Jasa Arsitek Rumah di Kota Bandung, Apa dan Bagaimana

Pencerahan bagi Anda mengenai layanan jasa arsitek di kota Bandung

Jasa arsitek rumah wilayah Bandung, panduan sederhana mengenai lingkup pekerjaan arsitek serta tips dan informasi lainnya

Arsitek? Jasa arsitek?

Banyak orang yang mungkin masih bertanya-tanya mengenai arsitek dan layanan yang diberikannya. Baik itu jasa arsitek rumah Bandung, Jakarta, Surabaya dan kota-kota lainnya, 

semuanya secara lazim sama. Postingan kali ini mencoba memberikan panduan sederhana mengenai lingkup pekerjaan arsitek yang biasanya diperlukan.

Jasa arsitek rumah Bandung

Lingkup pekerjaan arsitek secara umum

Layanan Utama Arsitek

Maksudnya adalah apa yang arsitek perlu sediakan untuk setiap desain. Layanan ini dianggap utama karena dibutuhkan untuk menterjemahkan kebutuhan klien menjadi sebuah hasil desain perancangan, yang mana hasil akhirnya akan digunakan untuk keperluan pelaksanaan pekerjaan konstruksi di lapangan. 

Biasanya mencakup hal-hal berikut:

  • Konsep
  • Desain skematik
  • Pengembangan desain & gambar kerja konstruksi
  • Dokumen konstruksi (lelang dll)
  • Administrasi konstruksi

Khusus dua poin yang terakhir ‘dokumen konstruksi & administrasi konstruksi’ biasanya untuk proyek formal, pemerintah atau mega proyek. Rumah tinggal biasanya jarang, kecuali proyek rumah tinggal dengan nilai yang sangat tinggi, yang memang akan diadakan proses lelang proyek dll dsb.

Konsep

Dalam tahap konsep, arsitek menggali kebutuhan dan keinginan Anda guna pengumpulan data untuk perancangan awal. Akan ada diskusi dan tanya jawab antara Anda dengan arsitek, mengonsep daftar kebutuhan ruang dan mengolahnya menjadi konsep tata ruang.

Walau begitu detail persisnya seperti apa bisa berbeda untuk setiap arsiteknya. Tetapi tidak masalah, secara keseluruhan hampir sama.

Desain Skematik

Di sini arsitek akan mengembangkan bentuk konsep sebelumnya, menjadi denah lantai, denah lokasi dan gubahan massa – tampak bangunan. Ini akan memberi Anda gambaran lengkap ruang dalam dan ruang luar dari bangunan Anda.

Pengembangan Desain

Setelah tahapan desain skematik selesai, maka selanjutnya adalah pembuatan gambar kerja dan detail lengkap konstruksi, yang merupakan output rancangan akhir dari proses desain ini, dan akan diserahterimakan kepada Anda. 

Selanjutnya dari sini Anda sudah bisa mulai mencari kontraktor, pemborong atau pelaksana bangunan untuk mengerjakan konstruksi berdasarkan gambar kerja tadi.

Dokumen Konstruksi

Pada sesi ini, arsitek menyiapkan hasil pembuatan gambar kerja ke dalam wujud format dokumen pelelangan yang dilengkapi dengan tulisan penjelasan rencana kerja serta persyaratan teknis penerapan pekerjaan dan Rencana Anggaran Bayaran( RAB) dll.

Tahapan ini dan yang berikutnya untuk desain rumah tinggal biasanya bersifat opsional, baik dari kesanggupan pemilik maupun kesiapan pihak arsitek. Karena berpengaruh kepada biaya desain perencanaan nantinya.

Administrasi Konstruksi

Administrasi Konstruksi biasanya melibatkan arsitek yang bertindak sebagai perwakilan pemilik selama konstruksi. Melakukan peninjauan dan inspeksi memastikan bahwa kontraktor membangun seperti yang ditentukan dan tidak menyimpang.

Pada tahapan ini akan ada tim pengawas yang ditunjuk oleh arsitek untuk mewakilinya, yang biasanya terdiri dari arsitek lapangan, pengawas struktur (sipil) lapangan dan untuk skala yang besar maka akan ada pula pengawas dari konsultan mekanikal dan elektrikalnya sendiri.

Oleh karenanya seperti disebutkan sebelumnya, pada proyek desain rumah tinggal, dua opsi terakhir ini jarang dilakukan.


Tips: Bagi Anda yang berada di kota Bandung bisa memanfaatkan jasa arsitek rumah Bandung dari Arginuring Arsitek, atau Anda bisa menggunakan layanan jasa desain rumah online dari kami, sehingga bisa fleksibel untuk wilayah, jarak, waktu dan juga aman dari pandemi dll.


Tips dan Informasi Lainnya

Referensi Kontraktor dari Arsitek

Anda mungkin butuh kontraktor untuk membangun rumah Anda setelah menyelesaikan proses jasa arsitek rumah Anda. 

Bila Anda kebetulan membutuhkan kontraktor setelah menyelesaikan proses desain dengan kami, maka kami bisa membantu mereferensikan rekan kami yang memiliki pengalaman lebih dari 26 tahun di bidang jasa kontraktor rumah mewah hingga super mewah, dengan kualitas dan mutu yang sangat memuaskan.

Gambar As-built Drawing

Pada saat pelaksanaan konstruksi, hampir dipastikan terjadi penyesuaian di lapangan, entah karena koreksi, adanya kendala pada lahan, atau hal lainnya yang muncul tanpa bisa diprediksi sebelumnya.

Penyesuaian ini kerap merubah dari desain awalnya, contohnya yang biasa terjadi, jalur pemipaan air bersih atau kotor. Perubahan jalur bisa menimbulkan masalah di kemudian hari, ketika Anda sebagai pemilik bangunan butuh melakukan perawatan atau perbaikan, bisa kesulitan menemukan jalur barunya yang telah berubah.

Untuk ini, Anda bisa meminta kepada kontraktor Anda untuk membuatkan gambar rekaman perubahan, yang disebut sebagai As-built Drawing.

As-built Drawing ini adalah gambar yang diselesaikan oleh kontraktor untuk mendokumentasikan setiap perubahan yang terjadi terhadap desain awalnya selama konstruksi. Sehingga setelah bangunan rumah selesai, Anda bisa memiliki dokumen perubahan terkini yang bisa dijadikan acuan di kemudian hari.

Desain Arsitek Berkelanjutan

Dengan meningkatnya fokus pada masalah lingkungan, sehingga ada beberapa klien yang meminta jasa desain berkelanjutan kepada arsitek mereka. Biasanya mencakup analisis dampak material terhadap kesehatan, desain untuk kesejahteraan, analisis energi, ventilasi, dan cairan komputasi dinamika, penghitungan karbon, penilaian lingkungan keberlanjutan (sustainable) dll.

Layanan ini biasanya untuk bangunan gedung-gedung komersial dan perkantoran, dengan tingkat pengguna yang tinggi.

Desain Arsitek Perkotaan

Di lingkungan perkotaan dimana arsitek merancang agar bangunan dan struktur bisa selaras menciptakan lingkungan tempat tinggal yang menyenangkan, konsep desain ini juga  sama pentingnya dengan desain bangunan individu. 

Desain perkotaan merancang lebih dari satu bangunan, berfokus pada kelompok bangunan, ruang publik, sistem transportasi, pelayanan, dan fasilitas. 

Karena mencakup komponen arsitektur, arsitektur lansekap, dan perencanaan kota, banyak arsitek perlu membawa konsultan eksternal dengan keahlian di bidang perkotaan ini. Sementara ruang lingkup berkembang, desain arsitektur dapat tumbuh sesuai dengan kebutuhan dan membangun perancangan yang jauh lebih holistik.


Tips: Arginuring Arsitek memberikan layanan jasa arsitek rumah Bandung sejak tahun 2000 hingga saat ini. Berfokus pada jasa desain rumah minimalis modern yang nyaman dan fungsional, serta less maintenance.


Manajemen Proyek

Ini akan mencakup layanan apa pun yang menurut pemiliknya tidak mampu mereka tangani sendiri. Ini bisa berupa pemilihan berbagai bahan atau koordinasi dengan pihak lain yang terlibat.

Layanan manajemen proyek tergantung dari kesiapan dan kesanggupan kedua pihak, baik Anda sebagai pemilik maupun arsitek yang dimintakan. Karena melibatkan tim perwakilan dari arsitek, administrasi dokumen pelaksanaan, tim dan konsultan pengawasan dll.

Rendering 3D

Berkat perangkat lunak desain modern, arsitek sekarang dapat membuat model desain 3D dengan kualitas material dan penerapan pencahayaan alami dan buatan yang disimulasikan mendekati/sesuai kondisi aslinya, sehingga bisa memberikan Anda penampakan yang jelas tentang bagaimana bangunan Anda nantinya.

Survei Kondisi Bangunan

Survei kondisi bangunan eksisting dilakukan pada bangunan yang sudah ada. Arsitek dapat membantu mencari masalah struktural atau komponen bangunan yang mungkin perlu dikondisikan ulang.

Survei ini mungkin bisa memunculkan pertanyaan lebih lanjut mengenai: bagaimana kondisi bangunan secara keseluruhan, dapatkah kapasitas saat ini ditingkatkan dengan aman, apakah bangunan tersebut cukup mampu melayani kebutuhan pemilik dll.

Desain Interior oleh Tim Arsitek

Beberapa arsitek akan menyediakan jasa desain interior rumah. Jika arsitek memang menawarkan layanan ini, layak untuk dimasukkan sebagai layanan tambahan jika klien mencari desainer interior. 

Ini menguntungkan proyek untuk memiliki pendekatan holistik yang mencakup semua elemen desain dari awal. Hal ini membuat tugas akhir menjadi lebih lengkap dan kohesif.


Arginuring Arsitek dalam hal ini juga bisa membantu Anda memberikan layanan jasa desain interior tersebut, agar desain rumah Anda menjadi lebih terencana secara arsitektur dan interiornya.


Akhir Kata

Seperti yang telah disampaikan di awal, tidak setiap arsitek akan memasukkan hal yang sama dalam layanan utama dan opsi layanan tambahannya. Tulisan ini hanyalah sebagai panduan secara umum, agar Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih matang mengenai jasa desain arsitektur.

Nah demikian postingan kali ini mengenai jasa arsitek rumah Bandung, apa dan bagaimana, serta tips dan informasinya. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua 🙂

Lihat postingan lainnya:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa arsitek rumah Bandung.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *