7 Alasan Mengapa Gaya Rumah Minimalis Tetap Disukai

Mengapa gaya desain rumah minimalis? Pengertian desain minimalis, Apa saja 7 alasannya? dan beberapa contohnya dari berbagai belahan penjuru dunia

Mengapa gaya desain rumah minimalis? 

Banyak orang menyukai gaya rumah minimalis yang sederhana, mengapa bisa begitu? Karena desain arsitektur minimalis kaya akan garis-garis yang bersih, geometris, tampilan yang lugas dan menjadikannya sederhana dengan keindahan dari bentuknya sendiri.

Gaya ini dicirikan oleh bahasa desainnya yang polos dan sederhana, dimana konsep desain ini menghindari atau membuang elemen dekoratif.

Pengertian minimalis secara umum, dalam arsitektur dan saat ini

Minimalisme secara umum

Istilah minimalisme sendiri sebenarnya bisa digunakan dalam beberapa konteks yang berbeda. Secara umum, ini menggambarkan pengurangan variasi warna dan bentuk, biasanya menggunakan warna primer atau bentuk primer geometris.

Pada saat yang sama, ada orientasi rasional yang terkait dengan ini, yaitu kecenderungan yang mengarah atau berkonsep fungsionalis.

Minimalisme dalam arsitektur

Dari segi desain arsitektur, Ludwig Mies van der Rohe membentuk arsitektur minimalisisme dengan pernyataannya “less is more” dan bangunan tereduksinya bercirikan bentuk-bentuk geometris. Paviliun Barcelona untuk Pameran Dunia 1929 adalah salah satu contoh paling terkenal dari karya Mies van der Rohe.

gaya rumah minimalis adalah gaya yang pada dasarnya dicirikan oleh bahasa desainnya yang sederhana dan penghindaran elemen dekoratif yang disengaja. Tujuannya adalah kemurnian bentuk, kesederhanaan dan geometri. Asal usul arsitektur minimalis terletak pada era minimalis 20-an dan masih menjadi dasar desain bagi banyak arsitek kontemporer saat ini.

Pada saat yang sama, desain minimalis menawarkan keamanan, memenuhi persyaratan bangunan yang berkelanjutan dan terjangkau.

Selain itu, bahan berkualitas tinggi hadir dengan gaya arsitektur ini: kaca, beton (ekspos), baja dan batu alam sering digunakan sebagai bahan bangunan. Warna yang digunakan seringkali terbatas pada putih, putih alami dan abu-abu. Efek cahaya alami sering dipromosikan untuk menonjolkan area yang sederhana, jelas, dan kosong dengan cara yang menarik.

Desain minimalis saat ini

Saat ini gaya arsitektur minimalis dapat ditemukan di banyak jenis bangunan – selain bangunan tempat tinggal dan villa yang elegan, terutama museum dan department store mewah yang mengandalkan minimalis agar lingkungan tidak mengalihkan perhatian dari pameran, tetapi pada saat yang sama bisa menawarkan latar belakang yang elegan.

Pada dasarnya, desain dan pemilihan bahan didasarkan pada tujuan bangunan, di mana minimalis hampir tidak dapat digabungkan dengan gaya lain.

Berikut 7 alasan mengapa gaya rumah minimalis tetap menjadi favorit

Desain minimalis sederhana itu indah

Rumah minimalis sederhana enak dipandang mata. Baik itu garis yang bersih, profil atap yang sederhana, atau tampilan yang lugas tanpa detail yang rewel, rumah minimalis dengan kesederhanaannya tetaplah elegan.

Desain minimalis sederhana itu jujur.

Ada kejujuran yang melekat pada desain rumah minimalis yang membuatnya dapat dipercaya. Sederhana, tidak ada trik, dan tidak ada yang disembunyikan. Segala sesuatu yang ada pada desainnya mempunyai tujuan (fungsi) dan memang disengaja. Bukan hanya untuk pamer saja, semua apa adanya.

Desain minimalis sederhana itu menyegarkan.

Ada sesuatu tentang rumah minimalis sederhana yang nyaman dan menyegarkan. Ini bisa kita rasakan dari pengolahan struktur bangunan yang sederhana, sehingga mereduksi bangunan menjadi elemen-elemen yang paling mendasar (dinding, atap, lantai, bukaan, struktur) dan konsep bangunan rumah yang paling awal (sebagai tempat untuk bernaung).

Ketika dunia kita menjadi semakin kompleks, gaya rumah minimalis yang sederhana adalah tempat bernaung yang ramah untuk berlindung dari kekacauan di sekeliling kita.

Desain minimalis sederhana tidak lekang oleh waktu.

Rumah minimalis sederhana mempunyai konsep desain yang menghindari dekorasi yang tidak bisa berumur panjang. Sebaliknya konsepnya sangat menyoroti elemen arsitektur yang paling mendasar (awal/polos/mentah), sebagai lawan dari dekorasi tambahan yang tidak perlu, sehingga tidak mudah rusak dan bisa menjadi abadi tahan lama.

Desain minimalis sederhana mudah dimengerti.

Desain minimalis sederhana sangat mudah. Denah lantai logis dan jelas. Bentuk bangunan persegi panjang dan murni. Profil atap sederhana. Bahan dan detail dibuat seminimal mungkin. Pikiran kita dengan mudah memahami rumah-rumah ini.

Desain minimalis yang sederhana sangat berpengaruh.

Dengan menghilangkan dekorasi yang mengganggu (menyamarkan), makna desain yang diinginkan menjadi lebih jelas terlihat dan dirasakan. Kita dengan mudah membaca dan memahami mengapa atap menjorok dengan cara tertentu di depan dan mengapa jendela tertentu terletak di tempatnya. 

Kita tidak lagi di bombardir dan terganggu dengan sajian dekorasi yang tidak penting dan desain yang rumit. Maksud desain keseluruhan bisa tampil kuat dan maknanya jauh lebih jelas. 

gaya rumah minimalis sederhana adalah bijaksana dan disengaja.

Desain minimalis sederhana memiliki potensi besar untuk terjangkau.

Jika dilakukan dengan cerdik, ada banyak peluang untuk merancang dan membangun rumah minimalis sederhana yang terjangkau, terutama dibandingkan dengan gaya tradisional atau gaya lainnya. 

Karakteristik desain minimalis seperti denah lantai terbuka, bentuk geometris murni, detail sederhana, dan jenis penggunaan atau penyelesaian material yang apa adanya bisa memberikan banyak peluang untuk menurunkan biaya konstruksi dan operasional.

Kesimpulan

Sederhana seolah terdengar mudah bagi kita, tetapi ingat bahwa dibalik semua itu ada banyak pertimbangan yang kita masukan ke dalam proses desain agar hasil akhirnya benar-benar bisa tampil elegan dan terlihat mudah.

Seperti yang pernah dikatakan Steve Jobs, “Dibutuhkan banyak kerja keras untuk membuat sesuatu yang sederhana, untuk benar-benar memahami tantangan yang mendasarinya dan menghasilkan solusi yang elegan.”

Hal tentang desain minimalis sederhana adalah bahwa mereka mewakili desain tunggal yang bersih, sederhana, yang mengungkapkan sangat sedikit tentang pekerjaan yang dilakukan di dalamnya. Hasil akhirnya terlihat mudah, tetapi dibutuhkan lebih banyak waktu atau usaha untuk mencapai hasil tersebut.

Beberapa contoh gaya rumah minimalis

Berikut beberapa contoh gaya desain rumah minimalis dari berbagai belahan pemjuru dunia.

Akhir

Demikian postingan mengenai 7 alasan mengapa gaya desain rumah minimalis tetap disukai. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua.

Lihat postinga lainnya:

Lihat wikipedia untuk less is more.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah minimalis Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...
Exit mobile version