8 Contoh Desain Pintu Engsel Pivot

Pintu engsel pivot sebagai solusi bagi desain bukaan lebar

Karena menggunakan engsel poros/sumbu maka pintu pivot cocok dipakai pada bukaan dengan akses lalu lintas tinggi.

Pada awalnya pintu engsel pivot ini banyak digunakan pada desain arsitektur komersial dan industri, alasannya sama seperti yang telah dijabarkan pada sub heading diatas, mampu mendukung lalu lintas tinggi.

Namun seiring berjalannya waktu maka detil baru yang lebih indah dan fungsional serta teknologi profil yang bisa kian ramping membuat pintu pivot ini banyak diaplikasikan pada desain rumah tinggal.

Pintu engsel pivot diarahkan untuk jenis pintu bentang lebar karena kekuatannya dalam menahan beban berat dibandingkan pintu dengan engsel tradisional. Alhasil, dengan desain arsitektur masa kini yang kian banyak membutuhkan pintu bentang lebar maka pintu engsel pivot ini memiliki banyak potensi.

Tertarik menggunakan pintu pivot pada desain rumah anda? Mari kita coba lihat dulu beberapa contoh desain dibawah ini, siapa tahu bisa menjadi sumber ide yang berguna 🙂

01

02

03

GrÄndola Community Center, Aires Mateus, GrÄndola, Portugal

Pintu pivot kaca dengan bingkai besar memfasilitasi pintu masuk yang megah ke bangunan menakjubkan ini. Berfungsi sebagai portal yang mengesankan, engsel pivot yang digantung di tengahnya memungkinkan para pengunjung untuk beralih dari eksterior bangunan yang monolitik ke interior ruangan yang fungsional dengan cepat dan mulus.

04

05

06

A & M House, Marston Architects, Sydney, Australia

Dibuat oleh Marston Architects, A & M Houses menghilangkan sama sekali kebutuhan akses dengan pintu masuk engsel tradisional. Sebaliknya, setiap ruang dapat secara fleksibel membuka atau menutup sesuai dengan kebutuhan privasi visual dan akustik penghuninya. Dengan kedua pivot dan pintu geser bukaan besar, rumah ini mampu menciptakan koneksi yang ramaha antara ruang dalam dengan alam terbuka, sehingga secara visual mampu membantu memperluas ruang dan area lantai ruang dalam.

07

08

09

Oak Pass Main House, Walker Workshop, Los Angeles, Calif., Amerika Serikat

Oak Pass Main House menggunakan program “terbalik”: Ruang publik terletak di atas kamar tidur, sedangkan kamar tidur dikubur di tanah dan di bawah atap hijau tanaman. Dengan penggunaan desain pintu engsel pivot, maka bukaan dramatis yang luas dapat dicapai, penghuni dan tamu dapat melangkah ke area kolam renang sepanjang 21 meter dengan cepat dan nyaman.

10

11

Pavilion Siegen, Ian Shaw Architekten, Siegan, Germany

Di Paviliun Siegen, desain rumah ini tampil berani menggunakan balok beton pracetak 6 meter yang menantang gravitasi di luar tepi danau. Dibuat khusus oleh perusahaan rekayasa milik klien, pintu baja besar yang berukuran 10 kali 10 kaki dibuat dengan indah, desainnya memungkinkan setiap pintu yang beratnya 340 kilo, dapat dibuka dengan hanya menekan menggunakan satu jari saja.

12

13

Brunner Furniture Showroom, McDowell + Benedetti, London, Inggris

Showroom Brunner Furniture memperlihatkan bagaimana pintu pivot yang tampaknya tanpa bobot dapat membuat efek visual yang mencolok dan memfasilitasi pandangan yang tidak terganggu. Lebar pintu ini sekitar 3 meter dan menawarkan profil ramping yang indah. Pintu dibingkai dalam baja galvanis berlapis bubuk dan menggunakan kaca 10 mm dan 6 mm  tempered.

14

15

16

Squarespace, Informasi Arsitektur, New York, N.Y., Amerika Serikat

Tujuan pada desain bangunan ini adalah untuk membangun ruang di mana karyawan dapat dengan mudah berganti antara mode kerja individu dan kolaboratif. Desain tidak menggunakan warna; sebaliknya, kedalaman, tekstur dan kehangatan ditampilkan dengan menggunakan bahan dan cara terbaik.

17

18

Galeri Arsitektur Paul H. Cocker, Gow Hastings Architects, Toronto, Kanada

Terletak di Ryerson University Toronto, Galeri Arsitektur baru ini walau berupa tambahan kecil saja tapi dapat tampil dengan dramatis. Detil desainnya dibuat dengan cermat menerapkan estetika kontemporer dengan aliran geometri brutalist. Pintu pivot kaca yang besar, kontras dengan gerbang yang terbungkus warna merah. Seolah mengingatkan siswa bahwa arsitektur dapat tampil menonjol bila diselesaikan melalui kreativitas dan keahlian.

19

20

21

Ekstensi Townhouse, Sculp [IT] Arsitek, Antwerp, Belgia

Ketika membangun tambahan ruang modern di belakang rumah Antwerpen yang bersejarah ini, Sculp [IT] Arsitek memilih sepasang “jendela” berputar besar yang membuat rumah terbuka lebar untuk taman halaman belakang pribadi. Dengan ukuran sekitar 3 meter lebar dan tinggi  5.6 meter, desain ini khusus dibangun dari bingkai hitam & logam dengan kaca yang terisolasi.

Demikian posting kali ini mengenai contoh desain atap hijau untuk alternatif bahan penutup rumah anda.

Terima kasih telah berkunjung – Arginuring Arsitek, jasa desain rumah modern dan  minimalis di bandung