Layanan Jasa Desain Rumah Online

Jasa arsitek online untuk kemudahan dan fleksibilitas

Bagaimana cara proses jasa desain rumah online dengan menggunakan internet

Jasa desain rumah online menggunakan internet?

Beberapa waktu terakhir ini lumayan banyak pertanyaan dari para klien (pemilik rumah) tentang dampak pandemi Coronavirus (Covid-19) pada saat diskusi awal. Pertanyaannya sudah bisa ditebak – mengenai proses desain rumah online tentunya, bagaimana diskusi secara daring, proses review (mengulas) desain jarak jauh dll.

Sudah tentu jawabannya bisa, dan sangat bisa sekali. Malah dari saat sebelum pandemi pun layanan jasa desain rumah online ini sudah berjalan, hanya saja waktu itu masih jarang, segmen kliennya waktu itu utamanya dari generasi milenial, yang notabene dekat dengan gawai.

Layanan Desain Rumah Online

Kalau sekarang, karena keadaan ya, jadi yang generasi senior pun ikutan nyemplung gaul online, ya baguslah, hitung-hitung jadi bisa mengamankan lebih banyak orang juga dari paparan covid.

Sebenarnya, banyak dari perencanaan dan proses desain yang dapat dengan mudah kita lakukan secara daring selama masa pandemi ini, atau pembatasan sosial, isolasi dll. Saya coba jelaskan secara gamblang di bawah ini.

Seperti apa prosesnya?

Intinya dalam proses desain itu kan ada diskusi dan ada mengulas perkembangan desain. Dulu diskusinya biasanya tatap muka atau telepon, lalu review desainnya duduk di meja bersama membahas desain yang ada.

Layanan Desain Rumah Online
Konsultasi dan diskusi

Dengan kemajuan teknologi dan gawai jaman now ini, teleconference sudah jadi hal standar, perangkat lunak dan aplikasinya juga sudah bertebaran dimana-mana, sangat mudah di akses, tinggal pakai. Jadi suasananya juga sama dengan tatap muka bincang biasa. Kita bisa gunakan Google Meet, ZOOM dan banyak lagi.

Pertukaran datanya juga sama, bisa dikirim via internet melalui berbagai perangkat dan aplikasi yang ada. Nanti ketika teleconference, data gambar tadi bisa di share (berbagi layar) dan dibahas bersama secara online, jadi desain rumah online ini mudah, tidak masalah. Sama dengan tatap muka biasa, nyaris tidak ada yang berbeda.

Data

Karena sifatnya yang jarak jauh maka ada beberapa awal yang perlu diadakan terlebih dahulu. 

Bila desain rumah ini adalah bangun rumah baru dari nol maka data awal yang kita perlukan adalah ukuran lahan, dalam hal ini lebar muka dan panjang ke belakang. Lainnya adalah arah mata angin dan arah hadap lahan juga kita perlukan, bisa berguna untuk perhitungan cahaya matahari dll. 

Bila lahan berkontur dan cukup signifikan, maka kita juga memerlukan ukuran topografi lahan, untuk menentukan sudut kemiringan dan posisi tinggi rendah pada setiap jaraknya. Anda tidak perlu kuatir, kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk melakukan pengukuran tersebut, pihak yang benar-benar profesional di bidangnya dan dalam cakupan wilayah lahan Anda.

Apabila desain rumah Anda adalah renovasi, maka kita memerlukan ukuran dari bangunan eksisting saat ini, kita bisa menggunakan desain gambar dari developer atau sketsa sederhana yang terukur, dan diberi notasi agar informatif. Foto-foto bagunan eksisting pun bisa sangat membantu, baik luar maupun dalam ruangan. Terutama pada bagian yang hendak dilakukan renovasi.

Layanan Desain Rumah Online
Biaya jasa / harga jasa arsitek desainer rumah online

Proses konsultasi, diskusi dan data awal di atas akan dianalisa dan dipelajari, dari sana maka akan bisa diperkirakan berapa anggaran biaya jasa desain yang diperlukan, kemudian diajukan kepada Anda dalam bentuk penawaran harganya.

Layanan desain rumah online Arginuring Arsitek

Jasa arsitek desain rumah minimalis adalah salah satu fokus utama kami, atau tema gaya desain arsitektur bergaya modern / post modern yang mengedepankan fungsi dan gubahan massa geometris.

Informasi lainnya berkenaan jasa arsitek online

Bagi Anda yang baru pertama kali memulai bekerja sama dengan arsitek berikut ada sedikit tambahan informasi buat pencerahan 🙂

Dirangkai dalam bentuk tanya jawab.

Apa peran arsitek?

Dalam konteks desain rumah tinggal, peran arsitek adalah membantu  Anda untuk merancang dan merencanakan desain rumah sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. 

Arsitek juga bisa menjadi teman Anda berdiskusi masalah anggaran yang ada, membantu memberikan pandangan terhadap keseluruhan anggaran, bagian mana saja yang bisa dikembangkan dan mana yang mungkin perlu diringkas dll.

Tentunya memang selama anggaran tersebut masuk akal terhadap desain tersebut, dalam artian, anggaran rumah standar dengan anggaran desain rumah mewah tentu berbeda. 

Arsitek adalah teman Anda berkonsultasi, lakukan diskusi membangun agar desain rumah Anda bisa terencana dengan baik. Baik tatap muka langsung maupun melalui cara desain rumah online konsepnya sama saja.

Tahapan desain perancangan

Seorang arsitek biasanya akan disewa jasanya untuk melakukan pekerjaan berikut, yang secara umum dibagi menjadi dua tahapan (bisa berbeda untuk masing-masing konsultan arsitek):

Tahap 1, konsep.

Pada tahap ini kita berbicara dalam bentuk konsep desain secara keseluruhan, memastikan antara sasaran desain realistis dengan harapan awal. Disini sangat mungkin terjadi koreksi dan penyesuaian dari harapan awal terhadap realisasi desain yang nyata dicapai.

Tata ruang awal sudah terbentuk, hubungan dan keterkaitan fungsi antar ruang sudah terlihat, gubahan massa desain 3D sudah tampil dan luasan awal sudah didapat. 

Dari luasan awal ini saja maka Anda sudah bisa melakukan pengukuran terhadap anggaran bangunan Anda. Apakah desain ini masih sejalan dengan anggaran Anda, ataukah perlu ada penyesuaian, baik pada desainnya atau pada anggarannya.

Intinya adalah uji kelayakan.

Sama seperti sebelumnya, baik tatap muka maupun sistem desain rumah online – tahapan desainnya sama, hanya cara interaksinya yang berbeda.

Tahap 2, pengembangan desain

Setelah tahap 1 mendapat persetujuan Anda, maka bisa dilanjutkan ke tahap 2 ini. Disini konsep desain sebelumnya dituangkan menjadi gambar kerja konstruksi lengkap, terdiri dari gambar arsitektur, struktur, pemipaan, listrik, gambar 3D, RAB dll.

Hasil dari gambar kerja ini akan dianggap sebagai hasil desain akhir proses perancangan.

Selanjutnya gambar kerja tersebut bisa Anda berikan kepada calon kontraktor bangunan Anda, sebagai bahan mereka untuk pengajuan harga pembangunan.

Opsi tambahan, pengawasan lapangan

Bila diperlukan, arsitek bisa membantu Anda dalam pengawasan pelaksanaan konstruksi. Hanya saja untuk Arginuring Arsitek, bentuknya berupa peninjauan berkala. Nanti akan dibentuk tim atau perwakilan lapangan untuk melaksanakan hal tersebut. Dan tentunya akan ada biaya yang perlu dianggarkan.

Sekali lagi, kedua tahapan desain dan opsi pengawasan di atas bisa berbeda dengan konsultan lainnya. Tahap di atas adalah penyederhanaan dari kaidah desain formal, yang kami anggap cocok untuk desain rumah tinggal ala Arginuring Arsitek, bukan proyek formal semacam proyek pemerintah, mega proyek dll.

Bagaimana sistem perhitungan jasa desainnya?
Layanan Desain Rumah Online

Arginuring Arsitek menggunakan skema pembiayaan dengan hitungan biaya/m2. Mengenai besaran biayanya nanti diajukan dalam bentuk penawaran harga sesuai keterangan paragraf sebelumnya di atas.

Setiap desain kami anggap unik, masing-masing tidak ada yang sama, sehingga kerumitan setiap proyeknya pun berbeda, dan tidak bisa disamaratakan – seolah produk instan hasil pabrikan. Kita berusaha memberikan harga desain yang tepat sesuai bobot penugasan desainnya.

Apakah ada layanan jasa desain interior?

Ya, Arginuring Arsitek bisa menyediakan layanan tersebut, agar desain arsitektur rumah Anda bisa komprehensif dengan desain interiornya, menyatu dan padu, terencana dari awal hingga akhir.

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai layanan desain rumah online dari Arginuring Arsitek. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua 🙂

Lihat postingan lainnya:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, layanan jasa desain rumah online seluruh wilayah Indonesia.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *