Bagaimana cara memilih jasa desain arsitek yang tepat untuk Anda

Panduan dan informasi tentang bagaimana cara memilih jasa desain arsitek

Apa saja yang perlu Anda ketahui saat akan menyewa jasa arsitek untuk mendesain rumah impian Anda

Bagi Anda yang berencana untuk memiliki hunian rumah kustom (pribadi) maka salah satu langkah pertama dalam merancang dan membangunnya adalah memilih jasa desain arsitek yang sesuai bagi kebutuhan Anda.

Menyewa atau bekerja sama dengan seorang arsitek sejak awal menambah nilai terbesar untuk proyek Anda dan membuat proyek Anda sukses. Seorang arsitek dapat memandu Anda melalui sisa proyek, membantu menciptakan desain yang memenuhi tujuan dan sasaran Anda, dan juga bertindak sebagai teman diskusi Anda.

Postingan kali ini akan mencoba membahas secara sederhana mengenai panduan dan info pertimbangan yang dapat Anda pergunakan untuk memilih jasa desain arsitek yang cocok bagi Anda.

Anda bisa menggunakan panduan ini untuk menganalisis kualifikasi, karakter desain, keterampilan dan pengalaman dari kandidat jasa arsitek Anda. Tujuan Anda bukanlah untuk menemukan arsitek utama, tetapi untuk menemukan arsitek yang tepat untuk Anda dan tujuan proyek Anda sehingga bersama-sama Anda dapat membuat proyek sebaik mungkin.

Tentukan tujuan desain Anda

Cari jasa desain arsitek yang tepat

Biasakan diri Anda dengan setiap arsitek

Lakukan diskusi dan konsultasi

Pahami proses desain & biaya jasa arsitek mereka

Pilih arsitek yang tepat 

Tentukan tujuan desain Anda

Sebelum Anda mulai menyewa jasa desain arsitek, pastikan terlebih dahulu bahwa arsitek tersebut adalah seorang perancang bangunan profesional yang tepat untuk diajak bekerja sama. Karena ada banyak jenis orang yang dapat membantu Anda membuat rumah, tetapi hanya Anda yang dapat memutuskan mana yang terbaik.

Ada arsitek, juru gambar, pembangun (kontraktor), dan banyak orang di antaranya, termasuk anggota keluarga yang paham desain yang bersedia membantu Anda mendesain rumah Anda. Pahami perbedaan di antara mereka, pro dan kontra, serta risiko dan manfaat yang terkait dengan masing-masing orang tersebut.

Mulailah dengan menanyakan pada diri Anda sendiri mengenai apa tujuan desain Anda, dan siapa profesional desain terbaik untuk membantu Anda mencapai tujuan tersebut. 

Apa yang Anda butuhkan/inginkan bantuannya dalam proyek rumah impian Anda ini? Apakah itu eksplorasi desain dan desain unik atau cukup desain yang standar? Seperti apa desain rumah ini, apakah sebuah desain rumah mewah? Desain rumah tropis? Desain rumah minimalis modern? 

Seberapa besar penekanan yang Anda inginkan pada desain ini? Berapa banyak yang bersedia Anda bayar untuk biaya desain arsitek? Apakah Anda bersedia membelanjakan lebih banyak untuk nilai tambah dan risiko yang lebih kecil? dll.

Setelah Anda memahami apa yang diperlukan untuk proyek rumah ini, Anda akan lebih mudah dalam mengkonfirmasi jenis jasa desain arsitek untuk bekerja dengannya. 

Pilihan Anda dapat didasarkan pada kebutuhan, seperti memiliki lahan yang rumit, desain yang spesifik pada tema tertentu, atau preferensi pribadi? Seperti menginginkan desain yang unik, ingin menjelajahi berbagai ide desain, menginginkan profesional berlisensi untuk memandu Anda melalui seluruh proses dan mengadvokasi untuk Anda, atau hanya menginginkan ketelitian desain tertentu.

Berikut perbandingan sederhana antara arsitek dan juru gambar.
Arsitek

Seorang arsitek adalah seorang profesional desain berlisensi yang merencanakan, merancang, dan mengawasi tugas kompleks membangun sebuah bangunan.

Juru gambar

Seorang juru gambar tidak berlisensi. Dan meskipun mereka mungkin tahu banyak tentang merancang bangunan atau menggambar denah, mereka tidak memegang standar peraturan yang sama untuk memastikan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat, juga tidak diharuskan memiliki pendidikan dan pelatihan ekstensif seperti seorang arsitek. 

Untuk beberapa orang dalam beberapa keadaan, ini mungkin sangat dapat diterima. Tetapi bagi yang lain belum tentu, mereka lebih suka memiliki kepastian dan keyakinan bahwa mereka mendapatkan tingkat perhatian, keahlian, dan kepekaan desain tertentu yang diberikan oleh seorang profesional berlisensi.

Jadi, langkah pertama: putuskan apakah seorang arsitek adalah tipe profesional perancang bangunan yang tepat untuk Anda dan kebutuhan Anda.

Cari jasa desain arsitek yang tepat

Langkah Anda selanjutnya adalah mulai mencari jasa desain arsitek yang baik dan berkualitas.

Ada banyak tempat Anda dapat menemukan jasa arsitek. Hal termudah untuk dilakukan adalah pencarian internet. Anda dapat mencari arsitek umum atau arsitek profesional yang berspesialisasi dalam jenis atau gaya desain tertentu, misalnya jasa arsitek rumah minimalis modern dll.

Di Arginuring Arsitek sendiri selama ini mengkhususkan diri dalam desain minimalis modern, yang mengarah pada solusi desain yang bersih, fungsional, sederhana, efisien dan less maintenance.

Buat daftar pendek dari firma arsitektur yang menarik minat Anda dan kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya.

Biasakan diri Anda dengan setiap arsitek 

Kerjakan ‘pekerjaan rumah’ Anda dan kenali semua firma arsitektur yang Anda minati.

Tinjau situs web arsitek

Pelajari sebanyak mungkin tentang setiap arsitek atau firma arsitektur yang Anda minati. Tinjau lama pengalaman mereka, layanan mereka, filosofi mereka, dan pekerjaan mereka sebelumnya. 

Anda dapat memperoleh banyak informasi berharga tentang profil jasa desain arsitek mereka berdasarkan bagaimana mereka menggambarkan diri mereka di situs web tersebut.

Apakah mereka berkomunikasi dengan jelas? Kepribadian apa yang digambarkan situs web mereka? Apakah mereka menarik? Apa yang mereka sukai? Apa yang ingin mereka bagikan di situs web mereka?

Lakukan diskusi dan konsultasi

Setelah Anda mempelajari sebanyak mungkin tentang profil jasa desain arsitek mereka, hubungi mereka dan mulailah percakapan. Sebelum melakukannya, kumpulkan dan susun segala pemikiran, ide atau pertanyaan Anda tentang proyek ini sehingga Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dibicarakan dan tidak ada yang terlewati. 

Pastikan Anda dapat memberi mereka gambaran yang jelas, gamblang tentang proyek Anda, kebutuhan ruang, keinginan yang ada pada desain ini, situasi dan ukuran lahan, anggaran, waktu, gaya desain dll.

Pahami proses desain & biaya jasa arsitek mereka

Setiap arsitek hampir pasti memiliki proses dan cara pengerjaan proyek yang berbeda.

Proses desain

Apa jenis layanan yang mereka berikan? Minta mereka untuk memandu Anda melalui proses desain mereka. Apakah Anda ingin menyerahkan sepenuhnya desain kepada mereka (membiarkan mereka berkreasi dan Anda menilai layak tidaknya pengajuan mereka) ataukah Anda ingin ikut terlibat secara detil dalam proses desain? Untuk opsi yang kedua ini, Anda perlu berhati-hati juga, karena campur tangan yang terlalu jauh dan ketat bisa mematikan kreatifitas dari arsitek Anda. 

Biaya jasa desain arsitek

Ketika Anda berbicara dengan mereka, jangan lupa untuk berbicara tentang bagaimana biaya mereka ditentukan. Secara umum ada tiga:

  • Persentase, berdasarkan perkiraan nilai proyek keseluruhan atau berdasarkan rencana anggaran biaya (RAB).
  • Lumpsum (KBBI), uang yang dibayarkan sekaligus untuk semua biaya (transpor, uang makan, dan sebagainya).
  • Biaya/m2, biaya dihitung berdasarkan luasan desain yang terjadi.

Pada desain rumah tinggal, biasanya poin terakhir yang dipergunakan, biaya/m2.

Ketika Anda pertama kali memulai proses desain, Anda mungkin tidak mengetahui biaya konstruksi akhir yang akan digunakan sebagai indikator, itulah sebabnya mengapa jauh lebih penting untuk mendiskusikan dengan masing-masing kandidat bagaimana perhitungan biaya desainnya.

Luangkan waktu Anda untuk berdiskusi dengan mereka, bisa dengan berbagai perangkat lunak chat online, video call, video conference dll, dengan kemajuan teknologi terlebih lagi keamanan dari pandemi, diskusi online sudah menjadi hal yang lumrah, nyaman, aman dan fleksibel.

Berdiskusi dan berkonsultasi dengan mereka akan membantu Anda memutuskan apakah Anda akan memiliki hubungan yang produktif dengan arsitek Anda. Penting bagi Anda dan arsitek Anda untuk dapat berkomunikasi dengan jelas, terbuka, dan nyaman.

Pilih arsitek yang tepat

Setelah meneliti kandidat arsitek, mengenal masing-masing arsitek dan prosesnya, dan mempelajari semua yang Anda bisa tentang masing-masing arsitek, inilah saatnya untuk membuat keputusan. Dengan semua kerja keras ini di belakang Anda, Anda harus memiliki ide bagus tentang jasa desain arsitek mana yang menonjol dan beresonansi dengan Anda. 

Jika Anda kesulitan memutuskan dan enggan berkomitmen penuh, tanyakan kepada firma arsitektur apakah ada tawaran komitmen rendah untuk menguji coba. Studi Kelayakan adalah komitmen berbiaya rendah yang tidak hanya membantu Anda mengukur apakah mereka cocok, tetapi juga memberikan informasi berharga untuk memulai proyek desain Anda dengan langkah yang benar.

Studi Kelayakan akan menunjukkan kepada Anda apa yang mungkin dapat diakomodasi oleh lahan bangunan Anda dan menjawab pertanyaan kunci mengenai biaya rata-rata, lama waktu, dan kendala serta peluang, sehingga sepenuhnya mempersiapkan Anda untuk fase desain lebih lanjut.

Jauh lebih mudah untuk berkomitmen pada tahapan kecil seperti Studi Kelayakan daripada berkomitmen pada keseluruhan proyek, terutama jika Anda ragu apakah mereka cocok untuk Anda. 

Dengan terlibat dalam penawaran layanan yang lebih kecil di awal, Anda akan mempelajari etika kerja mereka, cara mereka berkomunikasi, dan kualitas layanan yang mereka berikan yang bisa menjadi indikator bagus tentang bagaimana mereka akan bekerja dengan Anda selama sisa proyek.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa setiap proyek desain adalah unik, desain rumah tinggal hampir selalu memiliki kebutuhan yang berbeda untuk setiap pemiliknya (Anda), selera Anda akan berbeda dari yang lain, tidak ada yang pernah sama persis.

Pasti ada tantangan pada setiap desain yang ada, ada masalah yang perlu ditangani dengan calon arsitek Anda. Langkah-langkah yang telah disampaikan pada tulisan di atas akan memberi Anda acuan referensi yang baik dan bisa membimbing Anda ke arah umum mengenai apa yang Anda lakukan dengan arsitek Anda dan mendapatkan hasil yang baik.

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai panduan bagaimana memilih jasa desain arsitek yang cocok untuk Anda, semoga bisa menjadi pencerahan untuk kita semua.

Lihat postingan lainnya:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa desain arsitek Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...
Exit mobile version