10 Alasan Mengapa Desain Rumah Minimalis Menjadi Tren di Dunia

Pola pikir dan kebutuhan minimalisme sebagai akar dari desain rumah minimalis di kehidupan kita

Meskipun gaya desain rumah minimalis telah ada sejak lama, sekarang ini gaya minimalis ini tetap menjadi fenomena yang berkembang dan tren internasional karena dunia tempat kita hidup berubah secara dramatis.

Jadi mengapa estetika”back to basics” atau “form follow function” ini begitu populer di seluruh dunia, tidak hanya sebagai pilihan estetika desain arsitektur tetapi juga sebagai mentalitas umum dan pilihan gaya hidup? Berikut sepuluh alasannya:

desain rumah minimalis

Sepuluh alasan tren desain rumah minimalis

1. Ekonomi pandemi

Penyebaran COVID-19 di seluruh dunia telah berdampak buruk pada ekonomi global. Sementara beberapa negara telah terpukul lebih keras daripada yang lain, pengangguran lebih tinggi di seluruh dunia daripada sebelumnya, dan tumbuh pada tingkat yang belum pernah terjadi.

Karena meningkatnya ketidakpastian tentang masa depan, pengurangan pendapatan, dan anggaran yang lebih ketat, banyak dari kita dihadapkan pada pilihan selain mengidentifikasi apa yang penting, dan apa yang dapat kita jalani tanpanya. Akibatnya, desain rumah minimalis telah menjadi gaya hidup de facto bagi banyak orang yang berjuang secara finansial, bahkan jika mereka tidak mengetahuinya.

2. Masalah lingkungan

Meskipun pengetatan anggaran membuat orang menjadi minimalis tanpa menyadarinya, semakin banyak orang di seluruh dunia yang melihat nilai minimalisme sebagai cara untuk memerangi limbah dan melestarikan lingkungan.

Walau mungkin ada jalan panjang sebelum umat manusia belajar untuk melestarikan sumber dayanya dan mengurangi ketergantungannya pada plastik sekali pakai, perubahan dimulai dari kita masing-masing secara individu. Mengadopsi gaya hidup desain rumah minimalis memiliki implikasi yang melampaui kehidupan pribadi kita dan meresapi lingkungan di sekitar kita.

3. Pengurangan hutang

Dengan industri kredit yang berkembang pada penciptaan utang dan pembayaran kembali pinjaman dengan suku bunga, banyak konsumen membuat pilihan untuk mengurangi beban utang mereka dengan melupakan pembelian besar yang sebenarnya tidak mampu mereka bayar.

Meskipun banyak bentuk utang tidak dapat dihindari untuk sebagian besar, seperti biaya pendidikan, tagihan medis, cicilan mobil dan rumah, dan sekarang bantuan keuangan darurat karena pandemi, tentu ada pilihan gaya hidup yang dapat kita buat dengan pendekatan desain rumah minimalis untuk mengurangi jumlah yang kita belanjakan saat pembangunan konstruksi. Fokus hanya pada apa yang benar-benar kita butuhkan.

4. Tumbuhnya kesadaran akan ketidaksetaraan

Ketidaksetaraan pendapatan dan perbedaan ras telah menjadi fenomena global selama berabad-abad, kecepatan informasi dan akses berita yang disajikan oleh internet kepada kita membawa lebih banyak masalah ini muncul ke titik terang.

Meskipun mungkin ada pluralitas pendapat tentang mengapa masalah ini bertahan dan cara terbaik untuk menyelesaikannya, penelitian terbaru menunjukkan kepada kita bahwa hingga 71% orang di dunia berbelanja lebih sedikit untuk barang-barang hiburan dan lebih banyak dipakai untuk berjuang membeli kebutuhan dasar seperti makanan, air bersih dan pakaian. 

Orang-orang menghabiskan lebih sedikit berbelanja di mal, dan lebih mengutamakan untuk tujuan bertahan hidup mereka. Akibatnya, mereka harus membuat pilihan yang sesuai dengan pola pikir desain minimalis, daripada membeli yang hanya sekedar membeli saja.

5. Preferensi estetika desain rumah minimalis

Sejak tahun 1960-an, desain minimalis telah memberikan dampak besar pada seni dan budaya pop. Karya seni Andy Warhol yang terkenal, misalnya, mencontohkan aspek kehidupan duniawi dan sederhana dalam gaya seni ikonik yang pengaruhnya dapat dilihat dalam karya seni yang lebih baru.

Di luar seni rupa, desain minimalis sebagai estetika telah menguasai industri desain interior, menjauh dari hiasan yang tidak perlu dan merangkul garis-garis yang bersih, skema warna netral, dan menjauhi furnitur yang kurang berfungsi sebagai bagian dari dirinya sendiri. Semuanya melihat kepada fungsi dari objek tersebut, dimana dekorasi yang tidak ada fungsi tidak diminati.

6. Kemajuan dalam perangkat keras/perangkat lunak komputasi pribadi yang menduknng kemudahan perancangan arsitektur desain rumah minimalis

Komputasi pribadi perusahaan teknologi terkemuka seperti Google, Apple, dan Microsoft semuanya telah mengadopsi estetika desain minimalis dalam beberapa tahun terakhir. Perangkat lunak telah beralih dari tema skeuomorphic yang lebih mendukung warna dan gradien “datar”, teks yang mudah dibaca dan penghapusan garis yang tidak perlu dan efek “3D”.

Komputer dan smartphone, pada gilirannya, telah beralih dari banyak tombol dan beralih ke desain unibody yang lebih ramping. Desain minimalisme sedang populer di industri teknologi sekarang, lebih dari sebelumnya, dan itu adalah sesuatu yang juga dapat Anda lihat dalam pengaturan kantor minimalis di banyak perusahaan rintisan dan perusahaan teknologi, yang memunculkan benang merah mengalir masuk kepada desain rumah minimalis sebagai lanjutan dari sisi arsitektur.

7. Manfaat desain rumah minimalis yang sangat dicari

Ketenangan pikiran, kejernihan, dan fokus adalah semua manfaat yang diakui dari gaya hidup minimalis (style rumah minimalis). Dalam apa yang terasa seperti dunia yang selalu berubah dan kacau, serta meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, desain rumah minimalis menjadi gaya hidup yang mewadahi pola pikir yang diinginkan dan sangat dicari.

Entah karena kebutuhan, kebetulan, atau mungkin bukti kemanjurannya, sungguh luar biasa bahwa pendekatan filosofis dan estetika yang pertama kali dipopulerkan pada 1960-an masih mengalami tingkat adopsi yang begitu kuat di seluruh dunia 70 tahun kemudian.

8. Kehadiran online yang tersebar luas

Menjamurnya informasi di seluruh dunia melalui internet juga membuat gaya minimalisme merajalela dalam skala global. Desain minimalis dapat dengan mudah dibaca dan diteliti di berbagai blog dan media sosial.

Karena popularitasnya yang meningkat secara online, banyak orang yang mungkin tidak mengenal prinsip-prinsip desain gaya minimalis, secara tidak sengaja sekarang bisa menemukannya, bahkan jika mereka tidak mencarinya. Di era informasi, tren seperti desain rumah minimalis menyebar lebih cepat dari sebelumnya.

9. Tenaga kerja yang terdistribusi memungkinkan gaya hidup yang berbeda

Karena semakin banyak orang yang bekerja dari rumah, minimalis telah menjadi pilihan yang semakin menarik bagi orang-orang untuk menyederhanakan rumah kantor (SOHO/RUKAN) mereka dan tetap fokus saat mereka bekerja dari rumah.

10. Penurunan materialisme

Ketika dunia bergerak menjauh dari pemborosan dan mengevaluasi kebutuhannya yang sebenarnya di masa pandemi dan ketidakpastian ekonomi, maka menjadi semakin penting untuk meninggalkan praktik materialisme demi memprioritaskan hal-hal yang benar-benar penting.

Sebagian besar generasi milenial telah menunjukan lebih memilih menggunakan uang mereka untuk hal yang memberikan pengalaman daripada harta benda. Sebuah pergeseran nyata dalam prioritas dari kaum muda yang berbeda hanya satu generasi lalu. Ini, dikombinasikan dengan kebutuhan ekonomi dan kesadaran lingkungan, semuanya berkontribusi pada meningkatnya popularitas desain rumah minimalis yang mengedepankan fungsi, bukan dekorasi dan berbagai aksesori yang tidak perlu.

Kesimpulan

Sementara desain rumah minimalis dapat diadopsi pada tingkat yang berbeda oleh individu di seluruh dunia, ada baiknya kita menyelidiki mengapa gaya hidup minimalis mendapatkan begitu banyak popularitas, dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan kita masing-masing dengan cara yang berbeda. Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk memasukkan gerakan minimalis ke dalam gaya hidup Anda sendiri?

desain rumah minimalis

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai desain rumah minimalis tetap menjadi tren dunia. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua 🙂

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Lihat postingan lainnya:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah minimalis Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...