Layanan Desain Rumah oleh Arsitek

Keuntungan dan kondisi memanfaatkan jasa arsitek untuk desain rumah

Layanan Desain Rumah oleh Arsitek

Desain rumah oleh arsitek, apa saja keuntungan dan dasar pemikiran yang mendukungnya

Keuntungan desain rumah dengan arsitek

Anda dan mungkin bersama banyak calon pemilik rumah lainnya kadang bertanya-tanya tentang bagaimana layanan desain rumah dari arsitek dapat mempengaruhi dan menguntungkan proyek rumah idaman Anda.

Postingan kali ini akan mencoba membahas mengenai hal tersebut. Apa yang dilakukan arsitek saat mendesain rumah Anda, apa yang mereka kerjakan dan seperti apa proses desainnya.

Berikut ini adalah proses desain yang biasanya dikerjakan oleh arsitek Anda.

Layanan Desain Rumah oleh Arsitek

Pengumpulan data awal untuk desain rumah

Pada fase awal ini Anda dan arsitek anda akan mendiskusikan, tanya jawab dan berdiskusi mengenai tujuan, kebutuhan dan fungsi yang Anda inginkan. Bisa juga termasuk membahas ekspektasi desain dan anggaran yang tersedia, peraturan bangunan terkait dll.

Arsitek akan membantu Anda atau calon pemilik rumah mengkalkulasi perkiraan anggaran yang realistis untuk desain dan bangunan Anda, berdasarkan desain yang Anda inginkan, material yang akan digunakan nanti dll.

Pada fase ini adalah perlu agar Anda sebagai calon pemilik bangunan bisa berdiskusi secara terbuka, utamanya pada masalah anggaran aktual Anda pada keseluruhan proyek ini.

Arsitek Anda juga mungkin sekali akan mulai mencari daftar kebutuhan Anda, baik ruangan, kegiatan dan lainnya. Anda bisa bercerita dan menyampaikan segala keinginan Anda pada desain ini.

Tahapan berikut bisa berbeda dengan yang lainnya, tetapi kurang lebih secara umum seperti berikut:

Konsep atau pra rancangan desain rumah

Arsitek Anda akan mulai melakukan analisa dan mengolah data awal di atas menjadi rencana tata ruang, baik ruang dalam maupun ruang luar. Disini juga dibahas sejauh mana desain saat ini bersesuaian dengan data awal sebelumnya.

Layout keseluruhan bangunan dan gubahan massa sudah mulai ditampilkan, diulas dan dikaji bersama, antara Anda dengan arsitek Anda. Disini biasanya akan timbul koreksi dan perbaikan, perkembangannya dengan anggaran awal yang terkait dll. Sampai pada akhirnya mendapatkan persetujuan dari Anda.

Layanan Desain Rumah oleh Arsitek

Pengembangan desain rumah

Setelah semua fase konsep di atas dilalui, maka fase berikutnya adalah pengembangan desain awal menjadi gambar kerja konstruksi. Disini arsitek Anda akan menyiapkan gambar kerja dan detail dari arsitektur, struktur, mekanikal & elektrikal.

Pada gambar kerja ini spesifikasi konstruksi diuraikan, diberi notasi pada penggunaan atau penyelesaian material dan bahan yang dipakai.

Gambar kerja konstruksi ini nantinya akan bisa digunakan oleh kontraktor dan menjadi acuan pembangunan.

Jadi proses desain rumah dengan memanfaatkan jasa arsitek bisa membantu Anda mendapatkan perencanaan yang lebih baik mengenai desain rumah impian Anda, mengurangi resiko kesalahan konstruksi yang tidak perlu, akibat kurang matangnya perencanaan dan juga bisa membantu mempersingkat waktu pelaksanaan konstruksi, karena perkiraan anggaran dan penggunaan bahan yang sudah bisa diprediksi dari awal dan dijadwalkan oleh kontraktor Anda.


Untuk desain rumah tinggal biasanya fase desain berakhir disini. Sedangkan untuk proyek formal seperti proyek pemerintah atau mega proyek seperti bangunan komersial / skala besar maka bisa berlanjut ke tahap di bawah ini.


Dokumen lelang

Pada tahap ini, biro konsultan arsitektur dari pemilik proyek (klien / bouwheer) akan menyiapkan dokumen konstruksi yang akan digunakan untuk pelelangan tender atau proyek kepada kontraktor.

Para bakal calon kontraktor peserta lelang akan menggunakan gambar kerja dan dokumen ini untuk memperkirakan biaya dan mengajukan harga penawaran pembangunan proyek.

Memilih kontraktor

Bouwheer memiliki beberapa pilihan dalam hal menyewa kontraktor, termasuk meminta bantuan dari biro konsultan arsiteknya untuk merekomendasikan kontraktor bagi mereka. Adalah sangat lazim bahwa konsultan arsitek memiliki kenalan atau jaringan dengan pihak kontraktor.

Pengawasan

Pengawasan proyek

Bouwheer bisa meminta bantuan pengawasan dari konsultan arsitektur yang ditunjuk. Biro konsultan arsitektur akan menyiapkan tim pengawasan yang terdiri dari tenaga ahli arsitektur, struktur dan untuk proyek yang pelik, bisa juga menyiapkan tenaga ahli mekanikal dan elektrikalnya sendiri.

Pada bentuk yang kompleks, dimana diadakan suatu manajemen proyek, maka akan ada tim pengawas dari pihak pemilik proyek (bisa diwakili dari konsultan bouwheer tadi), tim pengawas yang mewakili kontraktor, dan konsultan pengawas pihak ketiga yang mengatur dan mengkoordinasikan semua tim pengawas tadi.

Dasar pemikiran

Di atas tadi adalah keuntungan desain rumah dengan memanfaatkan jasa desain dari arsitek, berdasarkan dari proses desain dan hasil perancangan yang didapatkan, bagi Anda sebagai pemilik bangunan dan untuk pelaksanaan konstruksinya di lapangan nanti (kontraktor/pemborong dll).

Sekarang mari kita tinjau bersama apabila ditilik dari alasan atau berbagai kondisi yang mungkin ada.

Mengapa Anda butuh arsitek

Layanan Desain Rumah oleh Arsitek

Anda mungkin sekali membutuhkan arsitek apabila:

  • Merasa terjebak dan kewalahan dalam memahami proses pembangunan rumah dan harus mulai dari mana?
  • Mengetahui Anda memiliki potensi untuk membuat rumah yang hebat, tetapi tidak tahu bagaimana mencapainya?
  • Tidak dapat mengetahui apa yang harus dilakukan pertama atau selanjutnya dalam proses?
  • Kurang percaya diri atau pola pikir positif yang dibutuhkan untuk membuat proyek sukses?
  • Ingin lebih banyak dukungan atau panduan dalam keputusan yang Anda buat dari pakar yang tidak memihak?
  • Dan lainnya…

Bila Anda berhadapan dengan kondisi seperti di atas maka cobalah pilah satu persatu dan susun secara prioritas, ini bisa menjadi saat yang tepat mencari arsitek untuk mendesain rumah Anda.

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai layanan desain rumah oleh arsitek. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua 🙂

Lihat postingan lainnya:

Lihat manajemen proyek di wikipedia

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah di Kota Bandung.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *