Contoh Desain Interior Kamar Tidur Kecil Ukuran 2 m x 3 m

Bagaimana cara mendesain kamar tidur kecil yang bisa digunakan untuk beberapa kegiatan tambahan selain tidur dan beristirahat

Kamar tidur

Pada postingan kali ini kita akan mencoba membahas mengenai desain kamar tidur berukuran kecil, yaitu sekitar 2 m x 3 m. Selain untuk istirahat (tidur, bersantai dll) ia kerap dituntut pula untuk bisa digunakan bagi berbagai aktifitas lainnya – bila ukuran ruangan luas tentu tidak masalah, tetapi bagaimana bila sebaliknya.

Hal diatas kerap membuat pemilik bangunan menjadi pusing, karena dipan dan kasur saja sudah bisa menyita cukup banyak ruang, sedangkan sekarang masih ketambahan pulak dengan fungsi lainnya. Sejauh saya berprofesi sebagai arsitek, maka ini perlu dibantu dengan proses desain interior sebagai solusinya.

Bagi anda yang masih awam kira-kira begini, proses desain arsitekur untuk merancang bentuk gubahan masa dan ruanganya, lalu dilanjut dengan proses desain interior untuk ‘membangun’ suasana / nuansa ruang dalamnya. Salah satunya adalah dengan mendesain secara kustom bagi bentuk perabot/mebeler ruangan.

Lazimnya, kamar tidur kecil yang dimaksud disini adalah :

  • Kamar tidur anak.
  • Kamar kost.
  • Kamar tidur asrama.
  • Kamar tidur kerja / lapangan / proyek dll.
  • Kamar tidur lainnya yang memang dibutuhkan mendukung multi kegiatan.

Berdasarkan acuan diatas, saya coba iseng desain sebuah rekaan kamar tidur yang kira – kira bisa untuk segala kebutuhan tersebut, tentunya ini bersifat acuan / opsi saja, berbagai perabot dan fungsi bisa dirubah atau disesuaikan dengan kebutuhan kita yang lebih spesifik.

Desain berikut tidak dengan kamar mandi dalam, mengenai hal itu silakan anda modif sendiri.

Interior 2 m x 3 m

Penampakan denahnya menurut saya seperti ini. Kenapa? Karena kita harus mempertimbankan ukuran lebar dipan yang kurang lebih 1 m s/d 1.05 m dan lebar pintu.

desain interior kamar tidur kecil

Sedangkan untuk penampakan desain interiornya kurang lebih seperti dibawah ini. Oya, salah satu dinding di sisi kamera saya hilangkan ya, agar sudut pandang kameranya bisa masuk, posisi dinding ini persis bersebelahan dengan kusen jendela putih.

Dari penampakan dibawah ini kurang lebih konsepnya sederhana, tidur diatas, aktifitas dibawah dan lemari disisi dipan. Lampu belajar bisa ditambahkan di bawah dipan untuk menerangi meja dibawahnya.

kamar tidur kecil

Laci tumpuk yang ada di sebelah kanan meja – dekat kusen jendela, kita beri roda di bawahnya, sehingga ia bisa fleksibel geser kiri kanan depan dll. Dibelakang laci ini, kita buatkan lemari pendek, jadi kalau ada bukaan lemari yang terhalang laci didepannya, bisa kita geser lacinya, dan lemari bisa dibuka.

Variasi lainnya adalah pertukaran posisi lemari dengan tangga, lemari bisa kita letakan belakang posisi tangga, sehingga ia menyatu dengan rangka dipan, lalu tangga kita geser ke area lemari dan dirubah tangganya menjadi tangga berundak, dan dibawah tangga miring tersebut bisa kita buatkan lemari – lemari kecil, laci dll dll.

Hanya saja meja belajar menjadi lebih sempit, kalau saya pribadi kurang suka, tetapi ini terserah selera masing – masing.

Opsi tambahan, kamar dengan ukuran 2.6 m x 3 m

Ini saya ada buatkan opsi tambahan juga, ukuran kamanya kita tambahkan 60 cm menjadi 2.6 m x 3 m. Posisinya di seberang dipan dan meja belajar.

Nambah sedikit, tetapi dapatnya bisa jauh lebih banyak, berkali lipat. Menurut saya ini yang paling optimum.

design interior kamar tidur kecil

Kita bisa lihat penampakan desain interiornya menjadi seperti dibawah ini. Sisi seberang dipan bisa kita tambahkan seabrek meja, laci, lemari dll. Dan bentuk desainnya pun masih sangat bisa bervariasi sesuai kebutuhan kita.

kamar tidur kecil
kamar tidur kecil
kamar tidur kecil

Bisa kita lihat kan, dengan hanya penambahan 60 cm, begitu banyak furnitur yg bisa diolah disana.

Kurang lebih seperti itulah contoh acuan bagi desain kamar tidur kecil versi saya. Kurang lebihnya – sekali lagi, silakan di modif sendiri sesuai kebutuhan 🙂

Data :

  • Tinggi plafond 3 m
  • Tinggi kusen jendela 2.4 m
  • Barang diatas meja seberang dipan ;
    • VR camera
    • PlayStation 5 + 2 joysticks
    • Smart TV kekinian
    • Piano Keyboard
    • Aquarium kecil, jangan tanya itu ikan apa….

Data yang belum tersedia :

  • Merek gitar yang ada diatas lemari?
  • Berapa tinggi godzilla sebenarnya? (bingkai merah diatas dipan)
  • Berat badannya?

Silahkan posting pendapat atau jawaban anda pada kolom comment dibawah ini 🙂

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai contoh desain kamar tidur kecil, yang mungkin diperlukan karena keterbatasan lahan atau budget. Semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua 🙂

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah online seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...