Cara Membuat Ringkasan Desain untuk Kebutuhan Jasa Arsitek

Ringkasan Desain untuk Jasa Arsitek Kota Bandung dan Kota Lainnya di Indonesia

Ringkasan desain yang baik dan mudah dimengerti bisa menjadi kunci keberhasilan jasa arsitek rumah Anda dalam mendesain rumah impian Anda

Jasa arsitek Kota Bandung. Anda mungkin sudah berhasil mendapatkan arsitek yang dirasakan cocok dan tepat bagi Anda, namun tanpa ringkasan desain yang baik, masalah dapat muncul. Panduan ini akan membantu Anda membuat ringkasan desain singkat bagi arsitek Anda agar mereka bisa merancang desain rumah impian Anda sebaik mungkin.

Layanan profesional jasa desain rumah dari arsitek (jasa arsitek online maupun tatap muka) dapat sangat berharga dalam meningkatkan peluang keberhasilan proyek. Sering terjadi bahwa menemukan jasa arsitek yang tepat akan membuat perbedaan antara hasil akhir yang ‘biasa-biasa saja’ dengan desain rumah yang benar-benar bisa bersinar.

Arsitek Anda akan berusaha untuk memperhatikan detail kebutuhan Anda, mengukur bagaimana dan sebisa mungkin sebaik-baiknya menyesuaikan desain terhadap anggaran Anda dll.

Namun, menemukan arsitek yang tepat sebenarnya bisa dikatakan baru permulaan saja — karena tanpa arahan desain yang baik dari Anda (sang klien), maka arsitek akan seolah menjadi bermain tebak-tebakan akan apa yang Anda inginkan dan capai pada desain rumah Anda ini.

Ringkasan desain berisikan berbagai kebutuhan dan keinginan Anda

Ringkasan desain yang tidak jelas dan tidak direncanakan dengan baik dapat mengakibatkan segala macam masalah, mulai dari pengeluaran yang berlebihan hingga proyek yang memakan waktu jauh lebih lama dari yang seharusnya.

Karena alasan inilah Anda harus mulai mengembangkan ringkasan desain bahkan sebelum membuat keputusan akhir tentang arsitek yang ingin Anda ajak bekerja sama — memiliki gagasan yang kuat tentang apa yang ingin Anda capai akan berdampak pada jasa arsitek yang Anda pilih.

Sama seperti di atas, ini berlaku untuk jasa arsitek Kota Bandung dan kota besar lainnya (jasa desain rumah online maupun tatap muka)

Apa yang Harus Disertakan dalam Ringkasan Desain untuk Arsitek Anda

Hal pertama yang pertama, penting untuk diingat bahwa ide awal yang Anda berikan kepada arsitek Anda tidak perlu konkret – dikarenakan, inti dari menggunakan layanan jasa arsitek adalah dengan harapan bahwa mereka dapat membantu Anda dengan ide, gagasan dan inspirasi terhadap desain Anda, dan karena itu membantu membentuk visi Anda untuk desain rumah ini.

Namun, yang penting adalah Anda dapat mengkomunikasikan prioritas Anda dan apa yang Anda harapkan dari proyek yang sudah selesai.

Sertakan banyak informasi visual dalam ringkasan desain Anda, seperti contoh warna dan gambar dari majalah atau brosur dll.

Untuk alasan ini, maka akan sangat membantu bila Anda dapat memasukkan detail berikut dalam ringkasan desain Anda:

  • Alasan Anda untuk membangun/memperluas atau merenovasi. Mungkin untuk menciptakan rumah seumur hidup yang akan membawa Anda dengan nyaman ke hari tua, mungkin ekstensi Anda adalah untuk menyediakan ruang makan dapur yang lebih besar atau Anda ingin merombak untuk memanfaatkan pemandangan luar di sekitar rumah yang menakjubkan.
  • Ukuran rumah yang Anda inginkan, termasuk berapa banyak kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu yang Anda butuhkan.
  • Bagaimana Anda ingin rumah itu bermanfaat bagi gaya hidup Anda — apakah Anda, misalnya, membutuhkan pekerjaan dari ruang rumah, ruang bermain, ruang penyimpanan untuk sepatu bot berlumpur atau tempat tidur hewan peliharaan, kamar tidur di lantai bawah dan kamar mandi untuk kerabat lanjut usia?
  • Siapa yang akan tinggal di rumah itu? Berapa banyak penghuni, usia mereka, dan seberapa sering Anda mengharapkan tamu adalah faktor penting, karena saat ini mulai menjamur gaya hidup pemilik bangunan yang tidak menginginkan ruang tamu, dikarenakan lebih memilih bertemu di luar, sederhana, tidak repot dll.
  • Fitur yang harus dimiliki, lemari makan, pantry, ruang untuk kompor, garasi, koneksi yang solid ke luar ruangan, ruang kerja, studio dll.
  • Fitur hemat energi apa pun yang ingin Anda sertakan — seberapa jauh Anda ingin mewujudkan rumah yang berkelanjutan?
  • Anggaran Anda dan berapa banyak alokasi yang ingin Anda anggarkan ke setiap area proyek — misalnya, apakah Anda lebih memilih desain rumah yang menggunakan berbagai teknologi terbaru ataukah sebuah dapur kelas atas elegan dll?

Sampaikan kepada arsitek Anda tentang kondisi perencanaan apa pun yang mungkin sudah ada dalam benak Anda sejak dulu.

Komunikasikan dengan tepat bagaimana Anda ingin rumah baru Anda berfungsi.

Gunakan Gambar dalam Ringkasan Desain Anda

Pepatah lama, ‘sebuah gambar melukiskan ribuan kata’ benar-benar terdengar benar dalam hal membuat brief untuk arsitek Anda.

Meskipun semuanya baik dan bagus dengan ringkasan desain atau daftar suka dan tidak suka ini, arsitek Anda tetap saja tidak dapat membaca pikiran manusia seperti cenayang, itulah sebabnya tetap memberikan informasi visual tentang apa yang ingin Anda capai sangat penting.

Ambil potongan dari majalah, gunakan situs web di internet, foto detail dari tempat dan rumah yang Anda kunjungi, contoh warna — apa pun yang membantu membangun gagasan yang jelas dan ringkas tentang bagaimana Anda ingin desain rumah ini terbentuk.

Prioritaskan Daftar Keinginan Anda

Apabila Anda memiliki anggaran yang terbatas, maka sudah hampir pasti Anda perlu mengatur dan memberitahukan sedemikian rupa mengenai apa yang harus dimiliki dan apa yang sebagai opsional, prioritas utama, kedua, ketiga dst.

Sebagai contoh, jika Anda bertujuan untuk menambah kamar tidur tambahan, atau Anda sangat membutuhkan ruang utilitas atau ruang belajar dll, maka hal-hal tersebut yang harus menjadi daftar teratas Anda.

Periksalah dan pertimbangkan fitur dan area tertentu yang bisa berpotensi atau bila perlu dikorbankan, atau setidaknya cobalah menemukan solusi alternatif lainnya jika terpaksa.

Jujur Tentang Anggaran Anda

Jangan biarkan proyek desain rumah impian Anda beresiko macet hanya karena Anda belum merencanakan atau mengomunikasikan keuangan Anda dengan baik.

Setelah Anda mengetahui berapa biaya pembangunan yang dapat dimaksimalkan, maka beritahukan kepada arsitek Anda. Toh sama sekali tidak ada gunanya membiarkan arsitek Anda membuat desain rumah yang berada di luar kemampuan Anda — itu membuang-buang waktu mereka dan waktu Anda. Sungguh tidak bijaksana.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai bagaimana cara membuat ringkasan desain bagi layanan jasa arsitek Kota Bandung dan kota-kota lainnya, baik itu berupa layanan jasa arsitek online maupun tatap muka. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua ☺️

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, Jasa arsitek di kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...
Exit mobile version