Contoh Berbagai Desain Ruang Kantor

Bagaimana Cara Mendesain Ruang Kantor Yang Nyaman Dan Efisien

Ruang kerja individu dan kelompok

Jaman sekarang sistem kerja sudah sangat berkembang (contoh ruang kantor Google, Facebook dll), tapi bentuk tatanan ruang kantor masih tetap mengikuti beberapa pakem desain yang telah ada dan terbukti berhasil.

Jadi, inovasi bukan harus bongkar dinding dan membuat ruang kreatif baru, yang penting desain kantor harus memperhatikan semua detil setiap pekerjaan secara terpisah sesuai fungsinya.

Ini kebetulan dapat sumber dari internet, mengenai ragam desain ruang kerja kantoran yang bisa menambah pencerahan dan wawasan kita bersama 🙂

Yang namanya kerja di kantor kita mungkin sekali duduk pindah-pindah ke tempat yang berbeda. Bisa karena butuh konsentrasi atau karena bosan. Dalam bekerja kita juga akan butuh untuk berbicara dengan sesama rekan kerja, diskusi bersama, menghadiri rapat dll.

Oya, nama ruangnya saya tetap ambil dari bahasa asingnya ya, karena kalau di terjemahkan ke Bahasa Indonesia malah jadi membingungkan.

Ruang kerja individual

Haven

Haven dapat berupa ruangan tertutup, rumah kantor (SOHO/rukan), atau ruang yang dibatasi oleh dinding pemisah/partisi. Ruang ini berfungsi sebagai tempat tersendiri di mana kita dapat bekerja dengan penuh konsentrasi, tanpa gangguan, dan pada saat yang sama berfungsi sebagai tempat untuk bersantai.

Hive

Secara umum, Hive dipahami sebagai kelompok workstation, yang menyediakan lingkungan bagi beberapa orang untuk bekerja secara harmonis, baik individu atau kolaboratif. Hive memanfaatkan ruang bersama ini untuk membantu meningkatkan efektifitas kerja serta kenyamanan beraktifitas kelompok.

Jump space

Jump Space adalah tempat kerja untuk periode waktu yang sangat singkat dalam satu hari, terdiri dari ruang yang sangat mudah diakses untuk memfasilitasi kerja antar kegiatan. Karena alasan ini, desainnya cenderung terletak di tempat yang terdapat banyak orang berkumpul atau dekat persimpangan lalu lalang yang ramai. Jump Space dapat membantu menghubungkan orang-orang dari berbagai departemen atau tim, yang biasanya jarang bertemu sehingga bisa secara spontan lebih sering bertemu dan berinteraksi.

Ruang kerja kelompok

Clubhouse

Clubhouse adalah ‘komunitas kerja’, yang umumnya milik tim yang ditugaskan untuk proyek jangka panjang tertentu. Ini terdiri dari berbagai titik kerja individu dan kelompok, yang memungkinkan orang untuk berpindah antar tugas dan kegiatan dengan mudah dan intuitif, menggunakan berbagai teknologi seperti; seluler, pribadi dan jarak jauh.

Cove

Cove adalah ruang kecil, yang terletak di dekat titik kerja individual atau area umum, yang memungkinkan orang untuk bertemu dan terhubung dalam waktu singkat. Cove ini ideal untuk pertemuan kecil dan cepat di mana peserta tidak ingin mengganggu orang-orang di sekitar mereka. Oleh karena itu, Cove harus memiliki partisi yang cukup untuk menghindari mengganggu seluruh kantor. Ruang-ruang ini umumnya digunakan oleh orang-orang yang bekerja berdekatan satu sama lain.

Workshop

Workshop adalah tempat yang ideal bagi orang-orang untuk bekerja bersama untuk menghasilkan ide-ide baru dan mendorong efektifitas pada pekerjaan mereka. Dalam hal ini, orang harus dapat melihat dan mendengar dengan mudah, bahkan ketika mereka tidak hadir secara fisik (peralatan bergerak/gajet dll).

Demikian posting kali ini mengenai pakem desain ruang kantor untuk bekerja bagi individu dan kelompok yang semoga bisa menjadi pencerahan bagi kita semua 🙂

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain arsitek di bandung

Summary
Contoh Berbagai Desain Ruang Kantor
Article Name
Contoh Berbagai Desain Ruang Kantor
Description
Bagaimana cara mendesain ruang kantor yang nyaman dan efisien. Berbagai conoth ruang kerja untuk pekerjaan individu dan kelompok
Author
Publisher Name
Internet
Publisher Logo

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *