Pengertian Vila / Villa, dirangkum dari berbagai sumber

Kumpulan deskripsi dan pengertian vila

Vila (villa)

Vila itu apa sih? Apa itu Villa? Vila adalah? Arti dan deskripsi Vila? dll. Mari kita coba lihat dari beberapa pengertian yang ada.

Pengertian vila menurut wikipedia, terjemahan bebas sbb:

Vila pada awalnya adalah sebutan untuk rumah pedesaan bagi kalangan kelas atas di jaman romawi kuno. Seiring jaman, gagasan dan fungsi vila telah mengalami perkembangan pesat. Setelah jatuhnya republik romawi, vila-vila kerap menjadi komplek pertanian kecil, lalu secara bertahap berkembang menjadi rumah pedesaan (luar kota) kelas atas yang elegan.

Villa Medici in Fiesole

Dalam bahasa modern, “vila” dapat merujuk pada berbagai jenis dan ukuran tempat tinggal, mulai dari vila pinggiran kota hingga tempat tinggal di alam perkotaan.

Deskripsi lain pengertian vila dari sisi properti

  • Vila dianggap sebagai properti yang digunakan untuk tinggal sementara kala berlibur, pada waktu-waktu tertentu saja, bukan setiap hari.
  • Vila adalah bangunan besar dan terpisah dengan tanah luas mengelilinginya, biasanya dilengkapi dengan fasilitas liburan seperti kolam renang dan kegiatan santai lainnya.
  • Vila umumnya merupakan rumah bagi satu keluarga, berbeda dengan kondominium dan townhome yang dirancang untuk menampung banyak keluarga.
  • Vila dapat ditemukan di daerah berpenduduk sedikit, sedangkan kondominium dan townhome berada di daerah yang lebih padat penduduknya.
  • Vila bisa sangat mirip dengan rumah standar keluarga tunggal, tetapi vila juga dikenal sebagai rumah mewah yang lebih besar dengan taman, kebun atau halaman sendiri, dengan fasilitas seperti hotel dan perlengkapan air, seperti kolam dan air mancur. Karenanya, vila dikenal sebagai tujuan yang lebih pribadi dan elegan bagi orang-orang yang ingin pergi berlibur, memiliki suasana privat bila dibandingkan dengan hotel yang umum.
Vila tropis

Pengertian vila – pendapat pribadi

Dari beberapa pengertian diatas, kalau saya berpendapat seperti ini :

Vila adalah rumah tinggal privat/disewakan, di luar perkotaan, yang ditinggali sementara kala berlibur. Bentuk desainnya biasanya berupa bangunan mewah, dikarenakan sarana pendukung liburan yang menyertainya, seperti; kolam renang, sarana bersantai, rekreasi, olah raga dll.

Vila jaman now

Tinjauan secara arsitektur

Lainnya, berbelok sedikit, kalau dilihat dari segi desain arsitektur, saya melihat vila juga sebagai rumah tinggal yang biasanya dikelilingi dengan permainan hardscape (perkerasan tanah) dan landscape / lansekap (pertamanan).

Kenapa? Karena salah satu cara menghidupkan suasana pada vila adalah pada lansekap tadi, ketika kita berlibur tentunya kita cenderung ingin menikmati suasana santai, vegetasi alam yang indah, bukan dinding dan kebisingan perkotaan.

Jadi bisa juga vila memiliki kemiripan dengan resort santai, semacam resort tropical dll.

Nah itu tadi pengertian vila, baik dari literatur, referensi dan saya pribadi (IMHO), bagaimana kalau menurut anda? Ada pengalaman / pengetian / definisi lain? Hayuk gabung komen di bawah:)

Oya paragraph awal diatas menyinggung tentang villa yang berawal dari jaman romawi kuno, bila anda ingin tahu lebih jauh mengenai masa romawi tersebut bisa coba cari keyword ‘Asterix dan Obelix’ di google :p

Asterix, Obelix & Roman – René Goscinny & Albert Uderzo

Akhir

Nah demikian postingan kali ini mengenai pengertian vila, semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua 🙂

Lihat juga postingan lainnya mengenai:

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah online seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Huh?...