Cara Membuat Ruangan Gelap di Rumah Menjadi Lebih Terang

Tips dan trik bagaimana menjadikan ruangan di dalam rumah menjadi lebih terang oleh cahaya alami

Rumah menjadi lebih terang

Sebuah rumah yang cukup mendapatkan penerangan alami akan membuat rumah menjadi lebih terang dan bisa membuat perbedaan bagaimana sebuah ruangan akan terasa dan berfungsi.

Manfaat cahaya alami masuk ke dalam ruangan

Berikut ini beberapa manfaat dari cahaya alami yang bisa kita nikmati.

  • Bisa menjadi penguat suasana hati.
  • Memberikan efek untuk membantu produksi hormon bahagia – Serotonin.
  • Membantu tubuh kita memproduksi vitamin D, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah depresi.

Sehingga tidak heran kalau kita semua secara naluriah ingin agar rumah kita bisa dibanjiri cahaya.

Walau begitu, desain rumah kita tidak selalu bisa memaksimalkan cahaya alami ini, keberadaan bangunan dan pohon di sekitar rumah, jendela yang kecil bahkan arah hadap bangunan bisa mempengaruhi kualitas terang gelap cahaya yang kita dapatkan dan nikmati.

Bagaimana cara menerangi ruangan gelap di rumah dengan cahaya alami

Jika kita ingin menghadirkan lebih banyak cahaya alami ke dalam rumah, ada beberapa trik sederhana yang dapat Anda gunakan, beberapa cara cerdas untuk membuat ruang dalam rumah menjadi lebih terang, terasa menjadi lebih cerah tanpa harus melakukan renovasi besar-besaran.

Pilih skema warna ruangan yang tepat

Dekorasi dengan penggunaan warna yang lebih terang dapat memberikan dampak besar pada seberapa ringan ruang dalam akan terasa. Selain dapat menciptakan kesan ruang di dalam rumah yang lebih cerah, penggunaan warna terang atau muda pada dinding juga akan membantu menciptakan kesan ruangan yang lebih terbuka dan lapang.

Trik pintar lainnya adalah dengan menggunakan cat yang memantulkan cahaya. Jenis cat seperti ini dirancang untuk memantulkan lebih banyak cahaya daripada cat biasa, tetapi dengan tetap memiliki hasil akhir matte (dove). 

Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk digunakan di area kamar dan area yang menghadap ke utara yang memang mendapatkan lebih sedikit cahaya alami.

rumah menjadi lebih terang
Gunakan banyak kaca

Dalam hal memaksimalkan cahaya alami di rumah, sudah jelas kaca adalah teman terbaik kita. Material kaca memungkinkan cahaya dapat bergerak lurus melaluinya, membuatnya sempurna untuk bukaan pada ruang gelap dan membantu rumah menjadi lebih terang.

Jendela adalah pilihan tepat untuk dipilih jika kita menginginkan menambah kaca di rumah kita. Panel besar dengan bingkai minimalis akan bisa meningkatkan tingkat banyaknya cahaya yang dapat masuk, dan juga secara estetika bisa menciptakan efek yang mengaburkan batas antara dalam dan luar ruangan.

rumah menjadi lebih terang
Gunakan cermin untuk memantulkan cahaya

Kita dapat memaksimalkan asupan cahaya yang ada di rumah dengan menggunakan permukaan reflektif untuk memantulkannya. Ini adalah cara cepat dan mudah untuk membuat rumah menjadi lebih terang dan ruangan terasa lebih besar dan cerah.

Cermin dinding adalah pilihan bagus untuk memantulkan cahaya. Posisikan mereka di seberang sumber cahaya alami agar bisa memantulkan sebanyak mungkin cahaya masuk ke dalam ruangan. Kita mungkin perlu bereksperimen untuk menemukan posisi cermin yang ideal, jadi jangan langsung memaku ke dinding.

Kita juga dapat menggunakan cermin dan pelapis logam pada furnitur dan aksesori untuk membantu mendistribusikan cahaya. Pertimbangkan juga untuk menggunakan cat high-gloss pada kayu untuk memantulkan cahaya matahari dan mencerahkan ruangan dalam ini.

Gunakan tirai tipis

Tirai tebal, tebal, atau gelap berfungsi dengan baik untuk menahan panas, tetapi juga cenderung menghalangi cahaya – terutama jika menutupi sebagian besar jendela bahkan saat terbuka.

Memilih gorden dan kerai berwarna terang akan segera mencerahkan ruangan, dan jika Anda memilih bahan tembus pandang, maka Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari cahaya alami saat ditutup. Anda juga tidak harus merasa seperti sedang dipamerkan ke publik; kaca film dan voile berperekat buram keduanya merupakan pilihan bagus untuk menyeimbangkan antara cahaya dan privasi.

rumah menjadi lebih terang
Gunakan desain ruang yang terbuka

Ruang terbuka telah menjadi tren pada desain rumah yang populer untuk sekarang, dan dari perspektif cahaya alami, tidak sulit untuk mengetahui alasannya.

Sesuai sifatnya, ruang dalam yang lebih besar memungkinkan Anda memasang jendela yang lebih besar, pintu teras, atau pintu bifold. Ruang terbuka juga cenderung memiliki lebih dari satu dinding eksternal, yang memungkinkan Anda untuk menambahkan jendela di lebih dari satu aspek.

Akhirnya, ruang terbuka membuat lebih mudah untuk menciptakan aliran antara ruang dalam dan luar ruangan Anda. Menggunakan pintu bifold atau jendela besar untuk menciptakan pemandangan taman akan membantu membanjiri ruangan Anda dengan cahaya alami sepanjang tahun.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai cara menjadikan ruangan di dalam rumah yang gelap agar bisa menjadi lebih terang dengan penerimaan cahaya alami. Semoga bisa memberikan pencerahan dan berguna bagi kita semua ☺️

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa desain rumah Bandung.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *