Cara Membuat Ringkasan Kebutuhan Desain Untuk Jasa Arsitek Online

Bagaimana menyiapkan pengarahan berupa ringkasan desain untuk jasa arsitek online anda

Ringkasan Kebutuhan Desain jasa arsitek online

Ringkasan kebutuhan desain berisikan pengarahan singkat mengenai daftar kebutuhan dan keinginan Anda pada desain rumah yang akan dibangun

Referensi data dan informasi untuk jasa arsitek online yang akan digunakan sebagai acuan untuk mendesain rumah impian Anda

Ringkasan kebutuhan desain. Saat Anda menyewa jasa arsitek online untuk membantu mewujudkan proyek rumah Anda, maka pada tahap awal rancangan arsitek perlu mengetahui seperti apa desain rumah yang Anda butuhkan dan inginkan.

Data ini akan diperiksa, dianalisa dan diolah menjadi desain rancangan. Ini juga akan menjadi bahan bagi arsitek untuk mempersiapkan apa-apa saja yang diperlukan untuk melaksanakan rancangan.

Ringkasan Kebutuhan Desain jasa arsitek online
Ilustrasi: ringkasan Kebutuhan Desain jasa arsitek rumah online

Ringkasan kebutuhan desain jasa arsitek online

Secara gamblang, proses untuk membuat daftar kebutuhan desain berlangsung singkat dan sederhana.

Arsitek akan meminta Anda untuk memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan langsung, diantaranya mungkin seperti:

  • Mau berapa lantai?
  • Berapa banyak kamar tidur yang Anda inginkan?
  • Berapa anggaran Anda?
  • Apakah ada anak (atau rencana untuk anak) atau keluarga besar yang perlu Anda pertimbangkan?
  • Dll, tergantung proyek.

Proses membuat ringkasan kebutuhan desain adalah sebuah perjalanan, dan harus menjadi kolaborasi antara Anda dan arsitek Anda.

Pada postingan kali ini, kita akan menjelajahi tiga langkah penting dari proses pengarahan yang dapat membantu saat Anda bekerja dengan seorang arsitek untuk mendesain rumah Anda berikutnya.

Berbicara dengan arsitek (jasa arsitek online) Anda

Arsitek Anda akan senang berdiskusi bersama Anda untuk bertukar pikiran dan mengenal Anda lebih baik.

Tujuan dari langkah ini adalah untuk menanyakan jenis pertanyaan yang sulit ditemukan dalam kuesioner, tetapi cenderung muncul secara alami dalam percakapan. Sebagai contoh:

  • Jam berapa keluarga Anda biasanya bangun dan mulai beraktifitas?
  • Apakah Anda suka sarapan bersama?
  • Apakah Anda sering mengundang teman atau tamu untuk suatu acara bersama?
  • Apakah Anda senang atau hobi memasak?
  • Apakah Anda ingin kamar tidur utama Anda terasa terpencil, atau terhubung dengan bagian rumah lainnya?
  • Apakah Anda lebih suka ada kontak visual atau suara ke anak-anak Anda di sekitar rumah (atau tidak!)?

Mendengarkan jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini membantu arsitek (jasa arsitek online) Anda untuk memahami gaya hidup (karakter), visi, dan kebutuhan Anda untuk proyek tersebut.

Konsultasikan dan diskusikan hal yang harus ada dan yang masih bisa dinegosiasikan atau dikompromikan pada Ringkasan kebutuhan desain Anda

Setelah Anda dan arsitek Anda mencapai konsep yang sama tentang ringkasan kebutuhan desain, maka arsitek akan membantu Anda menyusun prioritas untuk rumah baru tersebut.


Misalnya, apa yang lebih penting bagi Anda: memiliki dapur besar, atau ruang tamu yang luas? Atau Anda ingin dapur Anda menyatu dengan ruang tamu Anda? Apakah Anda suka hal-hal di atas kepala? Atau rendah?

Sederhananya, apa yang tidak bisa dinegosiasikan?

Menetapkan prioritas untuk rumah Anda lebih awal daripada nanti akan menghemat banyak waktu, uang, dan meningkatkan efektifitas bagi Anda dan arsitek Anda di kemudian hari.

Berpikir mengenai hal-hal yang tidak berwujud secara fisik pada ringkasan kebutuhan desain

Selain hal-hal pragmatis dan terukur, apakah ada hal-hal lain yang Anda inginkan untuk rumah Anda? 

  • Bagaimana Anda ingin rumah Anda terasa? Haruskah itu megah, unik atau rendah hati?
  • Apakah Anda memiliki gaya estetika pribadi?
  • Apakah ada kenangan tempat atau waktu yang ingin Anda rujuk di rumah Anda? 
  • Apakah ada sesuatu atau seseorang yang secara khusus menginspirasi Anda?

Some clients work well with words, others with images. If you are a visual person, a moodboard of images can be useful. Pinterest can be a great tool for this. If using images, it’s valuable to identify why that image resonates with you. Think about:

Beberapa klien ada yang bisa dengan baik mengungkapkan sesuatu atau keinginannya melalui perkataan, sebaliknya ada pula yang lebih baik mengungkapkannya dengan gambar. Jika karakter diri Anda adalah orang visual, maka guratan yang Anda gambarkan pada kertas akan sangat berguna. 

Jika menggunakan gambar adalah hal penting untuk mengidentifikasi mengapa gambar itu sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda bisa mencoba beberapa hal berikut:

  • Apa yang Anda suka tentang mereka?
  • Bagaimana mereka mewakili maksud Anda?
  • Mengapa mereka bisa membangkitkan suasana hati Anda?

Arsitek akan berusaha memahami apa yang gambar tersebut wakili bagi Anda, dan bagaimana mereka bisa selaras dengan suara hati Anda.

Setiap klien tentu berbeda, sebagian ada yang memiliki lebih banyak data dan informasi yang bisa dibagikan kepada arsiteknya, sedangkan yang lain mungkin tidak – karena memang data yang adapun sangat terbatas, dll. Walau begitu, arsitek pasti selalu berusaha mengajak semua kliennya untuk memperluas pengarahan Anda diluar fakta yang konkret.

Misalnya: bangunan rumah tinggal dengan desain minimalis yang memiliki pemandangan ke arah lembah perkotaan atau hutan mungkin merupakan pemandangan yang indah, tetapi bagaimana perasaan Anda? Arsitek (jasa arsitek online) Anda sangat mungkin ingin mengetahui mengapa itu menginspirasi Anda, sehingga dapat melakukan yang terbaik untuk menciptakan kembali perasaan tersebut pada desain baru ini, yang dirancang khusus untuk rumah idaman Anda.

Ringkasan Kebutuhan Desain jasa desain arsitek online
Ilustrasi: ringkasan Kebutuhan Desain jasa desain arsitek online

Kesimpulan ringkasan kebutuhan desain

Pengarahan yang berupa ringkasan kebutuhan desain bisa membantu arsitek (jasa arsitek online) untuk memahami Anda dan apa yang ingin Anda capai pada bangunan ini.

Beberapa pertanyaan yang diajukan arsitek pada ringkasan desain seperti anggaran, kebutuhan ruang, aktivitas dll bisa membantu arsitek Anda dalam menentukan batasan desain yang bisa dirancang. Arsitek hampir pasti akan selalu tertarik pada peluang kreatif untuk proyek Anda, yang dapat muncul dari ringkasan desain ini, juga dari diskusi dan konsultasi yang dilakukan.

Sebagai klien, penting untuk mempersiapkan proses pengarahan dalam tiga cara:

  • Bersiaplah untuk diskusi atau wawancara terbuka yang luas dimana arsitek akan mencoba mengetahui banyak hal tentang diri Anda, keluarga, hobi, kegiatan, peliharaan dll.
  • Bersiaplah untuk mendiskusikan bagian yang dapat dinegosiasikan dan yang tidak dapat dinegosiasikan dari ringkasan kebutuhan desain Anda.
  • Bersiaplah untuk mengurangi/memangkas, lalu menggali lagi lebih dalam mengenai kumpulan inspirasi Anda sehingga mereka bisa lebih jelas memberikan gambaran mengenai preferensi dan selera Anda kepada arsitek Anda dan timnya.

Yang terpenting adalah pikirkan mengenai ‘mengapa’ pada proyek ini.

  • Mengapa Anda membuat rumah ini, atau melakukan renovasi ini?
  • Bagaimana hal ini terkait dengan cara hidup Anda?
  • Apakah untuk mencari tempat berlindung yang lebih tenang dan tenteram?
  • Apakah ini tentang menciptakan ruang yang fleksibel untuk terhubung dengan orang-orang dan mendorong interaksi tertentu?
  • Apakah ini tentang menjalani gaya hidup sederhana, bersentuhan dengan alam? Atau gaya hidup tertentu lainnya?
  • Apakah untuk menjauh dari kehidupan sehari-hari ke titik di mana Anda menginginkan resor untuk rumah?

Sering klien datang kepada arsitek dengan satu set ide yang dibuat berdasarkan ‘mengapa’ tersebut, tetapi yang disampaikannya adalah satu set ide yang sudah jadi, sedangkan ‘mengapa’ nya tidak disampaikan.

Sehingga akhirnya arsitek mempertanyakan ide yang sudah ditetapkan ini tanpa mengetahui atau merasakan asal usul perasaan awalnya. Arsitek akan senang bila bisa berdiskusi lebih dalam mengenai perasaan awal ini, arsitek akan senang mendengar mengenai ‘mengapa’ tersebut, dan jika Anda kebetulan memiliki beberapa solusi untuk ‘mengapa’ ini, adalah titik awal yang bagus, dan jika tidak, mungkin arsitek dapat membantu memandu Anda ke sana.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai Ringkasan kebutuhan desain untuk jasa arsitek online anda. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa arsitek online seluruh Indonesia.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *