Retak Rambut & Retak Struktur Pada Dinding

Retakan dinding, apa dan mengapa serta penanggulangannya

Bagaimana cara kita mengenali jenis retakan pada dinding bangunan rumah kita

Jenis retakan dinding yang umum dan bagaimana cara pencegahannya

Retak rambut

Retak rambut biasanya terjadi pada dinding baru yang diakibatkan oleh fenomena penyusutan. Sesuai namanya, retakan ini sangat kecil atau tipis – lebarnya mungkin hanya sekitar 0.08 mm dan memiliki kedalaman retakan yang dangkal.

Periode kemunculan retak rambut ini kerap terjadi pada 1 – 2 tahun pertama setelah dinding selesai. Kadang kualitas dari pekerjaan kontraktor juga berpengaruh, semakin baik mereka mengerjakannya maka kemunculan retak rambut ini juga semakin sedikit, sebaliknya, kontraktor/pemborong amburadul maka retak rambut akan meneror sejauh mata kita memandang.

Walau retak rambut ini tidak separah seperti pada retak struktur, ia tetap bisa menimbulkan masalah perawatan, yang berdampak pada tambahan biaya – dan pusing kepala.

Oleh karenanya mari kita coba mencerahkan diri mengenai retak dinding ini, agar lebih paham dan siap menghadapinuya – apabila terjadi.

Penyebab terjadinya retak rambut pada dinding bangunan

Retak rambut biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  1. Perubahan temperatur dan kelembaban.
  2. Kehilangan kadar air.
  3. Kehilangan elastisitas akibat pembebanan.
  4. Perubahan volume sehingga menimbulkan pergeseran dinding.
  5. Pengerjaan yang buruk dan kelalaian.
  6. Efek samping bahan campuran – Alkali dll.
  7. Kualitas pasir yang digunakan.
  8. Komposisi adukan yang tidak sesuai atau merata.

Penjelasan sederhananya seperti pada tanah kering, yang setelah kehilangan kelembaban dan kandungan airnya maka menjadi kering dan pecah-pecah karena getas.

Cukup jelas lah ya ilustrasinya.

Cara pencegahan retak rambut pada dinding bangunan

  1. Gunakan pasir yang berkualitas baik.
  2. Pastikan pekerjaan adonan campuran semen dan pasir sesuai takaran yang direkomendasikan dan tercampur merata.
  3. Aplikasikan cat dinding yamg memiliki sifat plastis/latex sehingga dapat merenggang ketika terjadi retak dan bisa tetap menutupinya.
  4. Pilih kontraktor/tukang yang terampil dalam pengerjaannya.
  5. Untuk dinding berukuran panjang atau sangat tinggi, pertimbangkan untuk memberikan sambungan renggangan (expansion joint) vertikal/horizontal, sehinga retakan dapat dibatasi penyebarannya. Namun untuk hal ini kita harus berkolaborasi dengan ahli struktur untuk efektifitas dan kelayakannya.

Ini ada video mengenai expansion joint (bahasa inggris).

Lihat wikipedia untuk expansion joint (inggris).

Berikutnya kita beralih kepada retak struktur.

Retak struktur

Retak struktur bisa menandakan adanya masalah pada struktur rumah kita. Berbeda dengan retak rambut yang hanya berpengaruh pada dinding, masalah struktur bisa berdampak pada keamanan sebagian atau keseluruhan bangunan.

Indikasi kerusakan struktur bisa kita lihat pada panjang dan besar/lebarnya retakan pada dinding. Bila lebarnya signifikan, lebih dari 2 – 3 cm dan retakan tetap terjadi/berulang walau sudah diperbaiki/dilapis ulang, atau kita menjadi kesulitan menutup jendela dan pintu, ini bisa menjadi penanda masalah struktur.

Pada saat ini ada baiknya kita menghubungi kontraktor/profesional untuk menilai situasi dan bila perlu melakukan perbaikan bagi kita.

Ciri retakan struktur

Untuk mengukur seberapa serius retak dinding yang ada, kita bisa mencoba memperhatikan bentuk retakan dan arahnya pada dinding.

Retak Vertikal

Jika retakannya vertikal dan mulai dari pertemuan atas dinding dengan plafond, ini mengindikasikan bahwa retakan terjadi akibat pondasinya masih bergeser beberapa saat setelah bangunan selesai.

Tentunya yang kita inginkan adalah pondasi sudah diam – mencengkram dari sejak awal konstruksi.

Retak vertikal ini biasanya cenderung satu arah, tidak berbelok. Berikutnya mengenai retak horizontal.

Retak horizontal

Jika arah retakannya berarah horizontal dan ada belokan atau ada bersudut 45 derajat dan bergerigi (tidak lurus mulus), ini bisa menjadi pertanda masalah pergeseran pondasi yang parah, tidak kuat menopang, amblas atau tanah tergerus air dll.

Retak permukaan/cacat dinding seringkali bisa diperbaiki dengan dempul dan cat ulang dinding, tetapi untuk retak struktur yang lebar sebaiknya hubungi pihak yang profesional di bidangnya. Sama seperti paragraph sebelumnya, agar mereka bisa memberi kita masukan/penilaian dan bila perlu renovasi untuk mencegah kerusakan lebih jauh.

Tonjolan paku/sekrup

Bila kita menemukan kepala paku atau sekrup yang menonjol keluar permukaan dinding dengan sendirinya, ini bisa menjadi penanda juga. Karena paku/sekrup tadi terdorong keluar dinding akibat adanya pergerakan dinding, yang diakibatkan masalah struktur tadi.

Pencegahan retak struktur

  1. Lakukan desain perancangan yang baik, dari segi arsitektur dan struktur. Bila perlu lakukan sondir tanah dan analisa perhitungan struktur.
  2. Pilih kontraktor bangunan yang kompeten dan berkualitas.
  3. Karena hampir semua masalah struktur berawal dari pondasi, berikan perhatian lebih pada poin ini, baik harga dan kualitas.
  4. Diskusikan penawaran dari kontraktor anda, dengan harga yang mereka tawarkan, seperti apa kualitas pondasi dan struktur yang akan didapat nantinya. Kalaupun anda ingin menawar harga, sebisa mungkin jangan sampai mengorbankan struktur.
  5. Luangkan waktu anda untuk meninjau pengerjaan pondasi, karena bagian ini akan tertutup tanah sehingga baik buruk kualitasnya akan menjadi tidak terlihat.
  6. Hindari mendesain kantilever yang berlebihan tanpa dukungan analisa dan perhitungan struktur yang baik, ini bisa membebani struktur bangunan dan menimbulkan keretakan.

Pada akhirnya

Demikian postingan kali ini mengenai retakan dinding, kita berharap dengan memahami penyebab masalahnya maka kita bisa semakin berpeluang menghindari retakan dinding di kemudian hari.

Selebihnya bila kerusakan ini memang telah terjadi dan anda ingin melakukan perbaikan, maka anda bisa mencoba menyewa jasa kontraktor bangunan rumah tinggal yang ada di wilayah anda untuk perbaikannya.

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain arsitek untuk rumah minimalis di bandung

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *