Apakah Kegunaan Alat Pembersih Udara Ruangan Bagi Kita?

Author:

Bagaimana perangkat ini berfungsi dan kapan ia bisa bermanfaat?

Kegunaan alat pembersih udara ruangan adalah untuk menyaring debu rumah, debu halus, spora jamur, bakteri dan yang sejenis lainnya. Walau begitu, penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Postingan kali ini mencoba membahas mengenai untuk siapa dan kapan perangkat ini bisa berguna secara maksimal.

Di ruangan tertutup, konsentrasi polutan bisa mencapai hingga lima kali lebih tinggi daripada di luar ruangan. Seberapa bergunakah alat pembersih udara untuk mengatasi hal ini?

Kegunaan alat pembersih udara ruangan

Beberapa hal terpenting yang perlu Anda tahu

  • Pembersih udara menyaring serbuk sari, spora jamur, debu halus dan debu rumah, bau, bakteri dan virus dari udara. Namun, bahkan perangkat yang paling kuat pun hanya menghilangkan sebagian dari polutan.
  • Pembersih udara memang menjadi pilihan yang masuk akal untuk kesehatan bagi penderita alergi, penderita asma, dan orang-orang di daerah dengan tingkat polusi debu halus yang tinggi.
  • Pada pemurni udara berkualitas tinggi biasanya dilengkapi dengan filter HEPA kelas H13 atau H14. Sistem HEPA ini bisa membersihkan secara menyeluruh dan bisa diganti sehingga bisa menjadikan pembersih udara berguna bagi orang yang memiliki alergi. Ada juga filter EPA yang dapat menghilangkan partikel seperti debu dari udara, tetapi kurang efisien.
  • Air purifier sering disamakan dengan air washers dan ionizers. Namun, fungsinya sangat berbeda.
  • Pencuci udara mencuci dan melembabkan udara dengan air dan dengan demikian mengurangi polusi udara ruangan. Beberapa perangkat kombinasi menggabungkan fungsi pencuci udara dan pembersih udara.
  • Ionizers adalah pembersih kimia di mana ion mengikat polutan. Namun, penggunaannya memiliki kelemahan, karena penderita alergi khususnya dapat bereaksi secara sensitif terhadap produk sampingan ozon. Ionizer juga kurang berguna di rumah yang dihuni oleh perokok.

Polutan dan partikel apa yang berguna untuk pembersih udara?

Asma dan alergi telah meningkat di semua kelompok umur selama bertahun-tahun. Dokter mengidentifikasi polusi udara sebagai penyebab paling umum.

Alat pembersih udara ruangan tidak bisa menyembuhkan penyakit, tetapi bisa membantu mengurangi polusi dan dengan demikian mengurangi pula gejalanya. Tapi polutan juga sebenarnya tetap saja menembus rumah Anda dari luar. Ada juga zat kimia seperti formaldehida, toluena dan benzena. Oleh karena itu ada baiknya kita mempertimbangkan untuk memiliki pembersih udara di rumah kita.

Apakah pembersih udara berguna melawan serbuk sari?

Siapa pun yang menderita alergi serbuk sari harus berjuang dengan pilek, gatal, mata terbakar dan lebih banyak masalah, terutama di musim semi dan musim panas. Tingkat serbuk sari seringkali lebih tinggi di dalam ruangan daripada di luar ruangan. 

Filter udara yang dilengkapi dengan filter HEPA maka akan sangat efisien menghilangkan partikel terkecil dari udara dan secara signifikan mengurangi kepadatan alergen. Janga lupa perhatikan juga ukuran ruangan yang sesuai dengan kapasitas perangkatnya.

Namun, filter udara tidak sepenuhnya menghilangkan serbuk sari – hanya serbuk sari yang mengambang di udara, bukan serbuk sari yang misalnya tergeletak di tempat tidur. Oleh karena itu, penderita alergi dengan gejala yang parah tidak hanya bergantung pada satu pembersih udara, tetapi juga pada yang lain.

Apakah pembersih udara berguna untuk jamur?

Dalam kasus paparan jamur di rumah, spora jamur membebani saluran pernapasan dan sistem kekebalan tubuh. Di sini juga, penggunaan pembersih udara terbukti bermanfaat. 

Alat pembersih udara ruangan terbaik dapat menyaring lebih dari 99 persen spora jamur dari udara. Namun, mereka tidak menghilangkan penyebab jamur. Itu sebabnya Anda harus tetap membasmi jamur di rumah Anda.

Apakah pembersih udara berguna untuk melawan debu rumah?

Debu rumah terdiri dari bagian organik seperti bulu dan bagian anorganik seperti serat tekstil. Tungau debu rumah adalah hewan kecil yang memakan bagian organik. 

Sekitar 10 persen orang di dunia menderita alergi debu rumah. Sistem kekebalan Anda bereaksi berlebihan terhadap protein tertentu dalam kotoran tungau. Konsekuensinya adalah sakit kepala, batuk kering dan, dalam kasus terburuk, asma.

Pembersih udara menghilangkan debu dalam ruangan dan mengurangi debu berterbangan dalam udara. Namun, mereka tidak berdaya melawan debu pada benda. Oleh karena itu, penderita alergi dan penderita asma harus menyeka lantai dengan kain lembab dan membersihkan tekstil lebih sering. Namun, pembersih udara masih bisa menjadi tambahan yang berguna. Jika Anda mengganti tempat tidur, misalnya, debu yang diterbangkan membuat perangkat bisa menangkap mereka secara maksimal.

Alat pembersih udara ruangan adalah berkah bagi mereka yang alergi terhadap debu rumah, karena perangkat ini bisa membantu mengurangi debu pada udara di dalam ruangan.

Apakah pembersih udara berguna untuk melawan debu halus?

Partikulat dihasilkan selama proses pembakaran. Debu termasuk kedalam golongan partikulat. Yang dimaksud dengan partikulat adalah zat padat/cair yang halus dengan ukuran molekul tunggal yang lebih besar dari 0.002 μm tetapi lebih kecil dari 500 μm, dan tersuspensi di udara, misalnya embun, debu, asap, fumes dan kabut. 

Penghasil partikulat utama adalah kendaraan bermotor, pabrik industri, pembangkit listrik dan sistem pemanas. Tergantung pada diameternya, aerosol halus dibagi menjadi PM10 (diameter maksimum 10 mikron), PM2,5 (diameter maksimum 2,5 mikron) dan partikel ultra halus (kurang dari 0,1 mikron). Sebagai perbandingan, sebagian besar bakteri mencapai ukuran 0,5 hingga 6 mikron.

Partikulat terakumulasi di bronkus dan paru-paru dan menyebabkan penyakit pernapasan dan kardiovaskular. Studi dari beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa konsentrasi lebih tinggi terdapat di ruangan tertutup daripada di udara luar.

Alat pembersih udara ruangan yang efisien dengan sistem filter mengurangi polusi debu halus di dalam ruangan hingga 50 persen. Namun, mereka tidak berarti menghilangkan semua partikel. Selain itu, mereka tidak berdaya melawan senyawa gas seperti nitrogen oksida. Namun, jika Anda tinggal di jalan utama atau dekat kawasan industri, alat pembersih udara tetap berguna.

Apakah pembersih udara membantu melawan virus dan bakteri?

Sementara diameter bakteri yang paling umum adalah antara 0,5 dan 7 mikrometer, virus rata-rata seratus kali lebih kecil. Bahkan pemurni udara yang paling efisien dengan sistem filter bukanlah tandingan melawan patogen. 

Meskipun mereka dapat mengurangi konsentrasi virus di udara, mereka tidak membunuh semua patogen. Efek pembersih udara juga terbatas pada bakteri. Beberapa bakteri tersangkut di filter, tetapi banyak juga yang lolos.

Pembersih udara vs. mesin cuci udara vs. ionizer

Pembersih udara dengan filter HEPA: Cara paling efektif untuk membersihkan udara

Singkatan HEPA adalah singkatan dari High Efficiency Particulate Air Filter (Filter Udara Partikulat Efisiensi Tinggi). Filter terdiri dari tikar berlapis rapat yang terbuat dari serat kaca atau selulosa. Tidak seperti saringan, di mana ukuran mata jaring tetap sama, mata jaring dari lapisan yang berbeda memiliki ukuran yang berbeda.

Dalam pembersih udara dengan filter HEPA, kipas mensirkulasikan udara di dalam ruangan, yang dihisap oleh nozzle. Partikel kecil yang bergerak dengan aliran udara menempel pada serat karena efek difusi atau efek penghalang. Sebaliknya, partikel dengan massa yang lebih besar memiliki inersia yang lebih besar. Karena itu cepat atau lambat mereka akan bertabrakan dengan jala. 

Filter HEPA dibagi ke dalam kelas dari 1 hingga 17 tergantung pada efisiensinya. Filter Kelas H13 menghilangkan lebih dari 99,95 persen partikel udara yang lebih besar dari 0,1 mikron.

Alat pembersih udara ruangan HEPA berguna di setiap rumah tangga dengan polusi yang meningkat. Filter HEPA menghilangkan polutan dan partikel berbahaya seperti serbuk sari, Jamur dan debu secara mekanis dan tanpa bahan kimia berbahaya. Ini menghindari efek samping. 

Banyak pembersih udara dengan filter HEPA juga memiliki filter karbon aktif bawaan, yang juga menghilangkan bau dan gas yang tidak menyenangkan. Anda harus mengganti kedua jenis filter paling lambat setiap enam bulan. Seringkali filter juga dapat dibersihkan.

Pembersih udara dengan filter HEPA yang sangat efisien sangat berguna di rumah tangga dengan tingkat polusi yang lebih tinggi.

Pencuci udara: Berguna untuk membersihkan dan melembabkan

Pencuci udara juga membersihkan udara secara mekanis. Berbeda dengan pembersih udara, bagaimanapun, mereka tidak memerlukan filter udara. Piringan berputar di dalam, dengan air di permukaannya. Kipas menghisap udara yang mengalir di atas panel dan meninggalkan partikel kotoran tetap berada di dalam air.

Keuntungan dari mesin cuci udara adalah peningkatan kelembaban secara bersamaan. Mereka sangat berguna di ruangan ber pemanas di musim dingin untuk menjaga kelembaban yang sehat. Di sisi lain, mereka tidak seefektif pada partikel terkecil seperti pembersih udara dengan filter HEPA. Oleh karena itu mereka lebih cocok untuk kasus di mana pemurnian udara bukan prioritas. Namun, ada juga mesin cuci udara dengan filter HEPA.

Ionizers: Kurang bermanfaat bagi penderita alergi dan perokok

Sebuah ionizer adalah pembersih udara kimia. Perangkat menciptakan ion bermuatan negatif yang menarik polutan bermuatan positif di udara. Molekul berat terbentuk yang tenggelam ke dasar atau menempel pada pelat logam di perangkat. 

Ionizer tidak memiliki filter. Dibandingkan dengan pembersih udara dan pencuci udara, mereka lebih kompak dan seringkali lebih murah.

Kerugian utama mereka adalah pembentukan ozon melalui ionisasi oksigen di udara. Ozon memecah molekul bau dan membunuh bakteri. Namun, jika konsentrasinya terlalu tinggi, itu mengiritasi selaput lendir dan menyebabkan sakit kepala. Meskipun ionizers berkualitas tinggi menghasilkan sedikit ozon, penderita asma dan alergi harus memilih perangkat lain untuk membersihkan udara.

Ionizer tidak direkomendasikan untuk bulu hewan. Ionizer juga tidak cocok untuk perokok yang ingin menghilangkan asap rokok. Ozon bergabung dengan produk pengurai tembakau dan membentuk aerosol yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Air cleanerAir washerIonizer
Jenis pembersihanSecara mekanisSecara mekanisBahan kimia
EfisiensiSangat tinggiMediumTinggi
PemeliharaanPenggantian filter sesuai instruksi pabrikan, rata-rata setiap 6 bulan sekaliPembersihan rutin menggantikan air di tangki airTidak ada
KeuntunganMenyaring bahkan partikel yang terkecilMelembabkan udara secara otomatisTidak ada
KekuranganTidak cocok melawan molekul gas yang berbauEfek kecil melawan bakteri, debu halus, bau
Volume kebanyakan di atas 40 desibel
Efek iritasi dari produk sampingan ozon
Berbahaya aerosol di hubungan dengan produk degradasi dari pembakaran tembakau

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini yang membahas mengenai kegunaan alat pembersih udara ruangan di rumah tinggal. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek Bandung untuk desain rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Huh?...