Desain Rumah Jepang Dengan Ruang Minum Teh Gaya Ryūrei

Seri Desain Rumah Jepang

Karya Takashi Okuno & Rekan

Matsuyama, Jepang

Rumah dengan ruangan minum teh gaya Ryūrei (upacara minum teh dilakukan sambil duduk di kursi) yang berada di lingkungan perumahan yang tenang di dekat pegunungan Matsuyama.

Lihat wikipedia untuk upacara minum teh dan gaya ryūrei

Lokasi rumah ini berdekatan dengan area bersejarah tempat peristirahatan jaman dahulu bagi para penguasa provinsi (Daimyo) Matsuyama. Sehingga pemilik rumah ini tumbuh besar dengan banyak paparan upacara minum teh.

Agar ruangan upacara minum teh ini tetap dapat digunakan oleh pemilik hingga usia tua mereka, maka desainnya dibuat agar para tamu yang hadir bisa menerima jamuan teh sambil tetap duduk di kursi, dengan tetap memiliki jalur-jalur yang sesuai dengan alur upacara minum teh tersebut.

Tema utama dari desain rumah Jepang ini adalah bagaimana membagi ruang keluarga dengan ruang upacara minum teh dengan cara yang terbaik.

Ruang upacara minum teh dapat diubah tergantung kebutuhan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan penggunaan shōji (panel kisi kayu berlapis kertas) sebagai partisi ruangan. Adapun ruangan upacara minum teh ini berukuran 4,5 tatami. Bila shōji dibuka maka ruangan bisa menjadi ruang besar dengan kursi. Dengan menurunkan atau menaikkan kerai, kita dapat membuat lorong atau ruang ekstra untuk tempat duduk tamu. Dapur dan ruang teh telah diatur berdekatan satu sama lain untuk lebih meningkatkan kenyamanan.

Ruang tamu dan ruang makan mempunyai nuansa ruangan yang luas berkat desain langit-langitnya yang terbuka di bawah atap lebar. Langit-langit tinggi ini menghubungkan ruang ke lantai dua. Di lantai dua disediakan jendela samping tinggi yang dapat berfungsi untuk ventilasi.

Bahkan selama bulan-bulan cuaca dingin yang tidak memerlukan AC atau pada hari-hari dengan angin yang sangat sedikit, ventilasi gravitasi ini bisa menciptakan udara yang mengalir melalui ruang dengan baik sehingga menjamin kesejukan ruangan.

Desain pada rumah Jepang ini berusaha memberikan cara terbaik untuk mengintegrasikan tradisi dengan gaya hidup modern. Dengan tetap mengikuti dan menjaga berbagai persyaratan desain yang diberikan, Takashi Okuno telah mendesain ruangan yang dapat digunakan terus menerus hingga tahun-tahun mendatang.

Dengan keinginan yang kuat dari tim arsitek tersebut, mereka telah terbukti mampu menjawab berbagai tantangan yang ada pada desain rumah Jepang ini.

Demikian posting kali ini mengenai desain rumah Jepang dengan ruang upacara minum teh, karya dari Takashi Okuno & rekan.

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain arsitek untuk rumah  minimalis di bandung

Summary
Desain Rumah Jepang Dengan Ruang Minum Teh Gaya Ryūrei
Article Name
Desain Rumah Jepang Dengan Ruang Minum Teh Gaya Ryūrei
Description
Desain rumah Jepang yang memiliki ruangan untuk upacara tradisional minum teh gaya Ryūrei. Matsuyama, Jepang, karya Takashi Okuno & Rekan
Author
Publisher Name
Internet
Publisher Logo

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *