Bagaimana Memilih Jasa Arsitek di Kota Bandung dan kota lainnya

Tips dan kriteria mencari jasa arsitek di Kota Bandung dan kota lainnya untuk kolaborasi yang sempurna

Mengapa membutuhkan jasa arsitek

Lahan impian untuk rumah impian

Jasa arsitek di Kota Bandung. Anda mungkin sedang menimbang perlu tidaknya menyewa jasa arsitek untuk membantu mendesain rumah Anda, ilustrasi sederhana di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

Anda sudah berusaha keras untuk mencari sebidang tanah yang cocok dan akhirnya berhasil mendapatkannya, dimana lahan ini adalah hasil pilihan dari berbagai keinginan khusus Anda atau keluarga Anda mengenai mengenai lokasi dan sekitarnya, pemandangan yang indah dan infrastruktur yang memadai dan segenap kriteria lainnya.

Tentu saja, Anda atau keluarga Anda tidak ingin membangun sembarang rumah di properti impian Anda, tetapi rumah individu (kustom) yang cocok untuk Anda.

Dari ilustrasi diatas kini Anda sudah bisa mendapatkan gambaran sederhana mengenai pemanfaatan jasa arsitek untuk desain rumah impian Anda.

jasa arsitek di kota Bandung
Arginuring Arsitek – jasa arsitek di kota Bandung : Ilustrasi arsitek

Kolaborasi jasa arsitek

Berkaitan dengan pembangunan rumah entah itu baru dari awal atau renovasi rumah yang sudah ada, jasa arsitek sangatlah penting. Arsitek dapat membantu mendesain rumah Anda dalam banyak hal, rekan diskusi, bertukar pikiran dan memberikan saran yang berguna.

Memilih seorang arsitek – lebih dari seorang juru gambar

Memilih arsitek lebih dari sekedar menemukan seseorang tukang gambar, yang hanya menggambar dan meletakkan spesifikasi Anda di atas kertas. Anda mencari seseorang dengan tim di belakangnya yang memiliki kemampuan merancang baik secara estetis dan teknis dalam hal perancangan bangunan.

Singkat kata, memilih arsitek juga berarti mempekerjakan sebuah tim, bukan hanya kapten. Sebuah tim desain yang terdiri dari arsitek, ahli struktur, tenaga penggambar teknis gambar kerja konstruksi, estimator (yang mampu menghitung rencana anggaran biaya bangunan Anda) dll.

Layanan jasa arsitek di Kota Bandung dan kota lainnya

Berbagai layanan yang ditawarkan arsitek saat ini jauh melampaui menggambar denah lantai. Biasanya, kolaborasi dimulai dengan diskusi awal, baik via telepon, email, chatting internet atau video conference dengan berbagai aplikasi yang tersedia.

Diskusi awal untuk desain rumah tinggal bersifat lebih santai dibandingkan pada proyek pemerintah, dimana Anda dan arsitek membahas kebutuhan awal Anda pada perancangan bangunan ini.

Pada pembicaraan selanjutnya maka pembahasan bisa lebih mengerucut, mengungkapkan lebih jauh mengenai ide dan keinginan yang mulai lebih dirinci, survey lapangan pun dilakukan (bila diperlukan) dll. 

Proses desain perancangan jasa arsitek

Setelah diskusi awal selesai dan Anda resmi menunjuk arsitek Anda, dan mereka pun telah menyatakan kesiapannya mengerjakan pekerjaan desain ini, maka akan berlanjut ke proses perancangan.

Proses perancangan ini bisa berbeda untuk setiap arsiteknya, terutama untuk desain rumah tinggal, yang lebih sederhana tidak seperti proyek pemerintah atau mega proyek yang sangat formal.

Proses perancangan antara lain:

  • Konsep
  • Skematik desain
  • Pembuatan gambar kerja konstruksi dan rincian
  • Pembuatan RAB

Jasa arsitek bisa menjadi investasi yang menguntungkan 

Pada awal pekerjaan biaya desain arsitek bisa tampak tinggi, namun investasi Anda ini bisa sangat bermanfaat, karena hasil rancangan dari arsitek dapat menjadi panduan bagi kontraktor sehingga bisa menghemat waktu dan biaya, serta meminimalisir masalah. 

Gambar rancangan dari arsitek bisa membantu kontraktor untuk menghindari kesalahan membangun atau cacat konstruksi akibat menebak-nebak bentuk bangunannya. Sehingga desain rancangan arsitek Anda bisa menjadi investasi jangka panjang yang murah dan menguntungkan secara keseluruhan.

jasa arsitek di kota Bandung
Arginuring Arsitek – jasa arsitek di kota Bandung : Ilustrasi arsitek

Dasar-dasar kolaborasi yang ideal

Prasyarat untuk setiap proyek yang sukses adalah kerja sama yang berfungsi dengan baik. Salah satunya bisa didasarkan pada dialog yang berkelanjutan. Arsitek tetap butuh memproses dan menganalisa data, sehingga semakin baik Anda mengetahui diri Anda sendiri dan semakin spesifik ide Anda, maka akan semakin baik pula kerja sama Anda dengan arsitek Anda.

  • Anda harus jelas terlebih dahulu mengenai ide dan harapan Anda, apa yang Anda inginkan dan yang tidak Anda inginkan.
  • Bersikaplah terbuka terhadap ide dan argumen arsitek Anda, berikan mereka selalu kesempatan untuk bebas berkreasi memberikan solusi desain bagi Anda. Hindari pembatasan yang mematikan atau mengunci desain sehingga menjadi terbatas dan tidak bisa berkembang.
  • Arsitek Anda bisa memberitahu atau mengajukan opsi terkini untuk usulan desain Anda. Bisa saja terdiri dari beberapa alternatif atau rekomendasi. Bila ini adalah hal yang memerlukan keputusan dari Anda, maka usahakanlah menimbang dengan matang dan berikan keputusan yang jelas dan hindari pemborosan waktu.

Kriteria menemukan jasa arsitek Anda

Kriteria ini bisa bermacam-macam sesuai kebutuhan dan keinginan individu, tetapi secara sederhana bisa kita coba sarikan dalam poin berikut.

Langkah 1: Tentukan kriteria pencarian Anda

Jika Anda ingin menemukan arsitek yang tepat untuk Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan kriteria yang paling penting untuk pencarian. Misalnya, arsitek Anda harus memiliki karakter desain yang sesuai dengan desain yang Anda inginkan untuk bangunan Anda (minimalis, modern, klasik, gothic dll), lokasi arsitek dll.

Bisa sangat bervariasi, tergantung kepada Anda. 


Arginuring Arsitek – jasa arsitek di Kota Bandung, sejak tahun 200 hingga kini


Langkah 2: Kumpulkan semua informasi penting

Anda bisa merambah internet, melihat website mereka, apakah arsitek tersebut memiliki spesialisasi pada bidang tertentu, tema desain yang biasa dikerjakan, contoh hasil karya, lama pengalaman referensi kontraktor untuk pekerjaan konstruksi nanti dll.

Langkah 3: Lingkaran pertemanan/rekomendasi kenalan Anda

Anda bisa mencoba bertanya kepada rekan dan kenalan Anda, mencari tahu arsitek yang bisa menjadi kandidat Anda. Hanya saja perlu Anda pahami pula bahwa jasa arsitek yang cocok dengan teman Anda belum tentu cocok dengan apa yang Anda butuhkan, entah itu dari karakter, jadwal waktu dll.

Pada akhirnya tetap Anda perlu melakukan survey dan pengumpulan data secara objektif.

Langkah 4: Konsultasi pertama

Anda tidak perlu ragu untuk menghubungi kandidat jasa arsitek Anda, konsultasi awal bisa dibangun dalam suasana diskusi santai, baik tatap muka maupun non tatap muka (internet dll).

Pada konsultasi awal ini, sebenarnya kedua belah pihak melakukan wawancara satu sama lain, bukan hanya satu arah Anda kepada arsitek Anda saja, tetapi juga sebaliknya. Anda mencari kecocokan dengan mereka, dan mereka pun mempelajari seperti apa penugasan desain yang akan Anda berikan, bagaimana kesiapan dan kesanggupan mereka terhadap permintaan Anda tersebut.

Perlu diingat bahwa proses perancangan akan berlangsung selama beberapa bulan atau lebih. Karena itu yakinkan bahwa Anda dan arsitek Anda memiliki kecocokan satu sama lain.

Langkah 5: Memulai desain perancangan

Setelah Anda memutuskan seorang arsitek setelah fase seleksi, Anda dapat segera memulai dengannya. Lakukanlah diskusi dengan arsitek Anda dan bila menemukan suatu masalah maka bahaslah bersama untuk mencari ide dan solusi baru.

Selalu arahkan pemikiran Anda untuk terbuka terhadap berbagai ide dan solusi yang muncul, bahas bersama dan setelahnya lakukan review/mengulas perkembangan desain dari ide dan gagasan tersebut.

jasa arsitek di kota Bandung
Arginuring Arsitek – jasa arsitek di kota Bandung : Ilustrasi arsitek

Kesimpulan

Anda sekarang tahu betapa pentingnya hubungan dengan arsitek Anda. Ini semua tentang memiliki hubungan yang harmonis, berpikiran terbuka, dan selalu bertujuan untuk melakukan perbaikan sampai didapatkan desain perancangan akhir yang dianggap mampu mewakili semua ekspektasi yang diinginkan.

Tanya jawab yang sering dan mungkin akan muncul

Kenapa harus pakai jasa arsitek? Apakah ini suatu keharusan/kewajiban?
Seperti pada postingan di atas, ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menyewa jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda. Harus tidaknya adalah kembali kepada kebutuhan Anda, berkaitan juga dengan peraturan bangunan di wilayah Anda.

Apakah Arginuring Arsitek melayani jasa arsitek untuk renovasi rumah?
Ya, Arginuring Arsitek melayani jasa desain rumah tinggal baik baru maupun renovasi/pengembangan.

Pada umumnya, apa saja yang termasuk jasa arsitektur?
Intinya adalah proses desain untuk perancangan bangunan, mendesain ruang luar dan ruang dalam pada gubahan massa bangunan tersebut dengan mengikuti kaidah desain arsitektur, dimana didalamnya membahas perancangan arsitektur, struktur, mekanikal, elektrikal dll.

Akhir

Demikian beberapa tips dan kriteria untuk memilih jasa arsitek Bandung dan kota lainnya yang cocok bagi Anda. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua.

Lihat postingan lainnya:

Lihat wikipedia untuk kolaborasi

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa arsitek di kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...