Jasa Desain Rumah di Kota Bandung dan 3 Tahapannya

Mendesain rumah impian dengan menyewa arsitek? Apa saja yang perlu Anda ketahui? Berikut infonya.

jasa desain rumah

Bagaimana proses jasa desain rumah dengan menyewa jasa arsitek

Apa saja yang perlu Anda ketahui saat bekerja sama dengan arsitek

Rumah idaman, impian setiap orang

Jasa desain rumah oleh arsitek? Tinggal di rumah yang desainnya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita tentu menjadi impian bagi kita semua. Bagi sebagian dari kita itu berarti merancang dan membangun rumah baru, atau pengembangan, renovasi dll.

Mengapa kita melakukan itu? Sederhana, karena rumah bangun atau siap huni belum tentu cocok dengan kebutuhan kita.

Walau begitu kita semua tahu bahwa membangun rumah adalah proses yang kompleks, harus dipersiapkan dengan matang dan desainnya harus pula terencana dengan baik. Sering terjadi pemilik rumah yang tidak cermat mendapati bangunan mereka setelah terbangun tidak sesuai yang diharapkan.

Solusinya bisa memanfaatkan layanan jasa desain rumah dari arsitek untuk membantu merencanakan desain rumah Anda. Arsitek bisa menjadi teman konsultasi Anda, memberikan saran dan masukan, melakukan review/mengulas desain dan melakukan koreksi dan penyesuaian hingga didapatkan hasil yang sesuai.

Jasa desain rumah kustom

Mendesain rumah bisa menjadi berbagai pengalaman bagi kita, ia bisa menarik atau bahkan bisa menjadi sesuatu yang menantang, tergantung bagaimana kita melihatnya. Prosesnya adalah sebuah perjalanan yang dimulai dengan ide dan diakhiri dengan suatu hasil rancangan yang baik dan bijaksana.

Tapi untuk sampai kesana kita butuh waktu dan proses, akan ada berbagai keputusan yang harus diambil, ia mungkin kecil tapi bisa sangat bermakna.

Proses mendesain rumah kustom biasanya akan selalu unik untuk setiap desainnya, dipengaruhi jenis proyek, lokasi dan kebutuhan. Semuanya hampir tidak ada yang persis sama.

Tahapan proses desainnya bisa berbeda-beda untuk setiap arsitek, tetapi kurang lebih bisa digambarkan seperti 3 tahapan di bawah ini.

Tiga tahapan layanan jasa desain rumah pada umumnya

  • Konsep/pra-desain.
  • Pengembangan desain.
  • Pembuatan gambar konstruksi.

Pada proyek resmi seperti proyek pemerintah atau mega proyek maka bisa mengacu kepada Ikatan Arsitek Indonesia yang lebih formal, hanya saja untuk jasa desain rumah kustom biasanya kita gunakan yang lebih praktis dan sederhana.

Tahap 1, konsep desain/pra-desain

Mendesain rumah adalah perancangan yang membutuhkan proses kolaboratif. Seperti halnya sesuatu yang berharga, hasil berbanding lurus dengan usaha dan niat.

Ini adalah upaya tim (utamanya arsitek dan struktur, bisa juga ditambahkan dengan desain interior) yang membutuhkan tanggung jawab, partisipasi dan akuntabilitas oleh semua orang.

Arsitek dapat berperan dalam mengarahkan, berkomunikasi, memfasilitasi, dan mengkoordinasikan tim tersebut. Anda sebagai klien (pemberi tugas) dapat lebih fokus kepada mengulas perkembangan desain tanpa perlu repot memikirkan bagaimana pembuatan desain tersebut.

Hasil rancangan dari jasa desain rumah yang baik bisa menciptakan bangunan yang disukai sehingga menjadi rumah yang akan dirawat dengan baik dan berumur panjang.

Mengapa konsep desain ini penting?

Di dunia ini tidak ada dua orang yang persis sama, begitu pula pada proyek desain. Pemahaman proses desain dan peran Anda sebagai pemilik bangunan adalah peran yang penting agar bisa fleksibel terhadap spesifikasi yang berbeda untuk setiap proyek.

Sebuah proses desain yang baik sering ditandai dengan hal seperti:

  • Serangkaian rencana yang jelas dan menyeluruh.
  • Pengambilan keputusan yang tepat waktu.
  • Komunikasi yang baik.
Langkah konsep desain yang biasa terjadi

Pertemuan awal: Diskusi awal yang nyaman dan santai, dimana arsitek menyimak semua kebutuhan dan keinginan yang hendak dicapai oleh Anda. Disini akan dimulai perkenalan dan penilaian akan kedua pihak, bagaimana kesiapan dan kesanggupan pemberi dan penerima tugas. Layak tidaknya proses berlanjut.

Kesiapan dan kesanggupan arsitek: Setelah arsitek selaku penerima tugas menyatakan kesanggupannya mengerjakan desain tersebut maka proses bisa berlanjut lebih rinci. Arsitek akan mengajukan berbagai pertanyaan seputar data perancangan, gaya hidup Anda, aktifitas, hobi yang mungkin butuh untuk di fasilitasi (ruang musik, pertukangan, koleksi dll).

Segala masukan yang arsitek dapatkan dari Anda sangat penting bagi mereka untuk memahami segala kebutuhan dan keinginan Anda pada desain rumah ini.

Pada jasa desain rumah renovasi atau pengembangan bangunan (penambahan ruang dll), arsitek sangat mungkin perlu melakukan dokumentasi dan pengukuran serta data relevan lainnya yang mungkin diperlukan.

Jika Anda memiliki arsip gambar rumah yang awal, maka ini akan sangat membantu.

Analisa: Arsitek akan selalu berusaha melihat semua masukan dengan objektivitas. Mereka bisa saja membuahkan ide tentang perspektif situasi yang unik. Arsitek Anda mungkin memiliki daftar item yang lebih panjang dari yang Anda telah buat sebelumnya. Mereka sangat mungkin bisa memberi tambahan item ke dalam daftar kebutuhan yang telah Anda berikan, jadi tidak ada buruknya, sangat menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa dari banyak hal yang dapat arsitek Anda pertimbangkan ketika melihat proyek Anda:

  • Sejarah rumah dan/atau situs.
  • Kondisi rumah dan/atau tapak yang ada.
  • Kecantikan, keseimbangan, daya tarik, proporsi, cahaya, udara.
  • Kekerabatan dengan konteks sekitarnya.
  • Fungsionalitas dan kelayakan rencana.
  • Pilihan material, mekanik, perabotan dan pencahayaan.
  • Prakiraan kasar biaya untuk membangun.
  • Kode, zonasi lokal.
  • Nilai jual kembali.

Tata ruang: Setelah semua hal di atas di proses, maka arsitek bisa mulai menghasilkan rancangan awal berupa program tata ruang. Tata ruang ini berisikan pengelompokan berbagai ruangan berdasarkan fungsi dan aktivitasnya.

Disini area makro untuk wilayah privat, semi privat, publik, semi publik, servis dll bisa mulai diperlihatkan. Dari konsep ini Anda sebagai pemilik bangunan sudah bisa mendapatkan gambaran akan kebutuhan dan keinginan Anda pada bangungan ini, mengulas dan melakukan penyesuaian apabila diperlukan. 

Tahap 2: Pengembangan desain

Pada tahap jasa desain rumah ini, segala konsep di atas mulai diwujudkan dalam bentuk rancangan yang lebih detail, posisi dinding, bukaan, furnitur pengisi ruangan mulai diplotkan dalam rancangan. 

Gubahan massa bangunan juga mulai dimunculkan dalam bentuk gambar 3D, sehingga wujud bangunan, struktur, material dan lainnya bisa Anda pelajari dan ulas bersama.

Tahap 3:  Gambar kerja konstruksi

Pembuatan gambar kerja: Setelah semua tahapan di atas disetujui dan dinyatakan final, maka arsitek bisa melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu pembuatan gambar kerja konstruksi. Berisikan berbagai gambar lengkap dan detail yana akan menjadi instruksi manual terperinci mencakup semua aspek konstruksi dan spesifikasi bangunan Anda.

Tahap ini adalah proses yang membutuhkan waktu dari jasa desain rumah arsitek Anda. Desain yang sebelumnya telah diajukan dan disetujui, diolah dalam sebuah tim desain yang terdiri dari rekayasawan arsitektur, struktur, mekanikal dan elektrikal (bisa juga termasuk desain interior, bila memang Anda memintakan opsi desain tersebut pada perancangan ini).

Desain yang semula masih hanya dalam wujud arsitekturnya saja, disini diperhitungkan perancangan strukturnya, kekuatannya, dan mungkin juga ada penyesuaian dan perubahan pada desain tersebut, walau begitu biasanya tidak mengganggu desain yang sudah ada. Perubahannya biasanya tidak terlihat/terekspos, ada pada bagian yang tidak tampak dari luar.

Pada titik ini, biasanya pengetahuan dari arsitek Anda akan memberikan pengaruh. Arginuring Arsitek sudah berprofesi di bidang jasa desain rumah Bandung sejak tahun 2000 hingga kini, suatu rentang masa yang kami yakin bisa menjadi investasi yang menguntungkan bagi desain rumah Anda.

Pemilihan kontraktor: Bila Anda membutuhkan referensi kontraktor maka bisa mencoba berkonsultasi pula dengan arsitek Anda. Sangat lazim arsitek memiliki jaringan/rekanan yang bisa mereka referensikan. Arginuring Arsitek sendiri memiliki rekan kontraktor dengan pengalaman lebih dari 26 tahun di bidang konstruksi rumah mewah hingga super mewah.

Setelah Anda menyelesaikan proses desain dengan kami, bila Anda membutuhkannya – maka dengan senang hati kami akan membantu mereferensikan mereka kepada Anda.

Pilihan lain adalah meminta beberapa kontraktor untuk mengajukan penawaran harga pembangunan kepada Anda. Mungkin sekali bahwa para kontraktor ini adalah kenalan Anda juga, atau yang berasal dari jaringan pertemanan Anda. Tidak masalah, gambar kerja konstruksi yang lengkap akan bisa dengan mudah dipahami oleh pihak kontraktor dan mengurangi kesalahan pembacaan gambar.

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai postingan jasa desain rumah di Bandung beserta 3 tahapannya. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi Anda dan kita semua 🙂

Lihat postingan lainnya:

Lihat rumah di wikipedia

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah Bandung

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis. View all posts by Argi Nuring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *