Pengertian Arsitektur Minimalis

Mengapa minimalis?

Pengertian Arsitektur Minimalis Modern

Apa itu arsitektur minimalis? Seperti apa konsep arsitektur minimalis?

Arsitektur minimalis modern

Apa itu arsitektur minimalis?

Pengertian arsitektur minimalis, gaya desain ini kadang-kadang disebut sebagai ‘minimalisme’, sebuah gaya yang bertujuan menggunakan elemen desain sederhana, tanpa ornamen atau dekorasi. 

Pendukung konsep arsitektur minimalis percaya bahwa memadatkan konten dan bentuk desain ke esensinya yang polos (jujur), mengungkapkan ‘esensi arsitektur’ yang sebenarnya.

Arsitektur minimalis muncul dari gerakan Kubisme yang terinspirasi dari De Stijl dan Bauhaus pada tahun 1920-an (Walter Gropius, Phillip Johnson, dan Le Corbusier). 

Arsitek seperti Ludwig Mies van der Rohe, berteori bahwa minimalis memberikan kekuatan maksimum untuk ruang arsitektur, “Less is More”. 

Mies, dikenal berusaha keras untuk memunculkan kesederhanaan dan kejelasan dalam desain arsitektur pasca-Perang Dunia I, dimana ia dan orang lain melucuti semua ornamen dan berbagai dekorasi arsitektur yang ada, sehingga memunculkan sebuah pernyataan yang terkenal yaitu “Ornamen adalah kejahatan”.

Tujuan arsitektur minimalis adalah untuk membuat sesuatu yang hebat hanya dari apa yang diperlukan. Anda dapat melihat perkembangan karya Mies saat ia mengasah keterampilan menggunakan bahan yang keras untuk mendesain ruang yang halus dan indah.

Pengertian Arsitektur Minimalis Modern
Contoh arsitektur minimalis modern

Seperti apa konsep arsitektur minimalis?

Ciri-ciri arsitektur minimalis

Kita dapat mengenali ciri-ciri umum pada tema arsitektur minimalis antara lain:

  • Bentuk geometris murni.
  • Sedikit atau tanpa hiasan atau ornamen.
  • Menggunakan bahan sederhana, terbatas dan polos, seperti baja, beton, batu atau kaca.
  • Komponen ortogonal yang efisien, rapi dan lurus.
  • Pengulangan untuk memberikan rasa keteraturan dan kesatuan elemen.
  • Sederhana, ruang terbuka, ruang hanya ditentukan oleh elemen bangunan atau furnitur planar
  • Garis-garisnya yang ‘Bersih’.
  • ‘Kejujuran Struktural’ atau mengekspos sistem struktural.

Karya Mies adalah salah satu yang benar-benar pertama kali dirancang dengan etos “Less is More”. 

Pengertian Arsitektur Minimalis Modern
Contoh arsitektur minimalis modern
Konsep pengertian arsitektur minimalis

Elemen sederhana

Filosofi Zen

Ala Skandinavia

Arsitektur hunian modern sering menyimpang dari pengertian arsitektur minimalis murni tersebut dan melakukan kompromi modern dan kustom pada desainnya, yang dikenal sebagai gaya ‘Transisi’. Namun, pengaruh minimalis tetap bisa kita temukan dalam segala hal mulai dari ponsel di saku kita hingga desain otomotif.

Gaya arsitektur minimalis mungkin tidak cocok untuk semua orang – dan tentu saja ini tidak masalah. Arsitektur rumah minimalis modern terkadang bisa dianggap dingin pada pandangan pertama. Tetapi jika dilakukan dengan benar, desain arsitektur rumah minimalis bisa menjadi ramah dan mengundang.

Elemen sederhana

Elemen desain yang sederhana, tanpa ornamen atau dekorasi, adalah bagian penting dari arsitektur minimalis modern. Memadatkan isi dan bentuk suatu objek ke tingkat yang paling dasar mengungkapkan apa yang benar-benar penting bagi sifat arsitektur minimalis modern.

Setelah arsitektur minimalis bangkit dari Kubisme De Stijl dan Bauhaus pada tahun 1920-an,  langkah selanjutnya, yang dilakukan oleh Mies adalah memimpin dari garis sudut Kubisme ke premis minimalis yang mengoptimalkan kekuatan ruang arsitektur.

Filosofi Zen

Banyak yang tidak menyadari bahwa sebelum pengaruh Kubisme muncul, sebelumnya dimulai oleh pengaruh kesederhanaan tradisional dari estetika Jepang dan filosofi Zen yang menyertainya. Kesederhanaan ini adalah cara bagi roh untuk mencapai kebebasan dan ketenangan batin. Hasilnya adalah refleksi dari Zen yang diinginkan ini dalam kehidupan pribadi mereka serta rumah dan kebun mereka.

Estetika Zen ini mulai berkuasa dalam kemegahan arsitektur barat pada awal abad ke-18 dan pengaruhnya perlahan merayap menembus masuk ke gaya arsitektur yang mendominasi saat itu (arus utama), secara halus mengubah arahnya dengan menemukan nilai di ruang kosong: tidak semuanya perlu di dekorasi.

Premis dasar prinsip-prinsip estetika Jepang berusaha untuk menemukan keindahan dalam keadaan alami objek – tanpa tujuan dekoratif, seperti dalam keadaan mereka. Menemukan nilai intrinsik dalam bentuk alam yang apa adanya, ada pada kita sebagai masyarakat, sebuah konsep yang seolah menerima begitu saja – dikenal sebagai, “wabi-sabi” dan fundamental bagi Minimalisme.

Fondasi kunci lain untuk Minimalisme adalah prinsip Jepang, “ma”, atau kekosongan. Ini membutuhkan ruang terbuka yang besar untuk memaksa kontemplasi keheningan dan kesederhanaan bentuk-bentuk esensial yang tersisa.

Desain minimalis didasarkan pada prinsip ketiga, “seijaku”, atau keheningan. Ini adalah keadaan meditasi yang dihidupkan oleh prinsip-prinsip desain.

Ketenangan didorong oleh estetika kesederhanaan. Jika ruang yang sibuk menciptakan pikiran yang sibuk, mudah untuk melihat bagaimana ruang yang bersih dan sederhana menciptakan kehidupan yang bebas dari kekacauan. Ini adalah dasar dari Minimalisme.

Pengertian Arsitektur Minimalis Modern
Contoh arsitektur minimalis modern
Ala Skandinavia

Arsitektur minimalis ala Skandinavia juga bergabung dengan eksplorasi desain sebagai cara untuk melunakkan beberapa aspek yang lebih kaku dari Minimalis yang terinspirasi Zen. 

Warna yang lebih lembut muncul dan mendominasi, juga bagaimana mendesain dengan mempertimbangkan “Hygge” (kenyamanan), efisiensi lingkungan – bangunan yang mempertimbangkan lingkungan – menjadi perhatian yang sangat besar, dan pola yang terang dan kontras memecah beberapa kekakuan elemen sudut yang keras.

Singkatnya, mereka membuat pengaruh Skandinavia pada arsitektur rumah minimalis menjadi lebih nyaman, mereka merancang arsitektur dan struktur untuk hidup minimal, menempatkan orang lebih di depan ruang daripada ruang menjadi satu-satunya fokus.

Dalam hal warna, putih masih mendominasi arsitektur minimalis Skandinavia, tetapi tetap ada tempat untuk warna dasar yang diredupkan atau bahkan warna pastel yang dikurangi. Warna-warna netral berpadu mulus dengan kayu alami, landasan dari setiap elemen yang terinspirasi dari Skandinavia.

Karena desain yang ramai atau berlebihan dibenci, maka begitu juga untuk furnitur yang tidak berguna. Jika ada meja, ada penyimpanan. Jika ada peti, gunakan itu. Bentuk memiliki fungsi. Fungsi memiliki bentuk. Ciptakan ruang minimalis dan ciptakan ruang yang bermanfaat.

Kecintaan Skandinavia terhadap alam bebas bukanlah rahasia. Arsitektur minimalis Skandinavia  membawa beberapa elemen alam bebas ke dalam desainnya. Kayu pirang polos dan batu alam merupakan bagian integral dari bangunan dengan gaya ini.

Tetapi fokus utama Arsitektur minimalis Skandinavia adalah kenyamanan atau “Hygge”. Keramik untuk teh dan kopi, selimut wol raksasa, kulit binatang alami, semuanya memberikan kehangatan pada ruang yang terinspirasi minimalis.

Terakhir, pencahayaan merupakan bagian integral. Sementara jendela merupakan pusat fitur ini, Skandinavia menghabiskan sebagian besar musim dingin dalam gelap. Lilin dan pencahayaan buatan yang hangat, berlapis, seperti lampu meja dan pencahayaan tugas membawa cahaya dan kehangatan ke rumah Skandinavia dan juga rumah dengan inspirasi minimal.

Elemen-elemen ini adalah dasar awal dan mendasar untuk minimalis karena minimalis menggunakan bentuk geometris dasar, warna yang harmonis, tekstur alami, pengaturan tata ruang terbuka, sentuhan akhir yang bersih, penggunaan jendela terintegrasi yang ekstensif, dan penggunaan ruang negatif.

Minimalis Modern
Contoh arsitektur minimalis modern

Akhir

Demikian untuk postingan kali ini mengenai pengertian arsitektur minimalis, semoga bisa menjadi pencerahan untuk kita semua.

Lihat postinga lainnya:

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah minimalis Bandung.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *