Bagaimana Cara Menyewa Jasa Desain Arsitek

Mengapa Anda membutuhkan jasa desain arsitek? Bagaimana cara menemukan jasa arsitek desain rumah yang cocok bagi Anda?

Jasa desain arsitek. Menyewa jasa seorang arsitek untuk proyek atau desain bangunan rumah tinggal Anda tidak sesederhana googling di internet dan pilih salah satu saja, pikirkan betapa pentingnya ia bagi rumah hunian atau bisnis Anda.

Bangunan dan ruangan tempat Anda dan keluarga akan tinggal sangat berkaitan dengan hal tadi, jadi sangat penting bagaimana rumah dan ruangan di dalamnya dirancang dan dibangun.

Itulah mengapa penting untuk memilih arsitek yang memiliki karakter desain sesuai dengan kebutuhan atau gaya desain yang Anda inginkan. Misalnya, gaya desain rumah minimalis modern, maka Anda bisa mencoba fokus pada arsitek yang khas dengan gaya desain tersebut. Atau lainnya, klasik, tropis, skandinavia dll.

Pertimbangan & serba serbi menyewa jasa desain arsitek

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika Anda akan mencari jasa arsitek desain rumah, simak beberapa info berikut ini.

Pertama, mengapa Anda membutuhkan jasa arsitek desain rumah?

Apakah Anda perlu menyewa seorang arsitek untuk mendesain rumah Anda?

Tergantung kepada apa yang Anda perlukan, jika Anda hanya menambah ruangan atau merubah fungsi tertentu pada bagian bangunan, yang kebetulan hanya membutuhkan pekerjaan kecil seperti pengecatan dan merubah lantai baru, Anda mungkin tidak memerlukannya.

Tetapi bila proyek rumah Anda ternyata skalanya lebih luas, dimana ada rencana pemindahan dinding, penambahan pintu atau jendela, memindahkan outlet listrik dan pemipaan air bersih/kotor, atau menata ulang ruangan, apalagi yang melibatkan perubahan dan perkuatan struktur, maka ini bisa menjadi pemicu kebutuhan. Apalagi jika Anda sedang membangun rumah baru, ini bisa menjadi keharusan (pada kota tertentu).

Bekerja sama dengan jasa arsitek bisa membantu Anda mendapatkan opsi dan saran pemecahan masalah yang kreatif, dimana jasa desain arsitek bisa membantu mendesainkan ruangan dan rumah Anda sesuai kebutuhan Anda.

Bagaimana cara saya menemukan jasa arsitek potensial?

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menemukan jasa arsitek yang cocok bagi Anda.

Pelajari bagaimana karakter desainnya

Lihatlah apakah arsitek tersebut mempunyai gaya desain yang umum ataukah spesialisasi pada suatu gaya desain tertentu? Bila kebetulan Anda menginginkan desain rumah yang berkarakter khusus maka ada baiknya Anda mencoba mensurvey jasa arsitek desain rumah yang mengkhususkan diri pada gaya desain tersebut, sebaliknya bila Anda tidak terlalu terpatok pada suatu gaya desain tertentu, maka Anda bebas memilih arsitek dengan karakter desain yang umum.

Tanyakan kenalan Anda

Selain Anda bisa mendapatkan rekomendasi nama-nama arsitek, Anda juga bisa mendengar seperti apa pengalaman mereka saat bekerja dengan arsitek tersebut. Jika Anda baru-baru ini mengunjungi sebuah tempat atau rumah, lalu menyukai tampilan dan nuansa ruang, itu mungkin merupakan indikator yang baik bahwa Anda harus mempertimbangkan untuk bekerja dengan desainer yang sama.

Tanyakan pengalaman mereka dengan jenis proyek Anda

Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda evaluasi. Jika kebutuhan desain Anda adalah restoran, misalnya, Anda harus memilih arsitek yang telah merancang beberapa restoran. Itu karena ada kebutuhan ruang, kebutuhan fungsional, dan kode yang khusus untuk restoran – jadi Anda ingin bekerja dengan seseorang yang sangat akrab dengan hal-hal itu.

Ruang perawatan kesehatan juga memiliki kebutuhan yang unik, sehingga memilih jasa desain arsitek yang telah merancang beberapa ruang perawatan kesehatan menjadi penting. Dan untuk ritel, Anda menginginkan seorang arsitek yang akrab dengan tren terbaru, harapan pelanggan, dan dapat memenuhi jadwal cepat yang dibutuhkan proyek ritel.

Apakah mungkin untuk menyewa seorang arsitek yang tidak berspesialisasi dalam jenis ruang yang dibutuhkan bisnis Anda? Ya. Mereka dapat melakukan penelitian dan mencari tahu, tetapi itu akan memakan waktu lebih lama dan tidak akan seefisien itu. Dan mereka mungkin tidak menyadari tren dan kekhawatiran industri.

Rekomendasi kami adalah memperlakukan faktor evaluasi ini sebagai yang paling penting. Mulai pencarian arsitek Anda dengan mengidentifikasi 2-3 arsitek yang berspesialisasi dalam jenis ruang apa pun yang Anda butuhkan, dan melanjutkan proses pemilihan Anda dari sana.

Tanyakan mengenai bagaimana proses desain dan waktu mereka

Bila Anda kebetulan sedang terburu-buru, maka Anda perlu mendiskusikan mengenai rentang waktu ini, berapa lama waktu yang kira-kira dibutuhkan mereka untuk mengerjakan proses desain dan menyelesaikannya. 

Memilih seorang arsitek mungkin tampak seperti banyak pekerjaan, dan itu pasti membutuhkan sedikit riset di pihak Anda. Tapi itu juga layak! Arsitektur adalah bagian seni, bagian ilmu pengetahuan, dan sangat penting bagi kualitas desain rumah atau bangunan Anda.

Bagaimanapun juga, ruang luar dan ruang dalam dari rumah atau bangunan Anda akan menjadi tempat Anda beraktifitas, bersantai, beristirahat, bekerja dan banyak lagi lainnya, sudah selayaknya Anda menginvestasikan tidak hanya biaya, tetapi juga waktu Anda pada proses perancangannya.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai informasi dan pertimbangan dalam bagaimana cara menyewa jasa desain arsitek. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, Jasa desain arsitek rumah di kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...
Exit mobile version