Desain Rumah Totoro

Kisah kehidupan keluarga sebagai sumber inspirasi desain

Desain rumah yang terinspirasi dari kisah anime Totoro, Studio Ghibli

Dirancang agar bisa mempererat hubungan keluarga didalamnya dan juga terhadap lingkungan sekitarnya

Jadi menurut arsiteknya – CplusC, desain rumah ini terinspirasi dari film anime Totoro karya Studio Ghibli. Bukan dari bentuk rumah yang ada pada film animenya, tetapi pada kisah kehidupan keluarga tokoh karakter disana, yang erat dan penuh jalinan kasih sayang.

となりのトトロ – Tonari no Totoro – My Neighbor Totoro

CplusC menceritakannya sebagai berikut (terjemahan bebas).

Tiga dekade yang lalu, film animasi fantasi Studio Ghibli yang berjudul Totoro mengajarkan kepada kita betapa pentingnya suatu hubungan; dengan keluarga, teman-teman dan alam sekitar. Sama halnya dengan konsep desain rumah Totoro ini, sangat banyak terinspirasi oleh ikatan keluarga yang erat dari klien pemilik rumah, juga hubungan antara mereka dengan lansekap sekitar.

Untuk menerjemahkan ikatan ini menjadi sebuah bentuk arsitektur, maka pada desainnya sengaja dihilangkan berbagai pembatas dan menggabungkan ruang tamu, ruang makan dan dapur menjadi satu ruang yang saling berhubungan. Dinding yang memisahkan ruangang ditata ulang sehingga mampu membuat penghuninya tetap bersama meskipun melakukan kegiatan atau pekerjaan yang berbeda.

Ada bagian dari bangunan yang sengaja diperluas / ditarik keluar untuk membentuk ruang tamu luar, area masak dan area duduk, sehingga menciptakan ruang peralihan antara rumah dan halaman. Selanjutnya dari ruang makan ke jendela ruang yang menghadap halaman belakang diberikan motif melingkar, dan untuk desain bingkai transisi dari ruang dalam keluarnya mengikuti konsep Shakkei.

Ini memberi kesan rasa tenang selama hari hari-hari bersekolah yang sepi, sambil tetap menghubungkan rumah dengan halaman belakang untuk olahraga keluarga di malam hari.

Menarik, desain rumah yang mengusung konsep membangun dan menjaga keeratan hubungan keluarga pasti sangat pantas mendapat perhatian, siapa sih yang tidak mau punya rumah yang bisa membuat keluarga menjadi lebih dekat satu dengan lainnya 🙂

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai desain rumah yang terinspirasi dari kisah film anime Totoro, semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua 🙂

KUSAKABE Tatsuo dan keluarga – Totoro

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah online seluruh Indonesia.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis. View all posts by Argi Nuring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *