesehatan bagi banyak orang, tetapi banyak perangkat memancarkan sangat sedikit ozon sehingga tidak memiliki efek kesehatan yang merugikan.

Alat pelembab udara atau ruangan (humidifier)

Berbeda dengan model sebelumnya, mesim pelembab udara atau ruangan ini utamanya memastikan bahwa udara di dalam ruangan tidak terlalu kering. Pada desain rumah iklim dingin, pelembab ruangan ini dapat berfungsi dengan baik, terutama di musim dingin, ketika pemanas udara yang hangat mengurangi kelembapan di ruang keluarga.

Apakah efek dari mesin cuci udara telah terbukti secara ilmiah?

Ada berbagai penelitian tentang hubungan antara kelembaban dan kesehatan. Sebuah studi baru dari Universitas Yale yang dipimpin oleh Dr. Akiki Iwasaki menemukan bahwa kelembaban relatif yang mencapai 50 persen akan memberikan hasil perlindungan yang ideal terhadap influenza. Udara dalam ruangan yang kering, di sisi lain, membuat penyakit lebih mudah menyebar.

Jika kelembaban antara 40 dan 60 persen, kemungkinan infeksi virus berkurang karena proses penularan menjadi lebih sulit. Meskipun penelitian ini tidak secara langsung tentang mesin cuci udara, penggunaan mesin pencuci udara untuk yang berujuan untuk melembabkan udara dianjurkan dengan latar belakang hasil penelitian yang dipublikasikan mengenai penyebaran virus ini.

Keuntungan dan kekurangan dari mesin cuci udara

KeuntunganKekurangan
Mengurangi debu kasar dan alergen lainnya Tidak menyaring debu halus
Tidak ada ozon Penghapusan total polutan tidak mungkin
Membantu mencegah/meringankan demamDiperlukan penggantian air setiap hari
Mengurangi debu rumah Disarankan desinfeksi rutin
Melembabkan udara ruangan Diperlukan perawatan dan perawatan rutin
Iklim yang mendukung kesehatan Daya pembersihan yang lebih rendah daripada pembersih udara
Murah untuk dibeli
Biaya tindak lanjut yang rendah

Apa yang harus dipertimbangkan saat membeli mesin cuci udara?

Saat memilih mesin cuci udara, kriteria pembelian berikut harus berperan:

  • Ukuran ruangan.
  • Tingkat kebisingan.
  • Ukuran partikel yang dapat dilepas.
  • Efisiensi energi/konsumsi daya.
  • Opsi pembersihan.
  • Ukuran tangki air.
  • Ukuran total perangkat.

Apakah mesin pencuci udara cocok untuk penderita alergi?

Pencuci udara cocok untuk alergi ringan karena secara signifikan mengurangi debu kasar dan rumah, jamur, serbuk sari, dan bulu hewan. Penderita alergi parah harus memilih pembersih udara dengan sistem filter HEPA multi-tahap, karena kinerja pembersihan lebih tinggi dan debu halus serta jelaga juga dihilangkan dari udara dalam jumlah besar.

Alata lainnya seperti Ionizer juga bisa berfungsi dengan baik dan membersihkan udara dengan andal. Saat membeli, perhatian harus diberikan pada emisi ozon yang rendah, karena meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan, ozon mewakili pencemaran lingkungan tertentu yang dapat sepenuhnya dihindari dengan pembersih udara atau pencuci udara.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini yang membahas mengenai berbagai jenis dan model dari pencuci udara yang bisa membantu kita meningkatkan atau mendapatkan lingkungan hijau udara bersih yang berkualitas. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek Bandung untuk desain rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Huh?...

Exit mobile version