9 Ide Ruangan Untuk Bekerja Dari Rumah

Tips ruangan agar nyaman digunakan untuk bekerja jarak jauh

Internet membuka peluang bekerja secara online bagi profesi pekerja lepas ataupun pekerja tetap dengan fleksibilitas yang tinggi.

Kian banyak orang yang mulai meninggalkan konsep bekerja kantoran, dengan ruang kerja bersekat dan jam kerja yang monoton dari pagi hingga sore. Sebaliknya, mereka lebih memilih bekerja sekaligus ngantor dirumah sendiri (seperti profesi arsitek saya).

Kelebihan bekerja dari rumah secara online

Bisa lebih fokus, tidak terganggu oleh keramaian yang kerap terjadi di ruang kerja bersama dan yang paling penting bisa lebih hemat waktu. Tidak pusing urusan macet pergi dan pulang kantor, makan siang dll dll.

Mereka yang bisa mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya dari rumah terbukti lebih merasa nyaman dan produktif. Juga tidak akan ada yang menegur/protes mengenai pakaian yang kita kenakan, walaupun itu baju tidur sekalipun.

Tapi agar bisa produktif kita juga butuh ruangan yang mendukung kegiatan tersebut.

Makanya mari kita coba lihat beberapa ide berikut ini

Tips ruangan bekerja dari rumah agar nyaman dan produktif

Cari ruang yang tepat

Coba pilih ruangan yang kira-kira paling cocok untuk dijadikan kantor di rumah anda, pertimbangkan apakah cukup dengan ruangan yang terkecil saja atau yang lebih besar, bebas. Lalu apakah nanti ruangannya bisa berubah fungsi kalau sedang tidak dipakai bekerja? dll.

Atau apakah ruangan tersebut butuh bebas dari gangguan polusi suara? ataukah tidak masalah?

Pesiapkan semuanya

Tempat kerja biasanya harus tersedia kertas, amplop, charger, ATK dll. Semakin kita bisa hindari mencari barang kelamaan maka akan semakin bagus.

Jangan lupa fasilitas internet, wifi & alat kerja lainnya.

Ruangan untuk bekerja online dari rumah

Pencahayaan alami

Manusia pada dasarnya punya kecendrungan ingin lebih bahagia (dan bisa lebih semangat – lebih produktif) bila mendapatkan pencahayaan alami. Usahakan ruangan kerja punya bukaan alami tersebut, dari meja kerja punya akses langsung untuk pandangan keluar, sehingga kala penat bisa penyegaran sebentar.

Pencahayaan buatan

Jangan lupa yang ini juga harus, walau kita punya bukaan jendela segede gajah tapi kalau langit diluar sedang gelap/mendung pasti gelap juga itu didalam ruangan. Lampu meja, lampu kerja dll bisa multi fungsi, sebagai sumber cahaya dan juga sebagai dekorasi ruangan.

Simpan barang sesuai kenyamanan anda

Enaknya bekerja dari rumah adalah kita bisa bebas menyimpan barang sesuai selera, tidak pusing/terkekang dengan model lemari penyimpanan besi yang ‘maksa’ teronggok di ruang kerja kita. Walau begitu, tetap harus rapih dan terorganisir, contohnya seperti saya yang berprofesi jasa desain arsitek untuk rumah tinggal, pasti lekat dengan berbagai macam kertas, besar, kecil, tipis, tebal, bekas, baru dll.

Lemari majalah bisa cocok buat yang senang menyimpan dokumennya dalam susunan vertikal.

Ruangan untuk bekerja secara online jarak jauh

Santai jangan memaksakan

Buat yang bekerja depan komputer biasanya suka kena masalah pegal leher dan mata, coba atur agar letak monitor ada pada ketinggian mata kita. Agak memandang kebawah sedikit agar kelopak mata kita menjadi agak tertutup sedikit dan membantu menahan silau dan lelah mata.

Kopi, teh, roti, gorengan juga bisa membantu mengalihkan mata kita sejenak dari layar monitor, lumayan bantu-bantu istirahat mata sebentar.

Tanaman hijau

Sudah bukan rahasia lagi kalau ada 1 – 2 tanaman bisa memberikan perbedaan besar bagi ruangan di rumah. Coba pelihara tanaman yang mudah perawatan yang bisa menyegarkan suasanan ruangan kita.

Kalau anda tipe yang suka tanaman, mungkin sekali ada tanaman di daerah ruang makan, coba jarah sedikit dari sana, taruh di vas atau apapun lah yang kira-kira fungsional dan indah.

Ruangan untuk bekerja online jarak jauh dari rumah sendiri

Buat jadi nyaman

Kalau ruangan kerja cukup luas, coba tambahkan kursi santai buat rehat, atau buat jawab/melakukan telepon dengan rileks.

Jangan lupa kalau sering terima tamu tambahkan area tamu tersebut, sesuaikan dengan keperluannya, apakah mau formal atau non formal.

Sesuaikan dengan karakter diri anda

Bekerja online dari rumah bukan berarti ruang kantor kita miskin sentuhan pribadi juga, bisa coba kasih foto keluarga, kalimat bijak, dekorasi artwork atau prepentilan ringan lainnya (apapun lah) bisa turut membangun dan menampilkan karakter anda.

Kira-kira seperti itu.

Demikian posting kali ini mengenai contoh desain atap hijau untuk alternatif bahan penutup rumah anda.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain arsitek rumah  minimalis di bandung

Summary
9 Ide Ruangan Untuk Bekerja Dari Rumah
Article Name
9 Ide Ruangan Untuk Bekerja Dari Rumah
Description
Tips ruangan agar nyaman digunakan untuk bekerja jarak jauh dari rumah . Internet membuka peluang bekerja secara online bagi profesi pekerja lepas ataupun pekerja tetap dengan fleksibilitas yang tinggi.
Author
Publisher Name
Internet
Publisher Logo

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *