Contoh 10 Desain Tangga Putar Minimalis Melayang

Author:

Inspirasi Desain Tangga Melingkar Unik dan Indah

Tangga selain berfungsi sebagai jalur pencapaian vertikal antar ruang pada bangunan juga bisa berfungsi sebagai pernyataan estetika pada desain rumah kita, oleh karena itu tidak ada salahnya kita meletakan dan menciptakan desain tangga putar minimalis atau melingkar (spiral) ini dengan baik dan unik.

Contoh desain tangga beton yang dibuat seperti karya patung dan bentuk tangga melengkung yang melayang di atas tanah ditampilkan dalam postingan kali ini, yang diambil dari sepuluh desain rumah dengan tangga spiral atau heliks yang menonjol.

Dua gaya pada tangga melengkung, spiral dan heliks.

Desain tangga putar bisa dikategorikan dalam dua gaya yang umum dikenal sebagai tangga spiral dan yang lainnya adalah heliks. Meskipun tampak serupa dan keduanya menggunakan tapak yang meruncing, perbedaannya ada bisa kita lihat pada desain tangga spiral yang diatur di sekitar kolom tengah, sementara pada desain tangga heliks bentuk desainnya berbentuk mengelilingi rongga.

Paham bedanya ya, cukup jelas.

Tangga spiral juga biasanya berbentuk bulat dan digunakan di interior dengan ruang terbatas karena membutuhkan lebih sedikit ruang daripada tangga linier tradisional.

Sementara itu, tangga heliks membutuhkan luas lantai yang lebih besar dan karenanya lebih cocok untuk menjadikan tangga sebagai focal point sebuah ruangan. Desain ini umumnya memiliki bentuk elips yang lebih lebar daripada versi spiral.

Dibuat dari baja terlipat dan diselesaikan dengan penutup plastik, struktur helicoidal ini membantu ruangan studio mengubah dupleks menjadi “ruang yang lebih cair”.

Posisi dan bentuk tangga spiral dipilih untuk membantu memaksimalkan ruang lantai di hunian, sementara hasil akhir yang cerah menciptakan kontras yang mencolok dengan beton terbuka di belakangnya.

Disini desain tangga putar ini terlihat dari luar rumah, tangga mengarah ke serangkaian kamar tidur dan dilengkapi dengan palet material kayu yang membentang di seluruh ruangan.

Bentuk tangga ini tertutup oleh dinding di tengah hunian, strukturnya memiliki tapak kayu ramping yang menyebar dari kolom tengah dan melengkapi lantai ‘tulang ikan’ di sekitarnya.

Terbuat dari beton bertulang dengan inti besi tersembunyi, ini dirancang dengan baik sebagai titik fokus rumah yang memiliki skema warna yang sebaliknya.

Posisi desain tangga modern berikut sengaja terlihat dari eksterior hunian, bentuk lengkung ditempatkan dengan latar belakang beton yang menarik perhatian pada kerumitan desainnya dan menambah kehangatan pada rumah.

Menyerupai bunga jika dilihat dari atas, bentuknya membantu menghemat ruang lantai sekaligus menyediakan akses ke ruangan pribadi di lantai paling atas.

Berliku ke atas melalui lubang melingkar yang menembus langit-langit beton bertesktur guratan papan, desain tangga putar minimalis ini membentuk pusat pahatan namun fungsional untuk rumah.

Bilah tipis dari kayu lapis dan gerbang pengaman bagi bayi atau anak kecil yang dapat dengan mudah dilepas dan menjadi penutup adalah fitur utama dari tangga silindris ini, yang terletak di apartemen yang telah direnovasi.

Bentuk desain tangga memutar, yang menghubungkan kamar tidur rumah dan ruang tamu, dirancang dengan meniadakan kolom, melayang sehingga memunculkan tangga ini seolah sebagai karya pahatan.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai contoh sepuluh macam desain tangga putar minimalis dan modern yang unik. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek Bandung untuk desain rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Huh?...

Exit mobile version