Bagaimana Cara Memperbaiki Atau Menambal Atap Genteng Rumah Bocor

Kebocoran atap, kenali dan ketahui penanggulangannya

Kasus kebocoran atap kerap menjadi hal yang memusingkan, terutama saat musim hujan tiba

Mari kita coba simak bersama apa penyebab dan bagaimana cara perbaikannya

Hampir setiap orang pernah mengalami atap bocor di rumahnya. Bagaimana cara mengatasi atap genteng rumah ketika bocor menjadi hal yang paling banyak dicari baik lewat artikel maupun bertanya langsung dengan orang yang pernah mengalami dan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Seperti kita tahu penutup atap sendiri ada berbagai rupa, seperti ; genteng (tanah liat, keramik, beton), metal (seng, zinc alum), asbes, aspal dll. Banyak sekali ragamnya. Tapi pada kesempatan kali ini kita bahas yang paling umum saja.

Permasalahan kebocoran atap rumah biasanya sebagai berikut:

  • Terjadi retak atau bocor
  • Timbul gelombang tidak beraturan
  • Terjadi rembesan
  • Retak pada coran dak beton

Puncaknya yang paling bikin pusing adalah ketika bocor di satu area tetapi sumbernya tidak diketahui ada di mana. Tentu perlu usaha, sehingga sangatlah beruntung bila kita bisa langsung menemukan sumber utama kebocoran tersebut.

Agar atap genteng rumah bocor ini dapat teratasi dengan tuntas, maka sumber awal kebocoran harus ditemukan, nah agar kita bisa efektif dan menghemat waktu dalam pencarian ada baiknya membaca tips dibawah.

Berikut ini beberapa masalah bocor yang sering terjadi dan bagaimana cara mengatasinya :

Memperbaiki atap akibat genteng merosot / melorot

Ada beberapa penyebab genteng rumah merosot, bisa karena atap terlalu miring sehingga menyebabkan genteng terlepas dari dudukan reng. Bisa karena pemasangan genteng yang salah sehingga saat ada hujan atau angin kencang genteng melorot dari dudukannya. Bisa juga karena rangka atap keropos termakan usia.

Jika bocor yang masuk ke dalam rumah volumenya besar, cobalah segera tutup atap dengan terpal agar air tidak terus masuk kedalam rumah. Jika hal ini sulit untuk dilakukan, buatlah lubang di plafon searah area jatuhnya air agar dapat langsung dialirkan turun, ditampung dan kemudian dibuang.

Penjebolan ini memang berakibat merusak sebagian plafon, tapi ini bisa menjadi solusi tercepat dalam mengatasi limpahan air agar tidak merembes ke plafon lainnya. Jika bocor yang masuk kecil, bisa diperbaiki setelah hujan reda. Segera lap kering bagian atas plafon agar tidak ada sisa genangan air yang bisa membuat plafon rusak.

Kita bisa melakukan langkah diatas sebagai usaha menghemat uang untuk menghindari lebih banyak lagi plafon yang bocor, plus belum tentu juga tersedia terpal menganggur di rumah kita kan?

Memperbaiki atap jika ada genteng yang pecah

Genteng pecah bisa diakibatkan karena kejatuhan benda-benda yang ada disekitar rumah seperti batang / ranting pepohonan dll. Jika didapati ada genteng yang pecah maka harus segera diganti, tetapi jika hanya retak ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Jika retaknya tidak besar bisa diatasi dengan melapisi waterproofing. Waterproofing dilakukan dalam kondisi genteng kering. Potong serat fiber pada bidang genteng sesuai ukuran lalu oles dengan larutan waterproofing. Agar tambalannya kuat dan tidak terlepas kembali, tutup area ini dengan terpal.

Memperbaiki atap jika ada bubungan yang retak

Bubungan retak bisa diakibatkan oleh perubahan cuaca yang tidak menentu. Biasanya area bocor yang terjadi tak lebih dari 50 cm ke arah kanan dan kiri posisi bubungan yang retak. Jika terjadi retak pada area bubungan, segera tambal dengan waterproofing tipe semen atau tambahkan sealent diantara retakannya.

Memperbaiki atap jika ada bocor pada talang

Bentuk dan ukuran talang yang tidak sesuai dengan kapasitas air yang masuk ke talang dan adanya tumpukan sampah sehingga air tidak dapat mengalir, adalah penyebab utama talang bocor.

Jika ada bagian talang yang bolong tutup dengan lakban sebagai pencegahan awal. Jika sambungan yang bocor langsung perbaiki dan rekatkan sambungannya.

Memperbaiki atap jika ada retakan pada dak beton

Jika terjadi retakan besar, isi retakan dengan semen setelah sebelumnya diberikan cairan additive bonding agent. Jika terjadi retakan kecil, bobok bagian yang retak agar retakan menjadi lebih besar sehingga proses penambalan bisa dilakukan dengan lebih baik. Pada bekas retakan oleskan waterproofing dengan serat fiber, tujuannya untuk menutup lubang kecil dengan sempurna.

Memperbaiki atap jika ada rongga diantara dua dinding

Untuk masalah bocor ini, tutup celah antar tembok dengan plesteran dari semen instan hingga tertutup rapat. Diamkan 1×24 jam sampai plester mengering. Lapisi permukaan yang diisi plesteran dengan waterproofing yang berbahan dasar semen ditambah kain kasa sebanyak dua kali pelapisan.

Akhir

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi atap genteng rumah yang bocor. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu siapapun yang membutuhkannya.

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain arsitek rumah minimalis di Bandung.

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *