Jasa Desain Rumah Minimalis Modern Bandung dan 5 Karakter Desain Minimalis

Layanan jasa arsitek dan pembahasan mengenai 5 ciri karakter pada desain rumah minimalis modern

Layanan jasa arsitek

Desain rumah minimalis modern. Menyewa jasa arsitek berarti Anda memberikan tugas perancangan kepada seorang arsitek untuk menerjemahkan kebutuhan dan keinginan Anda pada desain bangunan rumah Anda.

Arginuring Arsitek

Arginuring Arsitek dalam proses desainnya melakukan pendekatan mengikuti kepada tahapan desain perancangan yang sesuai dengan ilmu arsitektur. Jadi bukan sekedar menggambar rumah saja, tetapi mendesain sebuah karya atau bangunan yang memiliki makna, baik bagi penghuni di dalamnya maupun secara estetika arsitektur.

Jasa desain rumah minimalis modern Bandung dan online seluruh Indonesia

Arginuring Arsitek mengkhususkan diri pada layanan jasa desain rumah minimalis Bandung, kustom (non proyek pemerintah dll). Untuk desain selain langgam tersebut maka perlu kami pelajari lebih lanjut, seperti apa desain yang dibutuhkan.

Bagi Anda yang berada di luar Bandung atau membutuhkan fleksibilitas non tatap muka, maka kami juga bisa melayani desain Anda secara online.

Proses desain perancangan
  • Proses desain diawali dengan diskusi dan konsultasi, dimana arsitek menggali berbagai informasi mengenai tujuan, maksud dan kebutuhan Anda.
  • Informasi (data awal, survey dll) tersebut di analisa, dan diolah menjadi rancangan berupa konsep, berisikan gagasan dan ide awal pra-rancangan. Disini akan dimulai proses pengembangan desain dan review (ulasan) antara Anda dengan kami. Berbagai penyesuaian dan koreksi akan dilakukan di tahap ini.
  • Setelah pra-rancangan tersebut mendapatkan persetujuan dan dinyatakan final, maka selanjutnya dibuatkan gambar kerja konstruksinya, berisikan gambar-gambar desain bangunan, detail, rincian teknis, material, bahan dll.
  • Setelah gambar kerja konstruksi selesai maka akan diserahterimakan kepada Anda selaku pemberi tugas (bowheer). Selanjutnya kontraktor Anda bisa menggunakan gambar tersebut untuk pengajuan dan penawaran harga, serta pelaksanaan konstruksi pembangunan.

Demikian informasi mengenai layanan jasa desain rumah minimalis modern dari Arginuring Arsitek. Selanjutnya kita akan membahas mengenai lima karakter yang mendasari konsep desain minimalis modern.

Desain rumah minimalis modern

Sederhana

Desain rumah minimalis modern dapat dicirikan dengan satu kata: sederhana. Sebuah pemikiran desain yang bertujuan mereduksi sebuah gubahan massa hingga ke bentuk, fungsi dan esensinya yang paling mendasar dan awal.

Tidak ada yang berlebihan, tidak ada yang ekstra, menghindari pemborosan dekorasi ini itu yang penuh hiasan semata, tapi tidak memiliki fungsi, tidak bisa menjadi sesuatu, dan tidak bisa digunakan.


Minimalis = Sederhana 


Konsep tersebut menjadikan tampilan desain minimalis lekat dengan permainan desain ruangan yang bersih dan lugas, sehingga memungkinkan kemudahan dan kenyamanan dalam tata letak furnitur ruangan serta penggunaan material bangunan, terutama pada penyelesaian (finishing) akhir.

Penyelesaian bangunan yang dibiarkan mentah (raw) apa adanya akan banyak kita dapati dalam bangunan bertemakan minimalis ini.

Hemat biaya

Kesederhanaan yang diusung dalam desain rumah minimalis modern ini memberikan dampak positif, yaitu menjadikannya desain rumah yang hemat biaya.

Penggunaan bahan sederhana yang dirancang secara cerdas bisa menghasilkan daya tarik visual dan memunculkan karakter desain bangunannya secara unik. Dengan berkonsentrasi kepada detail dan penyelesaian akhir, desain rumah minimalis bisa menghadirkan desain rumah yang elegan, bahkan mewah.


Sederhana bukan berarti tidak menarik


Ramah lingkungan

Desain rumah minimalis modern yang memanfaatkan lebih sedikit bahan material bangunan yang tidak perlu, maka akan mengurangi pemborosan. Semakin sedikit pemborosan maka akan semakin sedikit pula mencemari lingkungan sekitarnya. Pada jangka panjang ia akan mendukung konsep lingkungan yang berkelanjutan (sustainable environment). 

Filosofi desain dan cara hidup

Minimalisme telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun sebagai filosofi desain dan cara hidup.

Desain arsitektur minimalis adalah sesuatu tentang mencapai desain yang lebih baik melalui kesederhanaan, kesederhanaan untuk bentuk, ruang, materialitas, detail, dan warna. Desain minimalis juga membuat kita memikirkan pengendalian tema dan karakter desain yang harus dijaga, analisa dan perencanaan yang cermat untuk menghasilkan desain yang bersih dan murni

Lazimnya kita semua pasti menyukai desain ruangan yang terbuka, lapang dan bersih, yang memungkinkan ruangan itu seolah menjadi bisa bernafas, memberikan kita suasana segar.

Kejujuran detail yang lugas dan material yang sederhana adalah hal membuat desain arsitektur minimalis begitu menarik dan menjadikannya bisa dinikmati oleh kita semua. Itulah mengapa Arginuring Arsitek sangat menyukai langgam desain ini dalam desainnya, dimana kita bisa menghargai dan mengapresiasi ketenangan, kehangatan dan keindahan yang terpancar dari gubahan massa dan ruangan tema desain ini.

Lima ciri karakter pada desain rumah minimalis modern

Ciri-ciri desain rumah minimalis modern antara lain:

  1. Kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi
  2. Pelapisan dinding & pelapis dinding yang tidak rumit
  3. Ruang yang bersih, terbuka, dan dipenuhi cahaya
  4. Detail sederhana tanpa dekorasi
  5. Penggunaan material yang strategis untuk minat visual, tekstur, dan kepribadian
1. Kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi

Banyak rumah minimalis memiliki tata letak ruang yang sederhana, lugas, efisien dengan urutan ruang yang berjejeran. Ini menciptakan rencana desain rumah yang gamblang, di mana ruangan dapat kita prediksi dengan mudah dan tidak rumit. 

Bentuk yang sederhana, denah lantai yang terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada pemandangan ketika siang hari merupakan karakteristik dari banyak perencanaan desain ruangan pada rumah minimalis.

Bukaan berlubang pintu dan jendela yang tidak rumit, yang secara bersamaan ikut membentuk fasad bersih apa adanya. Sehingga secara keseluruhan menjadikan desain rumah yang sederhana, menghindari banyak seluk beluk yang tidak perlu, menghilangkan kerumitan dll. Bentuk profil atap yang sederhana juga menjadi ciri khas dari desain rumah minimalis modern.

Desain rumah minimalis modern
Denah rumah minimalis [The Stripe House oleh GAAGA.]
Desain rumah minimalis modern
Eksterior rumah minimalis [The Stripe House oleh GAAGA. Foto oleh Marcel van der Burg.]
2. Pelapis dinding dan finishing dinding yang tidak rumit

Menggunakan bahan penutup eksterior yang menerus dan sederhana dapat dengan mudah memberikan daya tarik visual, dan dengan mengekspresikan karakteristik fisik bahan dan teksturnya, maka kita bisa memperlihatkan fasad bangunan yang saling berhubungan dan berkaitan. 

Pada foto pertama di bawah ini, bilah cedar horizontal berukuran 2 x 2 m mampu menciptakan fasad yang menarik dan tampil lega. Pada foto yang kedua di bawahnya, kita bisa melihat sambungan yang menarik pada pertemuan dinding di bawah dan permulaan atap, juga warna biru yang menonjol dengan diselingi dinding warna putih pada bagian dalam bangunan.

Juga perhatikan bahwa tidak ada sambungan pada penggunaan material horizontalnya, semuanya dibuat dalam satu bagian yang berkesinambungan, bersambung tanpa jeda.

Desain rumah minimalis modern
[Ruang T oleh Steven Holl Architects. Foto oleh Susan Wides.]
Desain rumah minimalis modern
[Rumah di Ujina oleh MAKER. Foto oleh Noriyuki Yano.]
Desain rumah minimalis modern
[Vila Empat Sudut oleh Arsitek Avanto. Foto oleh Kuvio.]
3. Ruang bersih, terbuka, penuh cahaya
Desain rumah minimalis modern
[Rumah Stripe oleh GAAGA. Foto oleh Marcel van der Burg.]
Desain rumah minimalis modern
[Crendon Panjang oleh Desain Mailen. Foto oleh Kristin McCluskie.]
4. Detail sederhana tanpa dekorasi
[Rumah Y oleh Arsitek Tamizo.]
[Tempat tinggal pribadi di Vega, Norwegia oleh Kolman Boye. Foto oleh Lindman Photography.]
5. Penggunaan bahan strategis untuk ketertarikan visual, tekstur dan kepribadian

Dalam proyek di bawah ini, walau palet material yang dipakai terbatas pada sebagian besar material beton dan kaca, namun penyelesaian beton yang berbentuk papan mampu menampilkan tekstur yang menghiasi interior minimalis ruangan.

Desain rumah minimalis modern
[Rumah JD oleh BAK Architects. Foto oleh Gustavo Sosa Pinilla]

Bahan yang eye-catching seperti tembok bata pada gambar di bawah yang kedua bisa berdiri sendiri tanpa perlu rak dan pernak pernik untuk meramaikannya.

[Rumah Pagar Paling oleh NASA – Administrasi Antariksa Arsitektur Nasional. Foto oleh Nil Koenning.]
Desain rumah minimalis modern
[Interior DI oleh Arsitektur INT2.]

Contoh proyek-proyek di atas menunjukkan bahwa desain rumah minimalis modern yang baik dapat dicapai melalui kesederhanaan dalam bentuk, bahan, dan detail. Ini bukan masalah kekurangan rasa, pembuangan semua hiasan atau pembersihan rumah secara kejam, tetapi lebih berkaitan dengan bagaimana kita memilih urutan, kejelasan, ketenangan dan niat. 

Dengan berfokus pada sedikit elemen, ternyata tidak menjadikan kita serba kekurangan, melainkan justru bisa membuatnya menjadi menarik perhatian pada bentuk, warna, dan tekstur benda dan ruang yang kita huni.

Lihat wikipedia untuk sustainable environment

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai jasa desain rumah minimalis Bandung. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua 🙂

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat postingan lainnya:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah minimalis Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...