Jasa Desain Rumah Kost Dan Analisa Kelayakannya

Berencana usaha rumah kost? Persiapkan hal-hal berikut ini sebelumnya

Desain rumah kost yang optimal dengan melakukan analisa kelayakan agar tercapai bangunan yang nyaman, aman dan fungsional

Desain rumah kost

Desain rumah kost kerap kali terpaku kepada jumlah kamar hunian yang bisa disediakan, padahal ada berbagai sarana pendukung yang mesti pula dipersiapkan. Terlalu banyak kamar tapi kurang fasilitas tentu tidak menarik, sebaliknya fasilitas berlebihan akan menghamburkan investasi anda.

Bagaimana cara kita mempelajari atau mempersiapkan hal itu? Kita bisa mulai dengan mencoba melakukan analisa kelayakan. Analisa kelayakan usaha ada banyak sekali kriterianya, masing-masing unik dengan situasi dan kondisinya sendiri.

Kurang lebih kita bisa menilai dari beberapa poin berikut ini.

Contoh analisa kelayakan usaha rumah kost

  1. Lokasi
    Perhatikan keadaan lingkungan sekitar, hal apa saja yang bisa menjadi kelebihan dan kekurangannya disana? Apakah berupa tanah kosong atau sudah ada bangunan? Bila ada bangunan, apakah bangunan tersebut masih bisa dipakai atau tidak? Bagaimana kontur lahannya, datar? Miring? Berkontur?
  2. Segmen pasar
    Segmen penyewa seperti apa yang akan dilayani oleh bangunan ini? Desain arsitektur seperti apa yang mampu menyerap dan menerjemahkan kebutuhan pasar tersebut?
  3. Tingkat hunian
    Dari analisa lokasi dan segmen pasar maka kita bisa memperkirakan berapa banyak tingkat hunian kamar kost yang bisa diserap oleh para pencari kost.
  4. Fasilitas pendukung
    Dari jumlah kamar yang akan kita sediakan, maka kita bisa melakukan perhitungan fasilitas pendukung yang perlu disiapkan, jumlah, besaran maupun kapasitasnya.
  5. Tarif sewa
    Setelah kita mengetahui seperti apa bangunan kost yang ada maka dari sana kita bisa menentukan tarif sewa yang pantas untuk segala hal diatas. Jangka waktu skema pembayaran, lalu apakah biaya tersebut lumpsum (all in) ataukah diluar tambahan elektronik seperti TV, kulkas, setrika dll.
  6. Manajemen
    Rencanakan bagaimana operasional nantinya, seperti; penjaga, pengurus, kebersihan, perawatan, keamanan dll.
Jasa desain rumah kost dan analisa kelayakannya

Dari hasil analisa diatas maka kita akan bisa menyimpulkan tingkat kelayakan rumah kost ini.

Penciptaan desain

Bila semuanya dinyatakan memenuhi kelayakan maka langkah berikutnya adalah menciptakan desain rumah kostnya. Untuk ini anda bisa menggunakan jasa arsitek.

Hasil analisa tadi bisa digunakan oleh arsitek sebagai bahan data perancangan awal, lalu kemudian berproses dan dikembangkan hingga desain akhirnya.

Akhir kata

Nah kira-kira demikian postingan kali ini mengenai desain rumah kost dan analisa kelayakannya, semoga bisa memberikan pencerahan bagi anda yang ingin memulai usaha di bidang ini.

Postingan dan tautan lainnya

Disadur/diterjemahkan kembali dari berbagai sumber di internet. Semoga berguna, salam.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah kost di bandung