Keuntungan Mendesain Rumah Menggunakan Arsitek

Manfaat bekerja sama dengan arsitek untuk mendesain rumah Anda

Bisa menjadi investasi mendesain rumah yang menguntungkan

Bagi Anda yang berencana untuk mendesain rumah, renovasi atau perombakan bangunan maka bekerja sama dengan arsitek bisa menjadi investasi yang menguntungkan. Mengapa bisa begitu? Seperti apa persiapan dan prosesnya? Mari simak penjelasan berikut agar efektif dan yakin melangkah.

Arsitek

Apa yang membedakan arsitek dengan orang lain yang mendesain rumah adalah bahwa mereka telah mempelajari ilmu perancangan bangunan, menyelesaikan magang dan menyelesaikan pendidikan ilmu arsitekturnya. Semua ini bertujuan untuk memastikan arsitek memiliki keahlian dalam desain, material dan sistem bangunan lainnya.

Ilmu perancangan bangunan dalam arsitektur bertujuan menciptakan desain bangunan yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pemakai bangunannya (penghuni dll), dengan melalui tahapan desain. 

Prosesnya diawali dari pengumpulan data dan kebutuhan, analisa, penciptaan gagasan desain, pengembangan hingga akhirnya dituangkan dalam gambar kerja konstruksi, yang berisikan gambar desain rumah Anda, beserta rincian konstruksi, material, bahan dll.

Semuanya agar tercipta bangunan yang terencana dengan matang, bisa tampil estetis, mengurangi resiko kesalahan desain bangunan, kesalahan membangun, bongkaran yang tidak perlu dll. Sehingga pada akhirnya kita bisa menghemat dana dan waktu. Inilah yang dimaksudkan dengan investasi yang menguntungkan di paragraf pertama di atas.

mendesain rumah

Mengapa menyewa arsitek untuk mendesain rumah

Ini beberapa hal yang bisa membantu Anda mengindikasikan bahwa Anda butuh jasa arsitek.

Terencana sejak awal

Anda ingin mendesain rumah idaman yang terencana dan bisa memberi persetujuan atau penolakan atas desain tersebut

Anda tidak nyaman membuat pilihan bangunan sendiri

Mendesain rumah baru dari awal atau perombakan besar-besaran adalah proses intensif dan mahal yang mengharuskan Anda membuat banyak keputusan tentang hal-hal yang mungkin hanya sedikit Anda ketahui. 

Anda menginginkan teman atau konsultan yang bisa Anda ajak berdiskusi dan meminta saran atau masukan darinya

Arsitek bisa berfungsi sebagai konsultan yang membantu memudahkan atau meringankan proyek Anda, dan juga menjaga Anda agar selalu dalam koridor yang benar.

Arsitek dapat membantu Anda memberikan beberapa usulan dan pilihan, yang bisa membantu menghemat anggaran Anda.

Salah satu caranya adalah melalui rekayasa nilai, yaitu merancang cara untuk mendapatkan fitur yang Anda inginkan namun dengan biaya yang lebih rendah. Seorang arsitek mungkin menyarankan untuk mengganti bahan bangunan yang serupa tetapi lebih ekonomis untuk mendapatkan efek yang sama. 

Apa yang perlu Anda ketahui saat akan menyewa arsitek mendesain rumah

Karakter/segmentasi arsitek

Beberapa arsitek ada yang mengkhususkan diri pada segmen mendesain rumah tertentu (minimalis, klasik, tropis, sustainable environment dll), dan ada pula yang umum. Bila Anda menginginkan untuk mendesain rumah pada gaya arsitektur atau kebutuhan yang spesifik maka Anda bisa memprioritaskan arsitek yang mengkhususkan diri pada bidang tersebut.


Contohnya adalah Arginuring Arsitek, berfokus pada jasa desain rumah kustom bergaya minimalis modern. Bila Anda kebetulan menginginkan desain rumah yang serupa maka Anda bisa langsung menghubungi kami.


Anggaran yang perlu dipersiapkan

Saat Anda akan mendesain rumah baru atau renovasi yang bersifat signifikan, maka persiapkanlah anggaran untuk keperluan berikut:

  • Biaya jasa desain arsitek yang Anda sewa.
  • Biaya perizinan, pengurusan dll.
  • Biaya pembangunan konstruksi (kontraktor/pemborong).
  • Biaya cadangan pembangunan, anggarkan minimum 10% dari total biaya konstruksi yang disepakati (deal), lebih baik lagi bila bisa mencapai 20%.
mendesain rumah

Menemukan arsitek Anda

Untuk menemukan arsitek yang tepat untuk Anda, mau tidak mau Anda harus mengerjakan beberapa pekerjaan rumah (survey dll).

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa arsitek potensial, luangkan waktu untuk mengunjungi situs web mereka untuk melihat portofolio mereka dan mempelajari lebih lanjut tentang karakter dan filosofi desain mereka.

Informasi dari mulut ke mulut sering dikatakan sebagai cara terbaik untuk menemukan arsitek yang arsitek Anda, namun berhati-hatilah, arsitek pada proyek teman Anda bisa jadi belum tentu cocok untuk proyek Anda. Untuk mengetahuinya, Anda tetap harus melakukan diskusi dan wawancara.

Wawancara/diskusi awal: Apa yang Diharapkan

Kontak telepon, chatting internet, video conference, email dll bisa menjadi media wawancara Anda dengan arsitek Anda. Anda dan arsitek Anda akan saling mencari kecocokan satu sama lain, berkenaan jadwal waktu, karakter/filosofi desain yang Anda inginkan dan yang diusung oleh arsitek Anda.

Apa yang diperlukan saat diskusi awal?

Diskusi awal ini sifatnya adalah pembicaraan garis besar, biasanya mengenai:

  • Maksud dan tujuan.
  • Kebutuhan dan keinginan.
  • Kondisi lahan, ukuran lahan, luasan, arah lahan.
  • Foto contoh/referensi (bila ada).

Kecil kemungkinan Anda akan mendalami detail desain pada saat ini, tetapi visual akan membantu arsitek menentukan apakah mereka siap mengambil pekerjaan itu.

mendesain rumah
Apa yang harus ditanyakan saat akan mendesain rumah Anda

Sebenarnya apa saja silahkan, selama berhubungan dengan keperluan mendesain rumah Anda. Tapi bisa juga menanyakan hal berikut:

Apa filosofi desain Anda?

Anda seharusnya sudah memahami hal ini dari penelitian Anda, tetapi inilah kesempatan untuk berbicara lebih jauh tentang karakter desain arsitek Anda.

Bagaimana tahapan desain Anda?

Setiap arsitek bisa memiliki tahapan desain yang berbeda, yang terbentuk sebagai hasil adaptasi terhadap pengalaman selama ini atas berbagai proyek yang telah dikerjakan. Anda bisa menanyakan hal ini kepada arsitek Anda mengenai tahapan proses desain yang ada pada mereka.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses desain?

Biasanya arsitek sudah bisa memberikan perkiraan waktu yang diperlukan untuk melalui tahapan desain dan menyelesaikannya, namun itu pun bervariasi, tergantung kerumitan dan kepadatan pekerjaan arsitek Anda dll. Anda mungkin akan mendapatkan perkiraan yang berbeda untuk setiap arsitek.

Referensi contoh hasil karya

Bisakah arsitek memberikan referensi, terutama untuk proyek yang serupa dengan Anda? Bahkan dimungkinkan untuk melihat pekerjaan serupa yang telah mereka lakukan di rumah lain. Jika ya, manfaatkan kesempatan itu. 

Referensi kontraktor

Referensi kontraktor dari arsitek bisa menjadi salah satu tolok ukur bagi Anda dalam menilai arsitek Anda. Bila Anda sudah mempunyai kontraktor atau pemborong bangunan langganan tentu ini tidak masalah, tetapi sebaliknya bila Anda tidak memilikinya maka bisa mencoba meminta referensi dari arsitek Anda. 

Luangkan waktu Anda untuk menghubungi kontraktor tersebut dan menyempatkan diri untuk melihat hasil pekerjaan konstruksi mereka di lapangan. Seperti apa kualitas pekerjaan mereka, sejauh apa kemampuan mereka mengerjakan desain-desain rumah yang ada, pengalaman, jam terbang dll.


Arginuring Arsitek dalam hal ini memiliki referensi kontraktor dengan pengalaman lebih dari 26 tahun di bidang konstruksi rumah tinggal mewah hingga super mewah.


Lihat wikipedia untuk sustainable environment

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai keuntungan mendesain rumah menggunakan jasa arsitek. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua 🙂

Lihat postingan lainnya:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...