Rumah Jepang Modern Dengan Konsep Minka

Desain kekinian dengan sentuhan konsep vernakular

Sebuah harmoni dari dua masa yang berbeda

Minka

Minka (民家) adalah sebuah rumah vernakular yang dibangun berdasarkan gaya rumah tradisional Jepang. Dulunya, minka adalah tipe rumah yang biasa dihuni oleh para petani, seniman & pedagang (diluar kasta samurai). Tapi saat ini sebutan minka menjadi lebih umum ditujukan bagi semua jenis rumah tradisional Jepang yang dianggap tempo doloe.

Vernakular itu apa ya??

Orang bingung

Lihat wikipedia mengenai vernakular

01

Minka yang ada pada postingan kali ini adalah karya Toshihiro Okitsu & Tetsuhiro Uchida (THTH architects), berlokasi di Asakura, Jepang.

Merupakan tempat tinggal bagi sebuah keluarga yang terdiri dari sepasang suami istri dan anak-anak perempuan mereka. Kebetulan sang suami punya lahan yang ditanami sayur mayur dan kerap dijadikan bahan memasak oleh sang istri (jadi ini termasuk ke dalam sustainable system ya).

Rumah ini juga memiliki 3 ruangan ciri khas minka, yaitu:

  • Doma, yaitu sebuah ruang besar untuk mengerjakan kerajinan, hasil pertanian atau untuk pengolahan dan penyiapan bahan makanan
  • Engawa, beranda yang menghadap ke arah kebun/taman rumah
  • Kura, ruangan penyimpanan, saus miso dll.

Hunian seperti ini memang cocok bagi keluarga yang dekat dengan profesi pertanian, dan pada desain rumah ini sasarannya adalah memasukan semua elemen, kebuhan dan fungsi tersebut menjadi sebuah minka yang modern bagi keluarga kekinian tersebut yang tinggal di pinggiran kota.

02

Lokasi bangunan diletakan ditengah-tengah lahan. Tanaman diatur mengelilingi bangunan, dan berfokus mengarah ke tiga ruang tadi, Doma, Engawa & Kura.

Bila kita perhatikan isometri bangunan diatas, bagian tengah bangunan bersifat statis/kaku/diam sedangkan bagian keliling luarnya bersifat dinamis dan terbuka terhadap ruang luar.

Cantik sekali!

03

04

05

Bagian atap plafond ekspos ditengah ruangan adalah tempat nyaman dan tenang yang dikelilingi oleh atap, bersisian dengan ruang berlantai kayu dan tikar tatami sebagai tempat bersantai, dan bahkan beristirahat tidur santai di lantainya.

Ruang beralas kayu dan tikar tatami ini mempunyai permukaan lantai yang lebih tinggi terhadap Doma, membuatnya seolah menjadi ruang seperti beranda yang dapat digunakan untuk duduk-duduk.

Di sisi lain, Doma yang juga sekaligus termasuk dapur, bisa menjadi ruang antara yang menghubungkan lingkungan ruang luar dengan ruang dalam, bersama menjadi tempat aktifitas dan sirkulasi penghuni. Ruangan ini menjadi tempat interaksi kehidupan harian dan juga ruang yang dapat digunakan untuk menerima tamu.

06

Karena berada di wilayah  pedalaman, maka musim panasnya terasa terik sekali dan musim dingin suhunya sangat dingin. Oleh karenanya sasaran desain rumah ini mengarah kepada desain rumah yang memiliki ruang dalam yang stabil di segala cuaca tersebut dibarengi dengan efisiensi penggunaan energi.

Bangunan ini sudah dilindungin dengan insulasi panas dan kedap udara dengan insulasi eksternal yang melapisi semua bagian luar bangunan. Lantai pada Doma dan Kura di bagian tenah bangunan terbuat dari beton, sehingga dapat cukup menyimpan/menahan panas.

07

08

09

10

11

Demikian posting kali ini mengenai Minka, rumah rakyat yang di desain modern, menyesuaikan kebutuhan saat ini dengan tidak lupa tetap mengingat jati diri masa lalunya.

Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa arsitek rumah  minimalis di bandung

Summary
Minka, Rumah Jepang Ala Tradisional
Article Name
Minka, Rumah Jepang Ala Tradisional
Description
Sebuah rumah Jepang modern dengan sentuhan konsep vernakular. Desain harmoni dari dua kurun waktu yang berbeda
Author
Publisher Name
Internet
Publisher Logo

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *