Ciri Produk Arsitektur Ramah Lingkungan

produk ramah lingkungan untuk jasa desain rumah tinggal

berbagai produsen mengatakan bahwa produk mereka ‘hijau’, apakah benar begitu? bagaimana mengenali produk yang cocok diterapkan pada desain arsitektur rumah anda?

berikut ini beberapa petunjuk yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian terhadap produk tersebut.

Ciri material bangunan ramaj lingkungan

ciri umum produk bahan bangunan yang dianggap ramah lingkungan  :

  • tidak mengandung bahan berbahaya
  • rendah radiasi
  • berbahan dasar bio dan berkelanjutan (sustainable)
  • memiliki informasi yang transparan
  • mengurangi penggunaan bahan
  • mengurangi dampak dari konstruksi atau pembongkaran bangunan
  • tahan lama atau butuh perawatan yang rendah
  • mampu mencegah terjadinya masalah kelembaban udara
  • kandungannya bisa dipertahankan
  • dapat mengurangi beban pemanasan dan pendinginan
  • memiliki kandungan daur ulang yang dapat diperbaharui
  • dapat diperbarukan dengan cepat

penggunaan produk yang efisien

cara terbaik untuk mengurangi dampak lingkungan dari suatu bahan sebenarnya sederhana, yaitu dengan mengurangi penggunaan bahan itu sendiri, yang mana bisa dilakukan mulai dari ketika awal mendesain. contoh desain arsitekturnya bisa berupa bangunan atau rumah kecil yang memang dirancang dengan bentuk ruangan-ruangan yang efisien, bangunan dengan bahan material daur ulang, desain cerdas yang bisa beradaptasi dengan kebutuhan dan lingkungan sekitar dll.

bisa juga dengan melakukan seleksi material, ada produk-produk yang bisa berfungsi normal dengan penggunaan material yang lebih sedikit dibandingkan dengan bahan standard yang biasa dipakai dan ada juga produk-produk yang memang khusus dirancang agar bisa bertahan lama sehingga tidak akan sering membutuhkan perawatan dan penggantian. produk-produk yang memang telah dirancang untuk dapat digunakan kembali, didaur ulang, atau yang bersifat kompos dapat memfasilitasi hal ini.

tahan lama atau rendah kebutuhan perawatan

produk-produk ini sangat menarik bagi kebutuhan jasa desain rumah yang ramah lingkungan karena mereka jarang sekali diganti atau kalaupun perlu perawatan maka hanya akan berdampak minim, sehingga keduanya bisa mengurangi biaya sama baiknya dengan pengurangan dampak lingkungan.

kriteria yang pasti benar/tidak bisa ditawar-tawar lagi untuk produk-produk seperti ini akan sulit ditetapkan, paling baik saat ini adalah memilih produk bahan bangunan rumah tinggal yang memang lebih tahan lama bila dibandingkan dengan alternatif-alternatif lainnya dipasaran.

mengurangi penggunaan material berlebihan

beberapa produk dapat membantu kita menggunakan produk bahan bangunan lainnya dengan lebih efisien. sebagai contoh, desain rekayasa balok tangga bisa mengurangi pemborosan potongan kayu yang terbuang percuma, pengolahan penyelesaian permukaan bisa membuat plat beton menjadi lantai yang menarik dll.

penyelamatan bahan

dengan jasa desain rumah yang menggunakan ulang berbagai produk dan material, kita akan bisa menghemat sumber dan energi. kegiatan ini bisa sangat menantang karena kita harus memastikan bahwa material yang dipakai ulang tersebut bisa memenuhi kualitas standard yang dibutuhkan, sehingga lumrah bila material ini sering terlihat dijadikan dekorasi.

dapat digunakan kembali atau di daur ulang

produk yang didesain untuk memiliki sifat-sifat tersebut akan bisa membantu para desainer (dalam hal ini bidang jasa arsitek) menggunakan material-material secara efisien, hemat dan murah.

penggunaan yang telah diperbaharui dari limbah sebelumnya biasanya akan menghasilkan lebih sedikit limbah baru, polusi dan energi dibandingkan penggunaan material yang pertama kali.

sumber daya yang bisa dipertanggung jawabkan

sebenarnya dunia industri di dunia terus berusaha melakukan penelitian pada sistem alur suplai bahan baku agar bisa mencapai praktek usaha yang ramah kepada lingkungan dan kehidupan sosial, suatu tren yang tentunya kita harapkan bisa berlanjut dan meningkat terus menerus.

pengambilan bahan baku mentah walau bagaimanapun juga tetap akan memberikan dampak pada lingkungan, ekologi, tata guna lahan, pemakaian energi dan area-area lainnya. hal ini bisa diminimalkan dengan cara kerja sama baik dari sisi arsitek maupun pemberi tugas dengan mencoba mencari bahan yang berasal dari produsen yang memang terbukti turut memperhatikan lingkungan.

bahah baku bio dan berkelanjutan

menumbuhkan dan menuai material bangunan pastinya akan menjadi jalan yang baik sehingga dapat melalui proses hidup material yang seolah bagaikan kehidupan, bersifat melingkar dan berulang, dibandingkan dengan sistem garis lurus yang bermula dari pengambilan bahan baku dan berakhir di pembuangan. bila hal ini dapat dikerjakan maka akan menjanjikan terlaksananya material yang berkelanjutan dan mampu meregenerasi lingkungan hidup alih-alih daripada malah menimbulkan kerusakan bagi mereka.

tidak mengandung bahan beracun

  • asbes
  • kadmium diklorinasi polyethylene dan chlorosulfonated polietilen
  • chlorofluorocarbon (cfc)
  • chloroprene (neoprene)
  • formaldehida
  • halogenasi flame retardants hidroklorofluorokarbon (hcfc)
  • merkuri
  • petrochemical pupuk dan pestisida
  • phthalates polyvinyl chloride (pvc)
  • perawatan kayu yang mengandung creosote, arsenik atau pentaklorofenol

produk kayu yang telah tersertifikasi

para arsitek penyedia jasa desain rumah bisa lebih merasa nyaman bila menggunakan produk-produk kayu yang telah di sertifikasi oleh pihak ketiga yang mengacu kepada standard yang ada pada pemerintah negara mereka masing-masing, sehingga dapat memastikan bahwa produk kayu yang digunakan memang didapatkan dari hutan-hutan yang memiliki pengawasan yang ketat.

penggunaan limbah agrikultur atau pertanian

material seperti jerami hasil dari panen sereal gandum bisa menjadi alternatif yang baik untuk bahan konvensional. material seperti itu bisa saja menjadi terbuang sia-sia, atau hanya sebatas digunakan pada tanaman pertanian saja.

konservasi energi dan air

dampak lingkungan yang berlanjut dari hasil penggunaan energi dan air pada operasional bangunan sering jauh lebih besar daripada dampak yang terjadi pada bangunan itu sendiri. penting untuk diketahui bahwa ketika sebuah bangunan menjadi makin efisien, energi yang diwujudkan, karbon dan air dari produk-produk yang membentuk bangunan menjadi semakin meningkat secara signifikan. mengolah energi yang digunakan untuk operasional tetap menjadi prioritas utama, tapi dimana desain arsitektur mulai memikirkan cara untuk menghilangkan dampak negatif maka penting juga untuk memikirkan dampak baru lainnya yang mungkni terwujud secara bersamaan.

produk yang dapat melakukan penghematan air patut mendapat perhatian lebih, yang dapat menghemat air minum, penampungan dan penggunaan air tadah hujan atau daur ulang air bekas pakai, kesemuanya akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan lingkungan hidup.

peralatan dan produk yang dapat menggunakan energi yang dapat diperbaharui daripada yang menggunakan bahan bakar fosil dan listrik konvensional sangat memberikan keuntungan yang tinggi. contohnya, sistem panas matahari, sistem listrik tenaga surya (photovoltaic) dan turbin kincir angin.

pengurangan beban pemanasan dan pendinginan

sangat penting bagi kita untuk dapat melakukan hal-hal yang dapat mengurangi kelebihan beban pemanasan dan pendinginan. insulasi bisa menjadi salah satu produk kunci disini, tetapi dengan banyaknya produk insulasi di pasaran kita bisa mencoba memilahnya dari segi keuntungan tambahan yang dapat digunakan. contohnya misal sebuah insulasi serat kaca yang tidak mengandung formaldehida.

operasional berdampak rendah

mengurangi limbah polusi dan dampak lainnya dari operasional bangunan dan perawatan juga menjadi fokus pilihan yang kian meningkat di bidang industri bahan bangunan yang berwawasan ramah lingkungan. dunia arsitektur biasanya selalu menganggap produk-produk semacam ini masuk kedalam golongan produk ramah lingkungan.

sistem pembuangan air limbah alternatif yang dirancang dengan baik dapat mengurangi polusi air tanah dengan membusukan sampah organik. produk pengering tangan bisa mengurangi air buangan dan limbah kertas tisu, desain karpet yang menggunakan modul dapat mengurangi buangan ketika terjadi penggantian pada bagian yang sudah usang, dll.

pengurangan dampak konstruksi

termasuk disini adalah berbagai macam produk yang dapat mengontrol erosi, produk struktur pondasi yang dapat menghilangkan kebutuhan penggalian, buangan dan urugan. penggunaan lampu berpendar (fluorescent) rendah merkuri dapat pula membantu pengurangan dampak negatif disaat perawatan bangunan dan penggantian lampu.

peningkatan kualitas pencahayaan :

disamping jasa desain rumah yang menghemat energi, pencahayaan natural di siang hari sangat bermanfaat bagi kesehatan dan produktifitas penghuninya. desain arsitektur yang menjadikan bangunannya kaya akan pencahayaan alami bisa dianggap pula sebagai sebuah produk yang hijau, termasuk misalnya skylight, sistem otomasi bangunan pintar dengan sistem fiber optic untuk pencahayaan siang hari dll, kesemuanya bisa menjadi produk yang dianggap ramah lingkungan.

peningkatan kualitas akustik

suara di latar belakang, baik bersumber dari dalam maupun luar ruangan bisa membuat tidak nyaman dan desain akustik yang buruk bisa menambah masalah dari yang hanya sekedar suara latar belakang bisa memburuk menjadi masalah gema suara. produk yang dapat menyerap suara akan mampu mencegah pantulan dan menghilangkan gema tersebut sehingga bisa dianggap sebagai produk bahan bangunan ramah lingkungan.

peningkatan kualitas udara

produk-produk yang dapat mencegah masalah pengembunan dan kelembaban seperti produk ventilasi, penyaring udara dan peralatan lain yang membantu menghilangkan polusi atau yang dapat memberikan udara yang segar bisa juga digolongkan kedalam produk yang ramah lingkungan.

produk pemantau kualitas lingkungan dalam ruangan

produk jenis ini bisa dianggap ramah lingkungan karena bisa membantu penghuni rumah memantau lingkungan hidup didalam bangunan rumahnya. contohnya adalah detektor karbon monoksida (co).

informasi yang transparan

transparansi informasi oleh produsen tentu tidak membuat produk mereka menjadi ramah lingkungan, tetapi tetap akan membantu para arsitek mengetahui seberapa ramah lingkungan produk itu. dengan adanya transparansi maka akan membuat para produsen benar-benar berusaha membuat produk mereka mencapai kondisi tersebut.

pengurangan dampak produksi

sebuah produk mungkin saja memang sudah di desain agar bisa sesedikit mungkin menggunakan pasokan dari golongan bahan baku berbahaya, atau bahan mentah yang mengandung sedikit karbon, atau bisa juga dalam proses produksinya sudah bisa mengurangi limbah, emisi dll.

demikian beberapa kumpulan petunjuk yang diharapkan bisa membantu dalam menilai dan memilih produk bahan bangunan ‘hijau’ bagi desain rumah anda.

akhir tulisan

terima kasih telah berkunjung, arginuring arsitek, jasa arsitek rumah tinggal di bandung

Summary
Ciri produk arsitektur ramah lingkungan
Article Name
Ciri produk arsitektur ramah lingkungan
Description
Produk ramah lingkungan untuk jasa desain rumah tinggal. Berbagai produsen mengatakan bahwa produk mereka ‘hijau’, apakah benar begitu? bagaimana mengenali produk yang cocok diterapkan pada desain arsitektur rumah anda?

Author: Argi Nuring

Jasa arsitek di Bandung untuk desain rumah tinggal modern dan minimalis.