Pencahayaan Luar Ruangan Bangunan Rumah Tinggal

Berbagai jenis lampu untuk pencahayaan dan penerangan lansekap

Apa saja yang perlu kita ketahui mengenai berbagai jenis pencahayaan dan penerangan area luar

Pencahayaan eksterior untuk menghidupkan tampak/fasad bangunan

Penerangan eksterior yang di desain dengan apik bisa menghidupkan fasad dan ruang luar bangunan. Nah pada postingan kali ini kita coba bahas mengenai apa dan bagaimana penerangan/pencahayaan eksterior ini.

Beberapa tujuan dari desain penerangan luar adalah sebagai berikut:

  • Keamanan
  • Pencahayaan lanskap
  • Efek dramatis

Jadi kita jangan asal taruh titik lampu saja di taman, tetapi sebisa mungkin dapat berintegrasi dengan bangunan dan lanskap yang ada. Semakin kita memahami permainan antara terang dan gelap, maka kita bisa menggunakan kontras dan bayangan untuk menciptakan ruang luar yang menginspirasi dan menarik.

Bagaimana kita mengawali desain pencahayaan eksterior

Kita bisa awali dengan menetapkan tujuan desain utamanya, kira-kira apakah untuk membantu mengidentifikasi/mengarahkan kepada suatu fitur tertentu, mendramatisasi suatu permukaan yang biasanya tidak menonjol, atau memang hanya untuk memperjelas jalur/jalan masuk pada lanskap tersebut?

Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor keamanan dan pemeliharaannya juga.

Jenis pencahayaan eksterior

Lampu kerja (task lighting)

Jenis penerangan ini penting untuk menerangi jalur dan pintu masuk. Jenis lampu yang digunakan biasanya lampu jalur, lampu dek dan lampu pijakan. Jika letaknya terpapar hujan, pastikan produk yang dipakai tahan air.

Lampu penerangan umum (ambient lighting)

Lampu penerangan ini adalah lampu yang sudah ada sejak awal, sebelum adanya lampu/pencahayaan tambahan. Jenis ini menyediakan penerangan yang bersifat keseluruhan. Hindari menggunakan bohlam yang terlalu terang diluar karena bola lampu dengan watt lebih rendah atau memiliki keluaran lumens yang lebih rendahpun umumnya sudah memadai dalam gelap. Contohnya adalah lampu dinding luar atau lampu kotak pos.

Jenis lampu ini biasanya memancarkan tingkat kecerahan yang nyaman tanpa silau dan memungkinkan kita melihat dan berjalan dengan aman.

Pencahayaan aksen (accent lighting)

Lampu aksen bertujuan untuk menambahkan unsur drama ke ruang luar dengan menciptakan minat visual, dengan memfokuskan pencahayaan kepada fitur tertentu, seperti: jalan setapak, pintu dan lanskap. Atau kita juga bisa gunakan untuk menyoroti pohon, area tanam dan detil arsitektur.

Biasanya jenis pencahayaan ini menggunakan lampu sorot, misalnya diletakan pada pohon yang tinggi akan mendramatisasi efek struktur pohon yang lebih tinggi.

Perlengkapan pencahayaan eksterior

Lampu jalan

Ini adalah jenis pencahayaan lanskap yang paling umum. Lampu jalan biasanya berbentuk tiang kecil yang memiliki cahaya terpasang dan ditutup dengan diffuser. Lampu ini dapat digunakan untuk membingkai ruang atau fitur di halaman, atau menyebar di jalan setapak. Lampu-lampu ini dapat juga ditempatkan di sekitar kolam, di sepanjang jalan masuk atau melapisi jalan setapak.

Lampu langit-langit & lampu gantung

Lampu langit-langit dan lampu gantung biasanya dipilih untuk lokasi lembab di mana mereka tidak pernah terkena hujan secara langsung. Dibuat untuk diintegrasikan di permukaan atau sebagai lampu utama, lampu jenis ini biasanya diatur sebagai perlengkapan yang lebih terang dibandingkan lampu lainnya. Kita dapat menemukan lampu gantung dalam berbagai gaya yang menawarkan berbagai tingkat kecerahan.

Lampu dinding

Biasanya berupa lampu teras depan atau belakang, lampu dinding dapat dipasang di hampir semua permukaan vertikal. Lampu dinding luar biasanya digunakan untuk tujuan dekoratif, memberikan pencahayaan umum atau aksen daripada pencahayaan yang cerah. Ini adalah pilihan ideal untuk teras atau beranda.

Lampu pos & dudukan lampu dermaga

Seperti namanya, lampu pos adalah perlengkapan yang dipasang di atas tiang. Ketika cahaya yang lebih arsitektural dibutuhkan, lampu ini dirancang untuk dipasang pada tiang atau di atas struktur. Biasanya digunakan untuk pintu, gerbang, pagar atau di sekitar dek.

Lampu ini disiapkan untuk penempatan di area terbuka sehingga masuk dalam kategori lampu tahan air/lampu basah, yang memang dirancang untuk menahan paparan air hujan dan kelembaban.

Lampu dermaga mirip dengan lampu pos, tetapi dirancang untuk dipasang di atas kolom atau dinding.

Lampu lansekap

Pada pencahayaan lansekap sistem yang digunakan adalah yang memiliki tegangan rendah dan terpisah dari lampu dinding serta langit-langit. Lampu jalur, titik, dan lampu sorot dapat digunakan dalam kombinasi untuk menciptakan pencahayaan yang seolah memilik lapisan.

Lampu sorot dapat digunakan untuk menampilkan sejumlah elemen luar seperti pohon, bangunan, detail pahatan dan arsitektur. Lampu tanam dapat juga digunakan untuk menciptakan tampilan yang mulus pada lansekap dan perkerasan tanah.

Lampu deck dan pijakan

Lampu deck dan pijakan dipasang langsung ke perkerasan tanah/lansekap atau decking halaman. Mereka digunakan sebagai aksen untuk detail arsitektur dan menambahkan keamanan bagi tangga yang gelap. Lampu ini juga dapat digunakan untuk memapari penerangan pada dinding batu atau menerangi ruang hiburan.

Nah itulah sekilas mengenai jenis penerangan/pencahayaan eksterior, semoga bisa mencerahkan kita semua. Misalkan ada yang butuh buat proyek nyata atau informasi lebih spesifik bisa coba konsultasi langsung dengan konsultan desain yang bergerak di bidang pencahayaan tersebut, mengenai siapa konsultannya silakan cari sendiri di internet ya 🙂

Demikian posting kali ini mengenai jenis penerangan untuk diluar bangunan rumah tinggal.

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain arsitek untuk rumah  minimalis di bandung

Summary
Pencahayaan Luar Ruangan Bangunan Rumah Tinggal
Article Name
Pencahayaan Luar Ruangan Bangunan Rumah Tinggal
Description
Berbagai jenis lampu untuk pencahayaan dan penerangan lansekap. Apa saja yang perlu kita ketahui mengenai berbagai jenis pencahayaan dan penerangan area luar
Author
Publisher Name
Internet
Publisher Logo

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *