5 Cara Bagaimana Memilih Arsitek Jasa Desain Rumah Online

Panduan dan tips bagi Anda yang sedang mencari arsitek untuk jasa desain rumah online

Beberapa kriteria yang dapat membantu menemukan jasa desain rumah online yang memiliki visi yang sama dengan Anda sehingga akan membantu mewujudkan desain rumah impian yang lebih baik.

Arsitek jasa desain rumah online Anda

Mencari dan menemukan jasa arsitek yang cocok dalam membantu merancang bangunan rumah tinggal Anda sangat mungkin menjadi impian utama, tetapi dengan begitu banyak pilihan di luar sana, hal ini bisa jadi seolah seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami.

Pengetahuan dan keahlian seorang arsitek merupakan salah satu faktor terpenting untuk dipertimbangkan, tetapi arsitek yang tepat juga akan mampu menerjemahkan desain yang efektif ke dalam gaya pribadi Anda dan menjadi seseorang yang membuat Anda merasa nyaman bekerja dengannya.

Nah agar memudahkan Anda menemukan jasa desain arsitek yang ideal maka bisa mencoba menilik enam kriteria berikut, sebagai panduan mencari jasa desain rumah online yang cocok bagi proyek rumah Anda.

jasa desain rumah online

1. Buatlah ringkasan desain

Sebelum Anda mulai mencari arsitek, awalilah dengan membuat ringkasan desain, yang berisi mengenai pengarahan singkat dan gamblang, mengenai kebutuhan desain Andapada desain ini.

Hal ini sangat berguna karena seorang arsitek ingin tahu apa yang Anda cari sehingga mereka dapat mengetahui apakah mereka siap dan mampu menerima penugasan proyek tersebut.

Anda tidak perlu memiliki daftar semua yang ingin Anda atur, tetapi ide berikut akan berguna untuk mengarahkan arsitek ke arah yang benar, misalnya berupa kebutuhan sbb:

  • Jumlah kamar tidur
  • Jumlah kamar mandi
  • Gaya arsitektur yang Anda suka
  • Bahan yang Anda sukai
  • Jumlah dan kegiatan penguni
  • Data, ukuran lahan
  • Dll

2. Carilah referensi dari kenalan Anda

Salah satu cara termudah mencari jasa desain rumah online adalah melalui mesin pencari di internet, misalnya Google. Hasil pencarian yang ditampilkan akan biasanya akan menargetkan area lokal terlebih dahulu. Jika Anda menemukan yang Anda suka, maka Anda bisa coba mengontak mereka melalui kontak yang tersedia pada web mereka.

Seperti halnya siapa pun yang Anda pekerjakan untuk mengerjakan proyek Anda – baik itu desainer, pembangun, tukang kayu, dll – referensi atau rekomendasi dari orang yang Anda kenal dan percayai bisa menjadi tolok ukur yang baik. Tanyakan kepada keluarga dan teman Anda apakah diantara mereka ada yang pernah bekerja dengan arsitek tersebut.

Manfaat dari arsitek lokal juga berarti mereka terbiasa merancang rumah yang sesuai dengan kondisi setempat, memiliki pengetahuan akan bahan dan material yang berada di sekitaran kawasan tersebut, kenalan akan kontraktor pembangun lokal dll.

Setelah Anda menemukan kandidat yang dirasa cocok, maka Anda bisa coba menghubungi mereka, berkonsultasi dan mendiskusikan proyek Anda. Ini bisa menjadi bahan untuk mengukur mengenai kelayakan proyek rumah impian Anda, apakah realistis dan terjangkau.

3. Temukan Arsitek yang bisa bekerja sama dengan baik

Arsitek Anda akan menjadi orang yang Anda percayakan untuk merancang rumah Anda, dimana melibatkan investasi uang dan waktu. Anda harus dapat merasa yakin bahwa Anda dan mereka dapat nyaman berdiskusi tentang apapun.

4. Temukan arsitek yang memiliki pengalaman dengan proyek Anda

Ketika memilih seorang arsitek, lihatlah seperti apa rekam jejak mereka. Apakah karakter desain mereka sesuai dengan proyek rumah yang Anda inginkan? Bila ya, maka sudah hampir pasti bahwa arsitek tersebut sudah memiliki pengalaman, khususnya dengan tema desain rumah yang akan Anda bangun.

Misalnya, bila Anda menginginkan desain rumah minimalis modern, maka ada baiknya Anda berfokus pada arsitek yang selama ini berfokus pada desain rumah dengan gaya tersebut, sebaliknya hindari mencari arsitek minimalis untuk proyek desain rumah klasik, roman, gothic dll.

jasa desain rumah online

5. Temukan arsitek yang karya sebelumnya Anda kagumi

Saat ini, salah satu cara termudah dan tercepat untuk melihat karya arsitek sebelumnya adalah melalui situs web mereka.

Adalah hal yang sangat lazim bahwa pada website tersebut akan ada beberapa contoh hasil karya mereka. Ini akan memberi Anda indikasi tentang kualitas pekerjaan yang mereka hasilkan, gaya arsitektur yang mungkin menjadi spesialisasi mereka, bahan yang mereka kenal, dan sistem konstruksi yang biasa mereka gunakan.

Penting bagi Anda untuk menyukai pekerjaan mereka dan tahu bahwa mereka dapat memberikan gaya rumah yang Anda cari.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai 5 kriteria memilih jasa desain rumah online untuk mencari arsitek yang cocok merancang rumah impian Anda. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, Layanan arsitek untuk jasa desain rumah online seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...